Home POLDA Dit Lantas Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Gelar Operasi Zebra Matoa 2020 Hari Pertama

Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Gelar Operasi Zebra Matoa 2020 Hari Pertama

Jayapura – Bertempat di Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura, Direktorat Lalu Lintas Polda Papua menggelar Operasi Zebra Matoa 2020 hari pertama. Senin (26/10/2020).

Kegiatan didahului dengan apel kesiapan operasi yang dipimpin oleh Kasat PJR Dit Lantas Polda Papua Kompol Marthen W. Asmuruf, S.Sos., M.M., selaku Waka Opsda Zebra Matoa – 2020 dengan melibatkan 45 personil yang terlibat Operasi Zebra Matoa 2020.

Pada apel tersebut Waka Opsda Zebra Matoa – 2020 menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh personil yang hadir saat ini, dimana kita ketahui bersama bahwa saat ini adalah hari GKI se-tanah Papua, akan tetapi bersamaan dengan libur tersebut kami juga harus melaksanakan Opersai Zebra Matoa – 2020 yang sudah diamanatkan oleh pimpinan dimana terhitung mulai tanggal 26 Oktober 2020 sampai dengan 8 November 2020.

“Operasi Zebra Matoa 2020 bersifat terbuka dalam bentuk Operasi Kamseltibcarlantas yang dilaksanakan dengan mengedepankan tindakan Preventif, Preentif dan Humanis serta target kita adalah pelanggaran yang dapat menyebabkan terjadi kecelakaan lalu lintas,” ujar Waka Opsda Zebra Matoa 2020.

Waka Opsda Zebra Matoa – 2020 menambahkan Pelanggaran yang dimaksud misalnya melawan arus, tidak memakai helm, berboncengan lebih serta kelengkapan administrasi seperti SIM dan STNK akan tetapi pada hari Pertama Operasi ini berlangsung atau saat kami akan melaksanakan himbauan kepada pengendara agar dapat Tertib berlalu lintas dan terapkan protokol kesehatan.

Tujuan dari Operasi Zebra Matoa 2020 yakni untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang mewujudkan Kamseltibcarlantas. Tidak lupa kami menyampaiakn kepada personil yang mana saat ini dalam situasi pandemi, kita harus terapkan protokol kesehatan, antara lain gunakan masker, jaga jarak saat berinteraksi dengan pengendara, hindari berkerumunan serta anggota saat dilapangan dapat menegur secara humanis kepada pengendara yang tidak menggunakan masker dan tetap menjaga Protokol Kesehatan.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Operasi yang bertempat di 3 titik antar lain, Pertigaan Jalan Ring Road, Jembatan Youtefa (Jembatan Merah) dan Pertigaan Pantai Holtekamp.

Dalam operasa hari ini belum di berlakukan penindakan melainkan dalam bentuk himbauan. Pada saat pelaksanaan himbauan di lapangan, ditemukan pengendara yang tidak menggunakan helm, tidak menggunakan masker dan berboncengan lebih serta tidak tertibnya berlalu lintas.

Adapun hasil Operasi ditemukan 34 pelanggaran dengan rincian, 13 pelanggaran pengendara roda 2 (dua) tidak menggunakan helm, 18 pelanggaran Pengendara roda 2 (dua) tidak dilengkapi surat-surat (SIM dan STNK) dan 4 pelanggaran pengendara roda 4 (empat) masih menggunakan plat mobil (Nopol) dari luar Papua.

34 pelanggaran tersebut masing – masing diberikan arahan maupun himbauan oleh personil, agar melengkapi surat-surat kendaraanya sebelum digunakan, tidak lupa menggunakan helm, dan tertib dalam berlalu lintas serta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

(HMS:EAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments