HomeHumanisTim Srena Mabes Polri Lakukan Studi Kelayakan Pembentukan Polres Dogiyai di Polres...

Tim Srena Mabes Polri Lakukan Studi Kelayakan Pembentukan Polres Dogiyai di Polres Nabire

Nabire, Tim Srena Mabes Polri lakukan Studi Kelayakan Pembentukan Polres Dogiyai di Polres Nabire, bertempat di Aula RBP Polres Nabire, Selasa (10/03/20) siang.

Adapun Tim Srena Mabes Polri, Brigjen Pol Drs. Yasdan Rivai, M.Hum, Kombes Pol Dra. A.A Sagung Dian Kartini dan Penata I Ahmad Bustomi, SE serta Tim Puslitbang Mabes Polri Kombes Pol Drs. M.Asrul aziz , MAP, AKBP Wadi, SH, MH, Pembina DR. Herlina JR Saragih, M.Si dan Penata I Absul Syakur, SE.

Dan rombongan dari Tim Rorena Polda Papua Kombes Pol Sugeng Haryanto, SH, Kabag Strajemen Polda Papua Kompol Nyoman.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Nabire AKBP Sonny M. Nugroho T, SIK, Danyon C Pelopor Polda Papua AKBP Arnolis Korowa, SH, MH, Waka Polres Nabire Kompol Steyven J. Manopo, SIK, LO Polda Papua Kabupaten Dogiyai Kompol Bambang Suranggono, S.Sos, PJU Polres Nabire dan personel Polres Nabire.

Kapolres Nabire AKBP Sonny dalam sambutannya, mengatakan bahwa selamat datang kepada Ketua Tim beserta rombongan di Polres Nabire yang mana Kita berkumpul di sini dengan agenda pemantapan studi kelayakan Polres Dogiyai.

“Kami sangat berbahagia karena moment ini sangat lama kami nantikan,” ucap Kapolres Nabire.

Kapolres Nabire menjelaskan, jarak tempuh Polres Dogiyai sangat jauh sehingga menghabat kami untuk dapat berkunjung tiap saat. Kabupaten Dogiyai terdapat 4 distrik yang menggunakan jalur udara, diantarnya Distrik Mapia Tengah, Mapia Barat, Sukikai Selatan dan Piyaiye.

Selanjutnya dilanjutkan dengan paparan Kapolres Nabire yang dibawakan oleh Waka Polres. Dalam paparannya, Waka Polres Nabire Kompol Steyven menyampaikan wilayah hukum Dogiyai merupakan wilayah hukum polres nabire dengan Kepemerintahan yang berbeda yaitu pemerintahan daerah Dogiyai.

“Polres Nabire mempunyai 7 Polsek dan 8 Polsubsektor sedangkan Kabupaten Dogiyai mempunyai 2 Polsek yaitu Polsek Kamu dan Polsek Mapia,” kata Waka Polres.

Terkait pembentukan Polres Dogiyai telah mendapatkan dukungan dari Pemda setempat dalam hal ini Bupati Dogiyai serta masyarakat Kabupaten Dogiyai yang di tuangkan dalam pernyataan sikap mendukung rencana pembentukan polres Dogiyai.

Dalam sambutan Ketua Tim Brigjen Pol Yasdan mengatakan kedatangan Kami beserta Tim untuk studi uji kelayakan pembentukan Polres Dogiyai yang telah lama di usulkan oleh Bapak Kapolda Papua sehingga atas ijin Pimpinan kami baru sempat datang ke wilayah hukum Polres Nabire untuk mengkaji uji kelayakan pembentukan Polres Dogiyai.

“Kami punya barometer sesuai Perpol nomor 4 dalam rencana pembentukan Polres maupun Polsek di seluruh Indonesia yang sekarang ini di bawah 34 Polda dengan berbagai tipe,” ujar Ketua Tim.

Ketua Tim menjelaskan sesuai data yang kami terima yaitu Polda papua memiliki 29 Polres dan 46 Polsubsektor belum terhitung Polres Dogiyai yang rencana akan di bentuk.

“Wilkum Polres nabire meliputi 2 kewilayahan pemerintah yaitu Pemda Nabire dan Pemda Dogiyai. Pedoman klasifikasi kewilayahan untuk membentuk suatu Polres yaitu dari Polres, Polsek dan Polsub yang di bagi juga dalam beberapa tipe dengan nilai kesatuan dan beberapa Kriteria yaitu salah satunya pemekaran wilayah yang telah di atur undang-undang dengan syarat sudah 11 tahun diusulkan dan ada pernyataan tertulis dari Pemda,” terang Ketua Tim Brigjen Pol Yasdan.

Direncanakan esok hari (11/03) Tim Srena Mabes Polri beserta rombongan akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Dogiyai dan melihat langsung Polsek Kamu, Mapia dan kantor sementara Polres Dogiyai serta tanah Polres Dogiyai.

Penulis : Efer Lamba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments