Home POLDA Bid Humas Kabid Humas : Ratusan Warga Mengungsi Ke Timika Karena Aksi Teror Yang...

Kabid Humas : Ratusan Warga Mengungsi Ke Timika Karena Aksi Teror Yang Dilakukan Oleh KKB Di Tembagapura

Jayapura – Beredarnya pernyataan Komandan Operasi komando Nasional TPNPB OPM Legakkan Talenggeng yang mengatakan mematikan pasukan keamanan Indonesia sebanyak 17 orang tewas dibantah oleh Polda Papua, Sabtu (07 Maret 2020).

Selain itu, Lekagak Talenggeng juga mengatakan bahwa ada ratusan orang warga masyarakat Tembagapura mengungsi ke Timika akibat kontak tembak antara TNI-Polri dan pasukan TPNPB-OPM.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH menegaskan, bahwa sampai saat ini belum ada laporan dari anggota di lapangan bahwa ada anggota TNI-Polri yang gugur saat kontak tembak di Tembagapura dan pernyataan dari Legakek Talenggeng itu tidak benar atau Hoax.

Terakhir kejadian gugurnya anggota Brimob an. Bharatu Doni Priyanto saat kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kali Kabur, Arwanop, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua pada hari Jumat tanggal 28 Februari lalu.

Dan warga yang mengungsi dari Tembagapura ke Timika yang sampai hari ini sudah sekitar 900 orang tersebut karena warga merasa takut atas aksi teror yang dilakukan oleh kelompok tersebut. Kelompok tersebut melakukan pemerasan dan menodongkan senjata api kepada warga.

“Kehadiran aparat TNI-Polri di Tembagapura karena adanya aksi penembakan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata beberapa waktu lalu di area PT.Freeport Indonesia. Kami akan lakukan penegakkan hukum bagi siapa saja yang melakukan tindakan melawan hukum sesuai Undang-undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Kabid Humas Polda Papua.

Lanjut dikatakan, Kami sangat prihatin dengan apa yang dilalukan kelompok tersebut, dimana warga masyarakat yang ada di kampung tersebut ingin hidup yang aman dan nyaman tetapi mereka harus dihantui ketakutan dengan aksi yang tidak manusiawi yang dilakukan KKB.

“Warga ingin hidup layaknya seperti saudara-saudaranya yang hidup didaerah lainnya di Papua mulai dari orang dewasa hingga anak-anak,” tutup Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH.

(Hms:Re)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments