Home FEATURED Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Kapolda Beri Petunjuk dan Langkah-langkah Pencegahan Kepada Personel

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Kapolda Beri Petunjuk dan Langkah-langkah Pencegahan Kepada Personel

Jayapura – Sebagai Langkah pencegahan yang sekaligus sosialisasi terkait penyebaran Virus Corona di lingkungan Polri, bertempat di Lapangan Apel Mapolda Papua, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw memberikan arahan dan petunjuk kepada seluruh personel Polda Papua, Selasa (17/03).

Dihadiri Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki, Pejabat Utama Polda Papua, Personil Polda Papua terdiri dari Pama, Pamen, Bintara dan ASN Polda Papua, Kapolda menyampaikan bahwa saat ini pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Kepres No. 7 tahun 2020 tanggal 13 Maret 2020 tentang gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 yang bertujuan meningkatkan Ketahanan Nasional di bidang kesehatan, mempercepat penanganan Covid-19 melalui sinergi antar Kementerian/Lembaga dan Pemda, meningkatkan sinergi pengambilan kebijakan operasional dan meningkatkan kesiapan dan kemampuan dalam mencegah,  mendeteksi, dan merespon terhadap Covid-19.

“Adapun tindak lanjut protokol WHO yang perlu kita pedomani antara lain melakukan koordinasi di tingkat daerah, Menyampaikan informasi yang benar dan tepat terkait resiko penularan virus corona, Melaksanakan surveillance untuk melakukan pelacakan kasus, melaksanakan tindakan yang tepat di pintu masuk dan keluar Negara, membentuk Tim reaksi cepat, memperkuat sistem laboratorium, melaksanakan tindakan-tindakan pencegahan dan pengawasan terhadap infeksi baru, melaksanakan tatalaksana kasus dan keberlanjutan pelayanan penting pada korban dan menyediakan kebutuhan logistik, material dan fasilitas kesehatan,” tutur Kapolda.

Kapolda Papua pun menyampaikan langkah-langkah Polda Papua dan Jajaran dalam menyikapi penyebaran Covid-19 di Wilayah Hukum Polda Papua yakni, membuat petunjuk dan arahan kepada Polres Jajaran terkait sosialiasi dan antisipasi pencegahan Covid – 19 di lingkungan Polri, membentuk Tim Reaksi cepat penanganan virus corona (Covid-19) di Polres Jajaran, menyiapkan posko penanganan virus corona (Covid-19) di Polres Jajaran, Sosialiasi dan motivasi masyarakat agar tidak malu mengakui bahwa dirinya sakit dan hindari orang lain yang tertular, membantu pelaksanaan pendataan terhadap orang yang terindikasi terkena Virus Corona (Covid-19) dengan melibatkan Bhabinkamtibmas dan menyiapkan ruangan isolasi di RS. Bhayangkara TK. III Jayapura.

Kapolda Papua juga memberikan tips-tips pola hidup sehat kepada personel Polda Papua dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di lingkungan Polri.

“Dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan pola hidup sehat seperti Intake gizi yang cukup, olahraga cukup dan istirahat cukup guna peningkatan imunisasi. Dan tinggal serta bekerja dilingkungan yang sehat dan bersih agar terhindar dari penularan Covid-19 ini. Mari kita hidup sehat guna mencegah berbagai penyakit, sehingga tugas-tugas kedepan dapat terlaksana dengan baik,” tutup Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw.

Diakhir kegiatan, Kapolda memimpin stretching/peregangan untuk kebugaran tubuh yang diikuti oleh seluruh personel Polda Papua.

(Humy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments