Home POLRES Mimika Peduli Lingkungan, Satuan Polairud Polres Mimika Laksanakan Penanaman Pohon Mangrove di Pesisir...

Peduli Lingkungan, Satuan Polairud Polres Mimika Laksanakan Penanaman Pohon Mangrove di Pesisir Pomako

Mimika – Satuan Polairud Polres Mimika bersama TNI dan masyarakat serta Saka Bhayangkara melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove bertempat di Pesisir Pomako, yang di pimpin oleh Kasat Polairud Polres Mimika AKP Frits Joni Erari. SE,.M.M, Sabtu (22/02/2020).

Dalam kegiatan penanaman pohon tersebut mengambil tema “Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekomoni Masyarakat Pesisir”. Penanaman pohon mangrove di pesisir Pomako ini diharapkan banyak berguna bagi lingkungan sekitar dan terutamanya warga yang berada daerah pesisir tersebut.

Kasat Polairud Polres Mimika pada kesempatannya mengatakan, penanaman pohon mangrove di pesisir pantai ini dimaksudkan agar dapat melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi atau abrasi.

“Kehadiran populasi tanaman bakau dan populasi tanaman mangrove lainnya, sangat berperan penting dalam menjaga dan melindungi bibir pantai dari bahaya erosi atau abrasi,” Ujarnya.

Kasat menambahkah, selain untuk mencegah erosi atau abrasi hutan mangrove juga menjadi habitat yang nyaman bagi perkembangbiakan berbagai jenis burung dan satwa lainnya. Karena itu, keberadaannya sangat di butuhkan untuk kelestarian berbagai satwa-satwa pantai.

“Keberadaan hutan mangrove mempunyai peran menjadi habitat alami berbagai biota laut seperti udang, berbagai jenis ikan dan sejenisnya. Karenanya sangat keliru jika ada yang dengan sengaja menebang hutan mangrove untuk tujuan memperluas tambak mereka. Karena, tindakan tersebut dapat merusak kelestarian biota-biota laut,” tambahnya.

“Pada kesempatan yang baik ini kami Polri mengajak kepada masyarakat yang berada di pesisir pantai agar selalu menjaga dan melindungi hutan mangrove agar kedepan kita bisa merasakan maanfaatnya,” ucap kasat Polairud  AKP Frits Joni Erari. SE,.M.M.

Diakhir kegiatan Kasat Polairud Polres Mimika AKP Frits Joni Erari. SE,.M.M juga memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang berada di pesisir Pomako.

Penulis                 : Ridwan

Editor/Publish     : Uriiep

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments