Home POLRES Mimika Polres Mimika, Berhasil Menangkap Para Pelaku Begal Yang Meresahkan Masyarakat

Polres Mimika, Berhasil Menangkap Para Pelaku Begal Yang Meresahkan Masyarakat

Polda Papua, Polres Mimika – Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK didampingi Ketua DPRD Sementara Iwan Anwar, S.H, Kabag Ops AKP Andyka Aer, SIK  Press Release dihalaman Kantor Pelayanan Polres Mimika Jalan Cenderawasih Timika, Selasa (28/01/2020) Sore.

Kapolres menjelaskan di hadapan Anggota DPRD Kab. Mimika dan juga didepan Pers bahwa kurang lebih dua hari, Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Mimika mampu menangkap para pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) atau biasa disebut begal, yang meresahkan masyarakat.

“Puji tuhan dengan usaha dan kerja keras para anggota Polres Mimika, kami berhasil menangkap dan mengamankan pelaku begal yang belakangan ini meresahkan masyarakat,” kata Kapolres Mimika.

Kapolres menambahkan bahwa  selama dua hari ini, anggota berupaya keras untuk mencari pelaku begal yang sudah melakukan aksinya dibeberapa tempat, baik di depan perumahan Pemda Mimika (SP2), di depan rumah makan padang saiyo Jalan Yos Sudarso, dan Uno Mart di Jalan Budi Utomo, keberhasilan menangkap pelaku begal ini juga berkat dukungan, serta doa dari seluruh masyarakat Mimika,” tambah Kapolres.

Kapolres menjelaskan, kasus begal yang terjadi akhir-akhir ini pihaknya menerima tiga laporan, baik yang dilaporkan di Polres Mimika maupun Polsek Mimika Baru. Laporan untuk di Polres Mimika, yakni yang pertama kejadian tindak pidana curas di depan Perum Pemda SP2. Dan kita sudah mengamankan pelaku utama. Sementara untuk empat orang masih dalam pengejaran.

“Selanjutnya kejadian di Uno Mart, Jalan Budi Utomo, kita sudah mendapatkan satu pelaku. Dan dua lagi masih dalam proses pengejaran.  Untuk pelaku yang kami amankan di Uno Mart ini, sebelumnya sudah pernah melakukan tindak pidana di TKP sebelumnya, Sementara untuk laporan di Polsek Mimika Baru, yakni terjadi di depan rumah makan padang saiyo. Dengan korban pegawai pada Dinas Koperasi Kabupaten Mimika,” jelasnya.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK mengatakan dari dua TKP, yakni SP 2 dan rumah makan padang saiyo hasil kejahatannya ditampung oleh satu orang, kemudian dijual kepada pembeli atau penadah. Dan ini membuktikan, kalau ini merupakan satu kelompok yang terorganisir,” tuturnya. Kapolres menambahkan, dari kejadian ini pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tidak panik. Dan tetap melakukan aktifitas seperti biasa. Namun tetap memperhatikan situasi dan kondisi yang ada, khususnya pada saat jam-jam kecil dan daerah-daerah rawan. Serta bisa mengamankan barang bawaan dan diri sendiri.

“Kami akan mengkonsep langkah-langkah selanjutnya, yang tentunya bekerjasama dengan pihak-pihak terkait. Dan kami tidak berhenti sampai disini saja. Terhadap kasus begal ini, para pelaku disangkakan dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Sementara untuk penadah disangkakan pasal 480 KUHP. Dengan ancaman hukuman pidana penjara minimal empat tahun dan maksimal 10 tahun, ” tutup Kapolres Mimika.

Penulis: Hempy

Editor: Marthen

Publis: Arya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments