Home FEATURED Dialog Interaktif Polisi Menyapa, Kapolresta Jayapura Kota dan Penggiat Lingkungan Bahas Rawat...

Dialog Interaktif Polisi Menyapa, Kapolresta Jayapura Kota dan Penggiat Lingkungan Bahas Rawat Hutan Papua

Jayapura – Bertempat Studio Pro 1 RRI Jayapura, telah dilaksanakan Dialog Interaktif Polisi Menyapa dengan tema “Rawat Hutan Papua”, Kamis (30/01/2020) pukul 08.00 Wit.

Selaku narasumber, Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav Robby Urbinas, S.H., S.I.K dan mewakili Rumah Bakau Jayapura (Penggiat Lingkungan) Saudara Abdel Gamel Naser dengan pemandu siaran saudari Lidya Salmah.

Dalam kegiatan tersebut Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, S.H., S.I.K., menyampaikan bahwa, dalam merawat hutan Papua menjadi tanggung jawab semua warga negara dan masyarakat termasuk kepolisian, disamping memiliki tugas pokok dan fungsi terkait dengan memberikan rasa aman kemudian juga melindungi dan melayani masyarakat serta menegakkan hukum kita perlu melakukan langkah-langkah yang terutama adalah langkah terhadap lingkungan hidup termasuk hutan Papua. Sehingga dengan demikian, selain melakukan langkah pencegahan penegakan hukum, mungkin bisa mengajak masyarakat untuk lebih lebih peduli lagi terhadap alam sekitarnya.

“Dimana tanggal 10 yang lalu secara serentak di seluruh Indonesia kemudian semua jajaran melakukan kegiatan penanaman pohon dalam rangka penghijauan termasuk kegiatan kami dengan komunitas  rumah bakau dan sudah dilakukan langkah demikian untuk memberikan dampak supaya kita ikut bersama-sama termasuk masyarakat untuk peduli dengan perubahan perubahan iklim maupun Cuaca serta perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan yang nantinya agar tidak menjadi dampak yang merugikan pada masyarakat sendiri,” tutur Kapolres.

Saudara Abdel Gamel Naser dalam kesempatannya juga menyampaikan bahwa berbicara tentang hutan Papua yang sangat luas sekitar 25.000.000 hektar kalau dikawal hanya oleh Dinas Kehutanan memang sangat berat. Dirinya pun mengapresiasi kepada Polda Papua dan jajaran Polresta Jayapura Kota yang kemarin turut andil menanam sejuta pohon.

“Sebab ketika kita berbicara bencana contoh di Jayapura, banjir di Kalimantan dan lain sebagainya itu tidak hanya menyentuh saru atau dua pihak tapi kita pasif, jadi kita tidak bisa bilang ini Dinas saja bisa karena ketika bencana kita semua merasakan. Saya kira memang perlu menemukan paradigma baru yang dulu bukan lagi One Men One Tree, sekarang kalau bisa One Men Three dan kalau bisa lagi bibit yang ditanam kita rawat. Menanam pasti banyak yang bisa, tapi menjaga merawat ini yang sulit. Ada sejumlah titik sampai di Muara Tami dan saya sendiri ikut menanam di teluk youtefa,” tutur Abdel.

Dirinya juga menambahkan terkait kekompakan yang sangat terasa, ketika teman-teman di komunitas mampu menghandle dilapangan, bagaimana aparat memberikan suplai tenaga yang cukup luar biasa banyak sekali yang terlibat bagaimana ketika komunitas lalu aparat sudah duduk bersama menyatukan komitmen sekira pemilik tanah memberi respon.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav Robby Urbinas, S.H., S.I.K dan mewakili Rumah Bakau Jayapura (Penggiat Lingkungan) Saudara Abdel Gamel Naser mengatakan perlunya pemerintah untuk melibatkan masyarakat setempat mulai dari masyarakat sekitar untuk penertiban dan teriakan hukum mendukung pemerintah penertiban dan penegakan hukum mendukung pemerintah termasuk dengan unsur pendukung seperti Kepolisian dan pencinta alam.

(Humy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments