Home FEATURED Pimpim Upacara Bulanan, Ini Penekanan Wakapolda Papua Kepada Personel

Pimpim Upacara Bulanan, Ini Penekanan Wakapolda Papua Kepada Personel

Jayapura – Upacara bulanan dalam institusi Kepolisian merupakan salah satu hal yang wajib yang harus dilakukan setiap bulannya dan atensi dari presiden republik indonesia.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kedisiplinan dan sarana untuk menyampaikan informasi kepada anggota. Selain untuk mendengar arahan pimpinan, Upacara juga bermanfaat untuk melatih kedisiplinan dan tanggung jawab bagi setiap anggota Polri.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Polda Papua, Selasa (17/03/2020). Upacara yang dilaksanakan dihalaman Mapolda Papua tersebut dipimpin langsung Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pejabat Utama Polda Papua, Personel Polda Papua terdiri dari Pama, Pamen, Bintara dan ASN Polda Papua.

Dalam sambutannya, Wakapolda Papua mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota Polri jajaran Polda Papua yang dengan dedikasi yang tinggi, telah melakukan tugas Kepolisian dengan baik sesuai fungsi dan perannya masing-masing sehingga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua berjalan kondusif serta mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan tugas Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua cukup kondusif, meskipun beberapa waktu yang lalu adanya gangguan kelompok KKB di Kabupaten Mimika, kasus Lakalantas di Kabupaten Dogiyai dan anti pengerusakan dan pembakaran fasilitas Kantor Bupati Waropen. upaya penanganan gangguan gangguan Kamtibmas tersebut telah kita lakukan dengan baik,” ucap Wakapolda.

Khusus dalam rangkaian pengamanan Pilkada serentak di Provinsi Papua, lanjut Wakapolda mengatakan situasi masih tetap aman dan kondusif, hal tersebut terwujud berkat kesigapan bersama dalam mengawal dan mengamankan jalannya segala tahapan Pilkada tersebut. Namun segala gangguan Kamtibmas dan pelanggaran Pilkada harus terus diantisipasi, jangan sampai terjadi kecurangan, serta ditekankan kepada seluruh personil Polda Papua dan jajaran agar tidak menimbulkan tindakan kontraproduktif yang dapat menurunkan nilai-nilai demokrasi dan Citra Polri.

“Berbagai hal yang juga harus terus diantisipasi dalam tahapan Pilkada serentak ini, misalnya tahapan yang saat ini berlangsung yaitu pembentukan panitia pemilihan suara (PPS) dan pendaftaran jalur perseorangan / indenpenden bakal calon bupati dan wakil bupati. Kedua persoalan tersebut yang kerap menjadi pemicu perdebatan saat memantulkan berlangsung, oleh karena itu seluruh jajaran harus mengawasi dan mengantisipasinya karena kemungkinan akan menjadi salah satu pemicu konflik kepentingan oleh semua paslon dan tim suksesnya dalam memenangkan Pilkada tersebut,” tambah Wakapolda.

Dalam menyikapi perkembangan situasi saat ini yang secara cepat mengalami perubahan dan berdampak pada munculnya berbagai permasalahan dan perkembangannya kejahatan konvensional maupun kejahatan transnasional, Wakapolda berharap kepada seluruh personel Polda Papua untuk terus melakukan kerjasama yang baik dengan segala komponen masyarakat dan instansi terkait lainnya, supaya mampu memperoleh informasi yang akurat dan update berkaitan potensi-potensi konflik yang dapat terjadi di wilayah hukum Polda Papua.

“Pada kesempatan ini pula saya tekankan kepada personel terkait virus Corona atau Covid19 yang saat ini meresahkan masyarakat, saya harapkan kepada seluruh personel Polda Papua dan jajaran agar tidak panik dan Segera lakukan langkah-langkah pencegahan dini baik pada diri sendiri dan keluarga serta ikut serta dalam sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahannya. Terkait dengan rencana rekrutmen anggota Polri tahun 2020 ini, saya perintahkan kepada seluruh personel tidak hanya personel staf SDM untuk mensosialisasikan kegiatan penerimaan Polri tersebut sebelum batas pendaftaran waktu yang masih tersisa agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk sosialisasi, sehingga dapat menjaring animo masyarakat sebanyak mungkin, untuk mendapatkan calon Polisi yang terbaik dan diharapkan bagi yang memiliki saudara ataupun keluarga yang memenuhi syarat untuk segera mendaftar,” imbau Wakapolda.

Diakhir arahannya, Wakapolda Papua menekankan beberapa penekanan yang perlu ditindaklanjuti dan dilaksanakan oleh seluruh personel Polda Papua.

“Pertama, tingkatkan kewaspadaan serta tanggapan terhadap situasi keamanan yang berkembang saat ini terhadap kelompok-kelompok teror yang mengancam secara langsung terhadap anggota di lapangan dan selalu merasakan masyarakat.Kedua, untuk seluruh Kasatker agar senantiasa mengawasi penggunaan anggaran melaksanakan amanah tugas dan tanggung jawab yang diberikan negara dengan maksimal.Ketiga personel Polri harus mampu mencermati persepsi-persepsi publik terhadap Kepolisian yang terungkap di media sosial, yang berkaitan dengan publik trust yang harus dipelihara oleh seluruh jajaran Polda Papua. Keempat, berikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat, lakukan penegakan hukum secara profesional objektif dan akuntabel yang akan mewujudkan simpati dan kepuasan masyarakat. Dan terkahir, untuk seluruh personel Polda Papua untuk berlomba-lomba dalam meraih prestasi baik dalam fungsi operasional maupun pembinaan, guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polda Papua yang kita cintai Bersama,” tegas Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki.

(Humy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments