Home Humanis Kasat Binmas Polres Mimika Mediasi Masalah Tanah Hak Ulayat Antar Warga

Kasat Binmas Polres Mimika Mediasi Masalah Tanah Hak Ulayat Antar Warga

Mimika – Kapolres Mimika AKBP I Gde Era Adhinata, SIK melalui Kasat Binmas AKP FR. Waloni mediasi masalah tanah antara Kapawe Elias Yawa dan Stefanus Nimaipo, bertempat di Ruang Satuan Binmas Polres Mimika Jalan Cenderawasih Timika yang di hadiri puluhan masyarakat dari kedua belah pihak, Selasa (10/3/2020).

Mediasi diawali dengan penyampaian Kasat Binmas kepada pihak yang bermasalah yang mana masalah ini harus diselesaikan di kantor Polres, maksud dan tujuan adalah agar masalah ini bisa diselesaikan dengan baik, tanpa harus ada perkelahian yang nantinya ada jatuh korban jiwa.

“Disini kita bebas untuk menyampaikan pendapat bebas dan sopan tentang masalah yang ada. Disini juga tidak ada masyarakat yang bicara emosi bahkan lakukan tindak pidana penganiayaan karena sudah masuk di kantor Polisi. Semua masalah tidak ada yang bisa diselesaikan,” Kasat Binmas.

Stefanus Nimaipo menjelaskan bahwa sengketa lokasi tanah adat hutan sagu tersebut antara Kapawe Elias Yawa dan Stefanus Nimaipo dari Atuka sama-sama Suku Komoro. Stefanus Nimaipo merasa bahwa lokasi tanah hutan sagu yang berada didesa kadung jaya Distrik Wania yang sudah ditebang pohon-pohonnya oleh saudara Elias Yawa untuk digunakan sebagai lokasi pertanian dan perkebunan merupakan milik tanah hak ulayat dari warga Tipuka.

Sehingga saudara Elias Yawa sudah mengambil lokasi tanah hak ulayat Saudara Stefanus Nimaipo. Dari hasil penyelesaian tanah tersebut dari pihak Elias Yawa akan mengembalikan lokasi tanah yang dipuruntukan untuk pertanian dan perkebunan tersebut kepada saudaraStefanus Nimiapo sebagai pemiliknya.

” Penyelesaian masalah ini sudah selesai karena kedua belah pihak sama – sama menerima permasalahannya, sehingga diharapkan setelah keluar dari kantor Polres ini tidak ada yang saling menyahkan satu sama dengan yang lain,” Kasat Binmas AKP FR. Waloni.

Penulis : Hempy

(Hms:Re)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments