Home POLDA Bid Humas TNI-Polri Siap Mengamankan Pelaksanaan PON XX Tahun 2020 Di Provinsi Papua

TNI-Polri Siap Mengamankan Pelaksanaan PON XX Tahun 2020 Di Provinsi Papua

Jayapura – Bertempat di Pro I RRI Jayapura telah dilaksanakan Dialog Interaktif dengan tema “Keamanan Pada Pelaksanaan PON Tahun 2020 di Tanah Papua, Jumat (13/03/2020) pukul 08.00 wit.

Adapun Narasumber Kasdam XVII Cendrawasih Brigjen Pol. Drs. Irham Waroihan, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, dengan penyiar saudara Arul Firmansyah dan diakhiri dengan foto bersama.

Dalam penyampaiannya Kabid Humas mengatakan, kami Polri khususnya Polda Papua bekerjasama dengan TNI dalam hal ini Kodam XVII Cendrawasih akan melakukan pengamanan di 3 Kabupaten dan 1 Kota dalam pelaksanaan iven besar yaitu pergelaran PON ke XX yang akan di laksanakan di tanah Papua, diantaranya di Kota Jayapura, Kaupaten Merauke, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Jayapura.

Kita akan antisipasi di 4 wilayah tersebut dan kita telah melakukan mapping di lokasi terkait dengan penempatan anggota kita dalam pengamanan pelaksanaan PON yang nantinya akan di back up oleh rekan-rekan kita dari jajaran TNI, Satpol PP dan Mitra Polri untuk mendukung suksesnya pelaksanaan iven tersebut.

“Untuk jumlah personal Polri yang akan di tempat di 4 daerah tersebut baik itu Polda maupun Polres jajaran sebanyak 3.700 personel. Kalau kita melihat secara umum di 4 wilayah tersebut memiliki karakter yang berbeda dan pasti memiliki ancaman yang berbeda pula. Dari ancaman di masing-maing wilayah tersebut kami dari pihak kepolisian sudah mengantisipasi sehingga tidak ada gangguan-gangguan sekecil apapun yang dapat menghambat pelaksanaan PON,” ucap Kabid Humas.

Lanjut dikatakan, Kesuksesan pelaksanaan PON XX di Papua mempunyai tangungjawab kita bersama dan ini adalah kesempatan emas, dimana kita dapat menjual Papua kepada seluruh masyarakat bahwa Papua itu aman dan damai. Mari kita perlihatkan kepada masyarakat seluruh penonton dan atlet atlet yang akan bertanding di PON nanti bahwa Papua itu aman dan kita bisa mensukseskan pelaksanaan itu. Bukan pelaksanaan PON berjalan aman saja tapi bagaimana para atlit kita dapat berprestasi dalam mendulang medali emas bagi kontingen Papua.

Terkait dengan situasi di Tembagapura Timika khusus beberapa minggu terakht ini dengan situasi sedikit memanas, namun untuk situasi Kabupaten Mimika pada umumnya sampai saat ini aman dan kondusif. Kami tidak ingin warga masyarakat yang ada di Papua pada pelaksanaan PON memperlihatkan hal-hal negative yang membuat para atlit maupun orang yang datang ke Papua tidak nyaman tetapi mari kita perlihatkan kepada banyak orang bahwa mari kita ke Papua dan menikmati keindahan alamnya dengan banyak pariwisata yang dapat dinikmati. Kita mengajak kepada masyarakat mari kita turut bersama sama mensukseskan pelaksanaan PON tahun 2020 di tanah Papua.

Penyampaian dari Kasdam XVII Cendrawasih mengatakan, terimakasih para penyiar RRI di mana saja berada dan terimakasih atas undangannya. Terkait dengan pengamanan PON ini kita tidak terlepas dari komitmen dari PB PON Papua di harapkan membawa sukses, diantaranya sukses penyelenggaraannya, perekonomian lokalnya, dan sukses bagi prestasinya.

Kami dari Kodam XVII Cendrawasih dan Polda Papua khususnya yang bertanggung jawab pada pengamanannya, kami terus melakukan koordinasi baik itu dengan steakholder lainnya dalam hal menciptakan keamanan dalam rangka pelaksanaan PON di Papua.

Lagi, Untuk pengamanan ini bukan hanya tanggung jawab Kodam dan Polda saja, tetapi seluruh masyarakat Papua karena ini adalah agenda nasional dan itu ada di Papua. Untuk kesiapan kesiapan pengamanan kita intens melakukan rapat rapat steakholder lainnya.

“Kodam sendiri telah memploting personal sebanyak 4.250 personel dan akan melaksanakan pengamanan di 4 wilayah tersebut dan kami fokus memback up kepolisian. Terkait dengan situasi pada saat pelaksanaan PON nantinya kita akan lihat, apakah perlu di tambahkan atau sudah cukup dengan personel yang kita miliki saat ini, semua itu tergantung dari ancamannya,” kata Kasdam XVII Cenderawasih.

Terikat dengan Kabupaten Mimika yang akhir-akhir ini terjadi aksi penembakan kami dari Kodam XVII Cendrawasih memiliki strategis khusus untuk menangani masalah pengamanan di wilayah tersebut. Secara khusus kami akan melaksanakan pengamanan di acara pembukaan dan penutupan PON, dikarenakan pada saat pembukaan pasti di buka oleh Presiden RI atau Wakil Presiden RI dan juga pasti ada beberapa tamu negara tetangga setingkat Menteri ikut hadir juga. Pada saat kegiatan PON berlangsung kita akan sepenuhnya memback up kepolisian dalam pengamanannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments