HomeFEATUREDKapolda Papua Papua Pimpin Upacara Penutupan Pendidikan Angkatan 44 T.A. 2019/2020

Kapolda Papua Papua Pimpin Upacara Penutupan Pendidikan Angkatan 44 T.A. 2019/2020

Jayapura – Bertempat di Lapangan SPN Polda Papua telah dilaksanakan Upacara penutupan, pelantikan dan pengambilan sumpah Bintara Polri Angkatan 44 T.A. 2019/2020, Senin (2/3/2020) pukul 08.00 Wit.

Hadir dalam kegiatan Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs. Tornagogo Sihombing, Danlantamal X Jayapura, Para PJU Polda Papua, Para Kapolres, pengurus Bhayangkari, serta Orang tua/ keluarga Bintara Polri yang dilantik.

Untuk diketahui Jumlah Peserta didik di SPN Polda Papua Sebanyak 463 orang siswa terdiri dari 244 orang siswa dari Polda Papua, 218 orang Siswa dari Polda Papua Barat, 1 orang dari Polda Jawa Timur.

Dari 463 orang siswa tersebut dilantik sebanyak 462 orang siswa dikarenakan satu orang siswa dikeluarkan dari lembaga pendidikan SPN Polda Papua karena melakukan pelanggaran Disiplin. satu orang siswa tersebut asal pengiriman Polda Papua, dan kini telah dikembalikan kepada orang tua/wali selaku penangung jawab.

Sambutan Kapolri yang dibacakan oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw yang menyampaikan, senantiasa mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT. Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini mereka dapat mengikuti Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2019/2020, dengan suasana khidmat dan tertib.

Pada kesempatan yang penuh dengan kehormatan, kebanggaan, dan kebahagiaan ini, ia selaku Pimpinan Polri mengucapkan selamat kepada 8.867 Bintara remaja, terdiri atas 8.468 polisi Iaki-Iaki dan 399 polisi wanita. yang telah berhasil menyelesaikan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri dan berhak menyandang pangkat Brigadir Dua Polisi.

“Keberhasilan Saudara dalam mengikuti dan menyelesaikan pendidikan, merupakan anugerah Allah SWT yang harus senantiasa Saudara syukuri. Ingat pula bahwa keberhasilan Saudara menyelesaikan pendidikan ini, tidak terlepas dari doa dan dukungan keluarga, terutama orang tua. Tunjukan kepada mereka bahwa Saudara adalah personel Polri yang berprestasi, senantiasa menjaga kehormatan diri dan institusi, serta menjadi teladan dan kebanggaan bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Kapolda Papua.

Kapolda menambahkan apa yang telah Saudara capai pada hari ini bukanlah akhir dari perjuangan, melainkan awal pengabdian nyata sebagai insan Bhayangkara. Perjalanan Saudara masih panjang, sangat banyak tantangan tugas yang akan dihadapi.

“Oleh karena itu, sebagai Bintara remaja yang merupakan salah satu elemen terdepan dalam berbagai tugas kepolisian, harus mampu menunjukan kinerja secara optimal. Persiapkan diri dengan baik, tanamkan disiplin dan tekad yang kuat, serta implementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah Saudara peroleh di lembaga pendidikan demi keberhasilan pelaksanaan tugas,” tambah Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw.

Kapolda juga menghimbau sebagai bekal saudara dalam melaksanakan tugas pengabdian, ia akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu sebagai berikut, yang pertama Niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai Ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

kedua Laksanakan setiap tugas yang diemban dengan penuh semangat, tanggung jawab, dan keikhlasan, serta senantiasa mempedomanl nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya. ketiga Jangan pernah berhenti belajar dan menuntut ilmu untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan guna mendukung pelaksanaan tugas.

keempat Senantiasa menjaga kehormatan diri, keluarga, dan institusi. Hindari segala pelanggaran disiplin, Kode Etik Profesl Polri, maupun pidana. Dan yang terakhir Jalin persaudaraan dan komunikasi yang baik dengan rekan-rekan TNI dan instansi terkait, serta seluruh komponen lainnya karena Polri tidak dapat bekerja sendiri. Selamat bertugas dan berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kalemdiklat Polri beserta seluruh pejabat utama jajaran Lemdiklat Polri, Kasepolwan, para Kepala SPN, beserta tenaga pendidik, pelatih, pengasuh, dan seluruh staf, yang telah mencurahkan segenap pikiran, tenaga, dan waktu untuk memberikan dedikasi terbaik bagi keberhasilan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2019/2020,” ujar Kapolda Papua.

Kapolda mengatakan Kepada keluarga serta orang tua para Bintara remaja Polri, mengucapkan selamat atas keberhasilan putra-putri Bapak dan lbu dalam menyelesaikan pendidikan ini. Terus doakan dan berikan motivasi kepada anak-anak sehingga dapat menjadi kebanggaan keluarga, Institusi Polri, masyarakat, serta bangsa dan negara.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan pedindungan, petunjuk, dan kekuatan kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tutup Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw.

Untuk diketahui, dari 462 orang Bintara Remaja yang dilantik, 275 orang Bintara Remaja akan ditempatkan khusus dan sisanya akan dikembalikan ke Polda Papua barat. ke 275 orang Bintara Remaja tersebut terdiri dari, Polda Papua 228, Biddokes Polda Papua 2, Sie Ident Krimum Polda Papua 1, Densus 88 AT 2, Kor Brimob Polri 21, Dit Samapta Kor Sabhara Mabes 6, Ditpolair Korpolair Mabes 1, Ro Bin Opsnal Bareskrim Mabes 2, Polda Papua (SPN) 2, Polda Papua (Polres Biak Numfor untuk Perbatasan) 3, Polda Papua (Polres Boven Digoel Untuk Perbatasan) 1, Polda Papua (Polresta Jayapura kota untuk perbatasan) 2, Polda Papua (Polres Merauke Untuk Perbatasan) 3, Polda Papua (Polres Supiori untuk Perbatasan) 1.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments