Home POLDA Dit Intelkam Kapolda Papua Pimpin Sertijab Direktur Intelkam Polda Papua

Kapolda Papua Pimpin Sertijab Direktur Intelkam Polda Papua

Jayapura – Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Direktur Intelkam Polda Papua, bertempat di Aula Rastra Samara Polda Papua, Selasa (18/02/2020) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Papua Brigjel Pol Yakobus Marjuki, Pejabat Utama Polda Papua, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua beserta pengurus, para Pamen, Pama dan ASN Polda Papua.

Kapolda Papua dalam sambutanya mengatakan bahwa serah terima jabatan di lingkungan Polri merupakan hal yang biasa dengan tujuan untuk menjamin dinamika manajemen organisasi, sekaligus dalam rangka promosi bagi Pejabat yang bersangkutan guna meniti karir di lingkungan Polri, hingga dengan demikian, diharapkan diperoleh kemantapan, pengalaman jabatan yang beragam, dan selanjutnya mampu menyongsong tantangan tugas di masa mendatang yang mana trend perkembangan situasi Kamtibmas semakin meningkat.

“Saya atas nama pimpinan Polda Papua beserta seluruh Staf dan Bhayangkari mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggl-tingginya kepada pejabat lama Kombes Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin, S.H., M.SI. yang selanjutnya melaksanakan tugas promosi jabatan sebagai Irwasda Polda Papua, semoga diberikan kelancaran dan kemudahan dalam meniti karier kedepan serta mengemban amanah yang telah diberikan oleh pimpinan, terima kasih atas pengabdian, dedikasi dan loyalitas dalam melaksanakan tugas sebagai direktur intelkam yang telah sukses mendukung pengamanan Pilpres dan Pemilukada serentak tahun 2019 serta hiruk pikuk penanganan unjuk rasa anarkis kemarin,” tutur Kapolda Papua.

Kapolda Papua juga mengucapkan selamat kepada pejabat baru, Kombes Pol Alfred Papare, S.IK atas kepercayaan pimpinan Polri dalam menduduki jabatan baru sebagai Direktur Intelkam Polda Papua.

“Selamat Kepada Kombes Pol Alfred Papare, S.IK atas amanat baru yang di berikan, dimana tugas fungsi intelijen bukan hal yang baru lagi bagi saudara ditambah dengan bekal pendidikan yang baru diperoleh sehingga sebagai pimpinan tertinggi fungsi intelijen di polda haruslah update dan tidak out of date terhadap semua aspek-aspek kehidupan masyarakat, bangsa dan negara, oleh karena itu saya mengharapkan agar saudara segera bergerak cepat melakukan anev di lingkungan fungsi Intelijen yang saudara pimpin. Selanjutnya, buat action plan untuk menghadapi berbagai agenda Nasional di Papua dan kalender Kamtibmas yang akan kita hadapi dalam waktu dekat ini,” ucap Kapolda Papua.

Kapolda menambahkan, bahwa tahapan Pemilukada serentak sudah dimulai, dimana diberbagai media cetak, elektronik dan online beberapa bakal calon bupati dan wakil bupati di 11 wilayah Kabupaten di Provinsi Papua telah mendeklarasikan diri untuk maju dalam pemilukada, oleh karena itu fungsi lntelljen harus segera bergerak sebagai ujung tombak dan menjadi mata dan telinga pimpinan serta diharapkan untuk bisa menyerap informasi sekecil apapun yang ada di masyarakat berkaitan dengan Kamtibmas demi terciptanya keamanan yang kondusif.

“Terhadap berbagai potensi ancaman gangguan penyelenggaraan Pemilukada serentak dan PON XX tahun 2020, diharapkan fungsi mapping kerawanan di dearah agar dipertajam, sebagai dasar penentuan pola pengamanan yang tepat mengingat secara historis dalam pelaksanaan Pemilukada-pemilukada sebelumnya, sering muncul berbagai potensi kerawanan. Semisal, adanya black campaign yang mengangkat isu SARA dan aksi kekerasan dalam upaya mencari dukungan/simpatisan massa, adanya permasalahan validitas data jumlah pemilih, adanya rencana aksi pengerahan massa oleh pasangan calon yang tidak lulus verlfikasi KPUD, terhambatnya masalah anggaran penyelenggaraan pemilukada, adanya permasalahan dalam pengiriman logistik karena kondisi geografis, ancaman unjuk rasa di kantor penyelenggara Pemilukada dan kantor pemerintahan setempat, adanya ancaman/teror dan intimidasi terhadap penyelenggara dan peserta/Paslon yang maju di Pemilukada. Demikian juga hal nya dengan terjadinya berbagai bentuk kecurangan dalam Pemilukada, baik yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilukada maupun pihak terkait lainnya,” ucap Kapolda Papua.

Kapolda Papua pun menyampaikan beberapa pesan untuk dipedomani dan dilaksanakan guna menghadapi 2 agenda besar yang ada di depan mata yakni, seluruh pejabat dan para kapolres, agar mempersiapkan pengamanan Pemilukada dan PON XX dengan baik. Lakukan cek-ricek dan final cek terhadap kekuatan personil, logistik, anggaran, cara bertindak serta ancaman yang akan dihadapi. Jangan lengah meskipun sampai dengan saat ini kita selalu berhasil mengawal demokrasi.

Lebih lanjut, seluruh Personel Polda Papua diharapkan untuk mempersiapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Kemudian, lakukan koordinasi dengan seluruh stake holder, tingkatkan hubungan dan komunikasi dengan rekan TNI, instansi terkait dan para pihak serta tokoh masyarakat /adat/agama/ pemuda/perempuan serta media, guna mewujudkan sinergi Polisional yang proaktif dalam problem Solving di setiap permasalahan, serta mengantisipasi Hatespeech yang dapat memprovokasi baik di Media Sosial maupun Konvensional.

(Humy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments