Home POLRES Polisi Melakukan Mediasi Terkait Masalah Tuntutan Hak Ulayat Adat

Polisi Melakukan Mediasi Terkait Masalah Tuntutan Hak Ulayat Adat

Yalimo – Bertempat di halaman Mapolsek Elelih Polres Yalimo, telah dilaksanakan pembayaran penyelesaian masalah tuntutan hak ulayat adat pembangunan Jembatan Sungai Yahuli Distrik Benawa Kab. Yalimo oleh PT. Paesa Pasindo Engineering kepada masyarakat adat sepanjang Jalan Jembatan Sungai Yahuli sampai Sungai Wara, Selasa (15/09/2020) Siang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasat Intel Polres Yalimo Ipda Samuel Yunus, Kasat Binmas Ipda Maryanto Widodo,S.Sos, Pabung Kodim Persiapan Kab. Yalimo Mayor Czi. Tri Fahriansyah, Pasi Intel Kodim Persiapan Kab Yalimo Letda Inf. Supriyanto, Kepala Bagian Humas PT. Paesa Pasindo Japar Banjarnahor, Pelaksana Teknis PT. Paesa Pasindo Boby Sinaga, Perwakilan Kodim 1702 Jayawijaya Serka Irwan Saleh, Para Tokoh Pemuda serta Tokoh Adat Distrik Benawa dan Distrik Welarek.

Kapolres Yalimo AKBP Rahmad Kaharuddin, S.H. melalui Kasat Intel membenarkan tadi siang telah dilaksanakan mediasi terkait masalah tuntutan hak ulayat adat.

Ipda Samuel menjelaskan, pada hari ini semua berkumpul dalam rangka menyelesaikan masalah terkait tuntutan hak ulayat adat.

“Dari hasil kesepakatan antara PT. Paesa Pasindo dan masyarakat adat bahwa sepanjang Jalan Jembatan Sungai Yahuli sampai Sungai Wara akan dibayarkan oleh pihak perusahaan,” ucap Kasat Intel Polres Yalimo.

Ipda Samuel Yunus ini pun menambahkan, permasalahan telah diselesaikan secara kekeluargaan dengan kesepakatan kedua belah pihak yang mana PT. Paesa Pasindo Engineering membayar tuntutan sebesar Rp, 300.000.000,00 ke Tokoh Adat Distrik Benawa dan Distrik Welarek.

“Apabila kedepannya PT. Paesa mendapatkan proyek lain disepanjang Jalan Trans Jayapura – Yalimo – Jayawijaya bisa melibatkan dan menjadikan lapangan kerja untuk masyarakat setempat baik dari segi jual beli material dan jasa dari masyarakat sekitar,” tutup Kasat Intel Polres Yalimo Iptu Samuel Yunus

Pihak Kepolisian berharap dengan terselesaikannya masalah ini semoga tidak ada lagi permasalahan yang timbul kedepannya.

Penulis : Wahid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments