Home FEATURED Guna Mengecek Kesiapan Mako Bidlapfor Polda Papua, Wakapolda Papua Hadiri Pertemuan Bersama...

Guna Mengecek Kesiapan Mako Bidlapfor Polda Papua, Wakapolda Papua Hadiri Pertemuan Bersama Tim Puslabfor Bareskrim Polri

Jayapura – Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs Yakobus Marjuki melaksanakan pertemuan bersama Tim Mabes Puslabfor Bareskrim Polri dalam rangka pengecekan kesiapan Mako Bidlabfor Polda Papua, bertempat di Mako Bidlabfor Polda Papua, Kamis (30/01/2020) pukul 10.00 wit.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapuslabfor Bareskrim Polri Brigjen Drs Pol Ahmad Haydar beserta Tim, Karolemtala Mabes Polri Brigjen Pol Drs Yasdan Rivai, M.hum beserta Tim, dan Pejabat Utama Polda Papua.

Kegiatan di awali dengan peninjau studi kelayakan Bidlabfor Polda Papua oleh Tim Mabes Polri yang di damping Wakapolda Papua beserta Pejabat Utama Polda Papua. Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Kabid Puslabfor AKBP Drs Maruli Simanjuntak M.H yang berharap bahwa uji kelayakan Bidlabfor Polda Papua ini nantinya dapat mempunyai wujud dan ujung atau mendapat suatu kesimpulan.

“Kami sudah hampir 3 Bulan berada di Polda Papua ini, kita ini di rekrut dari berbagai Bidlabfor Polda yang ada di Indonesia. Kami sudah di sprintkan untuk persiapan operasional Bidlabfor Polda Papua,” tutur Kabid Puslabfor.

Dalam kesemptanya, Wakapolda Papua menyampaikan bahwa pada siang hari ini perlu di ketahui keseluruhan labfor itu bagian penguatan penyidikan.

“Kita harus perkuat penyidikan, selain Labfor ini berkaitan dengan polsek. Penguatan personel kita baru 45 %, kemarin baru peresmian 5 Polres baru dan kami minta 1000 personil ke Kapolri termasuk lulusan SPN, ini penguatan ke dalam, namun untuk Polsek baru 30 %. Saya berharap penguatan dalam penyidikan ini tidak terlepas dari kelemahan kita, pemahaman internal dan external agar semua mendorong untuk penegakan hukum di Papua ini,” ucap Wakapolda.

Wakapolda juga menambahkan bahwa seluruh Pejabat Utama Polda Papua siap membantu dalam rangka penguatan Labfor tersebut, sehingga kedepan Polri lebih solid menghadapi kendala-kendala permasalahan di Papua.

Kapuslabfor Mabes Polri menambahkan bahwa pihaknya bersama Kelembagaan dan Tata Laksana (Lemtala) anggaran Ke 12 juta dolar di bagi yaitu Polda Papua dan Polda Riau.

“Kemarin kita sudah tengok Riau sekarang kita tengok Papua, apabila memenuhi syarat untuk di oprasionalkan, kami akan buat surat dan turun skep dari Kapolri berarti siap dioperasionalkan,” tutur Kaposlabfor.

(Humy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments