Home Humanis Urdokkes Polresta Bersama Polda Papua Periksa Kesehatan Tahanan

Urdokkes Polresta Bersama Polda Papua Periksa Kesehatan Tahanan

Jayapura Kota – Sebagai langkah antisipasi dan guna mengetahui kondisi para tahanan Polresta Jayapura Kota, Urdokkes Polresta bersama Biddokkes melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap para tahanan yang ada diruangan tahanan Mapolresta Jayapura Kota. Kamis (20/2).

Pemeriksaan kesehatan tahanan merupakan bentuk pelayanan berupa perawatan kesehatan bagi para tahanan dibawah pengawasan Kasat Tahun Polresta Jayapura Kota.

Ini merupakan salah satu tugas pokok Sat Tahun dalam mengembangkan tugas Kepolisian yaitu fungsi pelayanan kesehatan berupa perawatan kesehatan dan pembinaan jasmani dan rohani tahanan sesuai dengan Perkap Nomor 4 Tahun 2005 tentang pengurusan tahanan pada rutan Polri.

Pada saat dikonfirmasi, Kasat Tahti Polresta Jayapura Kota Iptu Eddy Purwadi mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan tersbut bertujuan untuk memastikan kondisi tahanan pada Polresta Jayapura Kota dalam keadaan sehat tanpa ada penyakit untuk menghindari ada komplain dari keluarga para tahanan.

Dalam hal kesehatan, menjadi prioritas utama agar kondisi dari para tahanan tetap terjaga dan selalu sehat karena imun tubuh akan berubah ketika kondisi tubuh dalam keadaan kurang sehat.

“Pemeriksaan kesehatan ini berguna juga untuk mengurangi dan mencegah terjadinya penyakit yang timbul pada tahanan, ” Pungkasnya.

Sementara itu Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK. M.Pd mengatakan, kegiatan pemeriksaan ini rutin dilaksanakan kepada para tahanan, dengan harapan jika tahanan yang mengalami sakit atau gangguan kesehatan lainnya dapat segera dilakukan tindakan medis terhadap tahanan tersebut.

“Selain penjagaan ketat oleh anggota, pemeriksaan kesehatan secara rutin dan secara tidak langsung ini turut berkontribusi pada upaya pencegahan tahanan kabur, ” Kapolresta.

Lebih lanjut, AKBP Gustav mengutarakan, selain memastikan kesehatan para tahanan, kegiatan ini sangat efektif untuk mencegah adanya tahanan kabur karena keberadaan para tahanan bisa diketahui jumlah pastinya, jika selalu di cek oleh anggota.

Penulis   : Andi

(Hms:Re)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments