Home POLDA Dit Reskrimum 17 Ekor Burung Dilindungi Dilepas-Liarkan di Kaki Gunung Cycloop

17 Ekor Burung Dilindungi Dilepas-Liarkan di Kaki Gunung Cycloop

Jayapura – Pelepasliaran 17 ekor burung oleh Balai BKSDA Papua dan Dit Reskrimsus Polda Papua di Kampung Dosay Distrik Sentani Barat Kab. Jayapura, Sabtu (14/03) pagi.
 
Pelepasliaran satwa hasil sitaan dan penyerahan dari masyarakat oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua bersama Direskrimum Polda Papua dalam rangka Hari Bhakti Ke – 37 di hutan kaki gunung cycloop Kampung Dosay Distrik Sentani Barat Kab. Jayapura.
 
Dihadiri Kapolda Papua yang diwakili Kasubdit III Tipikor Polda Papua AKBP Y. Agustian Daru, SH., S.I.K., MH, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Papua Edward Sembiring, S. Hut. M. Si, Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah X Jayapura, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si yang diwakili Bhabinkamtibmas Kampung Dosay Bripka Luter Yaboisembut, Kepala Kampung Dosay Yunus Yaboisembut, Kepala Suku Demianus Klembiab dan para tamu undangan.
 
Kasubdit III Tipikor Polda Papua pada AKBP Y. Agustian Daru, SH., S.IK., MH saat diwawancarai mengucapkan terima kasih kepada bapak kepala Balai Besar KSDA Papua yang sudah melangsungkan acara pada hari ini.
 
“Perlu kami sampaikan bahwa pada tanggal 10 maret 2020 kami dari Dit Reskrimsus Polda Papua telah mengamankan 12 ekor burung yang 2 ekor sudah dalam keadaan mati dan seorang  tersangka yang sudah kita proses, sehingga untuk barang buktinya kita serahkan kepada pihak Balai BKSDA untuk dirawat, saat ini kita dengar informasi dari kepala Balai BKSDA bahwa ada juga dari masyarakat yang menyerahkan, bersyukur sekali masih ada peran aktif atau kesadaran dari masyarakat yang peduli dengan menjaga satwa liar ini,” jelasnya.
 
Ditempat yang sama Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Edwars Sembiring, S. Hut., M.Si menjelaskan, pada hari ini akan dilaksanakan kegiatan pelepasan satwa kembali ke alamnya, dimana kegiatan ini adalah dalam rangka Hari Bhakti Ke – 37.
 
“Adanya kegiatan ini hasil dari kerja sama dengan semua pihak diantaranya dengan pihak TNI – Polri dan masyarakat, kita melepas satwa sebanyak 17 ekor burung diantaranya burung kakak tua jambul Kuning 6 Ekor, burung kasturi raja 1 ekor, burung nuri coklat 2 ekor, burung cendrawasih 1 ekor, kakak tua raja 1 ekor, nuri kepala hitam 2 ekor dan burung perkici pelangi 4 ekor, tidak lupa saya mengajak mari kita jaga alam ini, jaga satwa yang ada di alam ini karena dengan kita menjaga alam dan satwa ini sama saja kita menjaga ciptaan Tuhan, mari jaga secara bersama – sama karena ini bukan tugas Balai BKSDA saja tapi tugas kita semua,” jelasnya.
 
Penulis: Guntur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments