Home POLDA Biro Rena Karo Rena Polda Papua Pimpin Rapat Monitoring Dan Evaluasi (Monev) Realisasi Anggaran...

Karo Rena Polda Papua Pimpin Rapat Monitoring Dan Evaluasi (Monev) Realisasi Anggaran Satker Jajaran Polda Papua Triwulan III T.A. 2020

Jayapura – Bertempat di Aula Rupatama Telah dilaksanakan kegiatan Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Realisasi Anggaran Satker Jajaran Polda Papua Triwulan III T.A. 2020, Kamis (08/10/2020) pukul 09.00 WIT.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Karo Rena Polda Papua Kombes Pol. Sugeng Harianto, SH dan didampingi Kabag Renprogar Pembina TK I Edison Markus Kawer serta dihadiri para Kasubbag Renmin jajaran Polda Papua.

Karo Rena Polda Papua Kombes Pol. Sugeng Harianto SH, dalam kesempatannya menyampaikan bahwa monitoring dan evaluasi merupakan bagian dari quality management process, dimana monitoring dan evaluasi berguna untuk memastikan bahwa pelaksanaan suatu program/kegiatan tetap berjalan sesuai dengan rencana kerja yang telah ditetapkan.

Lanjut Kombes Pol. Sugeng Harianto, SH, secara lebih spesifik, manfaat dari adanya monitoring dan evaluasi adalah untuk mengetahui perkembangan realisasi pencapaian target anggaran dan kinerja, serta menilai apakah program/kegiatan tersebut berjalan dengan efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

“Realisasi anggaran Polda Papua t.a. 2020 setelah penyesuaian anggaran berdasarkan aplikasi Om Span Triwulan III T.A 2020, secara global besaran dan persentase realisasi anggaran Polda Papua sudah diatas standar minimal yang ditetapkan oleh kemenkeu yaitu sebesar 70.55%, namun untuk realisasi capaian output Polda Papua,” ucap Kombes Pol. Sugeng Harianto, SH.

Kombes Pol. Sugeng Harianto menambahkan, salah satu hal yang menyebabkan masih rendahnya realisasi capaian output antara lain operator satker masih ada yang belum mengisi dan belum tepat dalam menginput data realisasi output dan progres output pada aplikasi smart kemenkeu, sehingga antara realisasi anggaran dengan realisasi capaian output belum seimbang.

“Namun berdasarkan aplikasi smart Kemenkeu untuk pencapaian kinerja Polda Papua sebesar 45,14 %, walaupun data realisasi anggaran Polda Papua T.a 2020 masih terus berjalan dan belum final, namun hal ini harus tetap menjadi perhatian sehingga pelaksanaan anggaran T.A 2020 lebih optimal dan melebihi dari target yang sudah ditetapkan oleh Kemenkeu RI,” ujar Karo Rena Polda Papua.

Tutup Kombes Pol. Sugeng Harianto, SH, pada kesempatan yang baik ini saya harapkan kepada seluruh peserta rapat agar dapat melaksanakan kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga kegiatan Monev realisasi anggaran triwulan III T.A. 2020 dapat dijadikan acuan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan pelaksanaan anggaran pada tahun anggaran 2020. Kepada satker yang sudah melaksanakan penyerapan anggaran dengan baik dan benar saya ucapkan terima kasih.

Kabag Renprogar Pembina TK I Edison Markus Kawer dalam kesempatanya juga mengatakan bahwa terkait Belanja Pegawai agar seluruh Kasatker melakukan update data personel secara berkala untuk antisipasi pagu minus.

“Melakukan percepatan realisasi anggaran apabila telah menyelesaikan penyesuaian pagu anggaran dan refocusing dengan menggunakan fasilitas pembayaran kontraktual dengan mekanisme TUP, Khususnya Beberapa belanja modal yang belum dikontrakkan,” ucap Kabag Renprogar.

Bapak Edison Markus Kawer menambahka, dengan melakukan fokus percepatan anggaran pada pagu/kategori yang memiliki realisasi rendah, apabila diperlukan revisi dalam rangka percepatan belanja, maka dapat segera mengajukan usulan revisi sesuai kewenangan (Kanwil DJPb).

“Memastikan alokasi anggaran Covud pasca terbitnya PMK 43/PMK,05/2020 telah dilakukan penyesuaian Akun mengikuti petunjuk teknis sebagaimana surat S-369/PB/2020, termasuk melakukan revisi DIPA/POK dan atau meralat SPM/SP2D terhadap pengalokasian dan atau realisasi belankja covid-19 yang belum menggunkan akun khusus COVID,” ujar Pembina TK I Edison Markus Kawer.

Tutup Pembina TK I Edison Markus Kawer, pencairan anggaran dalam rangka penanganan pendemi Covid-19 agar mengikuti ketentuan pelaksanaan anggaran dalam masa pendemi Covid-19 dan melaksanakan kegiatan tertentu yang direncanakan melaksanakan pada bulan November dan Desember agar dimajukan pelaksanaannya pada bulan Oktober T.A. 2020.

(HMS:ARP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments