Home Kapolda Kapolda Papua Hadiri Rapat Evaluasi Seluruh Satgas Covid - 19 Provinsi Papua...

Kapolda Papua Hadiri Rapat Evaluasi Seluruh Satgas Covid – 19 Provinsi Papua Dalam Rangka Pencegahan Dan Penanganan Infeksi Corona Virus Disease 2019

Jayapura – Bertempat di Room Cenderawasih Hotel Swisbell Jl. Pasifik Ruko Dok II Distrik Jayapura Utara telah dilaksanakan Rapat Evaluasi seluruh Satgas Covid – 19 Provinsi Papua dalam rangka Pencegahan dan penanganan Infeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid -19) di Provinsi Papua, Jumat (15/05).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Sekda Provinsi Papua Dr. M. Ridwan Rumasukun, SE.,MM yang didampingi Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dan Wakil Ketua II DPRP Papua Eduardo Kaize.

Turut hadir dalam kegiatan yakni PJU Kodam XVII / Cenderawasih, PJU Polda Papua,Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa, SH, Ketua Komisi II DPR Papua Mega M. F. Nikijuluw, SH, Ketua Komisi IV DPR Papua  Herlin Beatrix Monim, SE, Ketua Komisi V DPR Papua Timiles Yikwa, SE,  Inspektorat Provinsi Papua Drs. Anggiat Situmorang, MSi, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Provinsi Papua  Ir. Omah Ladunai Ladamay, M.Si, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Papua di Jayapura Musa Isir S.Sos.MPA, Sekretaris Kadinkes Provinsi Papua Dr. Silwanus A. Simule, Sp,OG, Kepala Dinas Sosial, Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua di Jayapura Dr. Ribka Haluk, S. Sos, MM, Kepala Pelaksaan BPBD Provinsi Papua/Kepala Sat Pol PP Provinsi Papua Welliam R. Manderi, S.IP., MSi, Kadis Kominfo Provinsi Papua Jery A. Yudianto,  Perwakilan KSP Staf Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Louis De Colvin.

Sekda Provinsi Papua Dr. M. Ridwan Rumasukun, SE.,MM dalam kesempatannya mengatakan bahwa rapat evaluasi bersama seluruh Satgas Covid-19 Provinsi Papua kini melaksanakan kesepakatan bersama keputusan Surat edaran Gubernur Provinsi Papua tanggal 5 Mei 2020 serta melihat kembali SK Satuan Tugas Pencegahan dan penanganan Pandemi Covid 19 Provinsi Papua agar semua bisa berjalan dengan efektif.

“Sampai dengan hari ini mungkin sesama Tim Satgas Pencegahan dan penanganan Infeksi Covid 19 Provinsi Papua belum saling mengenal, disinilah kita bisa saling mengenal dengan kehadiran semua Tim Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dan kita juga mau memastikan kehadiran para personil yang berperan aktif didalam Satuan tugas Covid 19 Provinsi Papua,” Ucap Sekda.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, dalam kesempatannya juga mengatakan bahwa beberapa pertemuan telah dilalui dan keputusan-keputusan sudah jelas yang telah dikeluarkan memulai dari surat edaran Gubernur Papua tanggal 06 Mei 2020 Nomor : 40/5168/Z tentang pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Provinsi Papua yang sudah memuat seluruh data dan larangan-larangan serta ketegasan tentang Sosial Distancing yang telah kita tanda tangani bersama.

“Yang menjadi fokus kita adalah terkait dengan disampaikannya bahwa pembatasan keluar masuk orang ke Provinsi Papua tetap berlaku dan Tanggal 07 Mei – 21 Mei itu merupakan keputusan terakhir pemberlakuan pembatasan ini baik yang dari Penerbangan, Pelayaran juga lintas batas Darat, Laut, Udara antar Wilayah di 5 Wilayah adat yang kita miliki yaitu Animha, Lapago, Megapo, Saireri dan Mamta,” Ucap Kapolda Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw juga menambahkan bahwa aparat tetap membatasi keluar masuknya orang ke Provinsi Papua kecuali untuk kepentingan Bahan Pokok, Bahan Bakar, Kesehatan/Obat-obatan, Tenaga Medis, Sektor Perbankan, Pergantian Kru Pesawat, Kedinasan yang penting dan mendesak serta emergency keamanan.

“Satgas Covid 19 akan berkoordinasi dengan Pemkot dan Pemerintah Kabupaten untuk menutup tempat/aktivitas perdagangan dan bisnis dan angkutan Umum darat antar kota dan segala kegiatan yang dilakukan diatas Pukul 14.00 dan dirasa tidak penting harus dibubarkan,” Tegas Kapolda.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dalam kesempatannya juga menyampaikan bahwa dirinya selaku Pangdam XVII/Cenderawasih selama ini hanya berdiam tetapi jika telah menegaskan sebaiknya perlu menjadi peneknan untuk lainnya.

“Polda Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih disini membantu untuk melihat perkembangan situasi ini Covid 19, sehingga Polda Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih turun ke lapangan,” Ucap Pangdam XVII Cenderawasih.

Diakhir pertemuan Wakil Ketua II DPRP Papua Eduardo Kaize, mengatakan bahwa dalam pertemuan – pertemuan seperti ini agar semua unsur dilibatkan, sehingga saran kepada Kepala Dinas Kesehatan agar Tim Satgas Covid – 19 berada di satu tempat atau komando sehingga informasi yang di dapat cepat di atasi dan aparat pun tepat dalam malaksanakannya.

“Untuk tindakan yang dilakukan oleh Aparat TNI Polri atau petugas lain ini harus berdasarkan dengan surat keputusan agar tidak terjadi kesalahpahaman pada masyarakat dengan petugas di lapangan,” Tutup Eduardo Kaize.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments