Home POLDA Bid Humas Dialog Interaktif RRI Dengan Tema Operasi Zebra Matoa 2020 di Tengah Pandemi...

Dialog Interaktif RRI Dengan Tema Operasi Zebra Matoa 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

Jayapura – Bertempat di Media Center Bid Humas Polda Papua telah dilaksanakan dialog interaktif Polisi menyapa dengan tema “Operasi Zebra Matoa 2020 Di Tengah Pandemi Covid-19”, Kamis (29/10/2020).

Hadir sebagai narasumber, PS Kabag Bin Ops Dit Lantas Polda Papua Kompol Abd. Rahman dan Kabag Ops Jasa Raharja Papua Yoga C Mambrasar.

PS Kabag Bin Ops Dit Lantas Polda Papua Kompol Abd. Rahman dalam kesempatanya mengatakan, Operasi Zebra Matoa 2020 bersifat terbuka dan dalam bentuk Operasi Kamseltibcarlantas yang dilaksanakan dengan mengedepankan tindakan preventif, preentif dan humanis serta target sasaran pelanggaran yang dampak terjadi kecelakaan lalu lintas misalnya melawan arus, tidak memakai helm, berboncengan lebih serta kelengkapan administrasi seperti SIM dan STNK.

“Operasi ini berlangsung atau saat kami akan melaksanakan himbauan kepada pengendara agar dapat tertib berlalu lintas dan terapkan Protokol Kesehatan, tujuan dari Operasi Zebra Matoa 2020 yakni untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang mewujudkan Kamseltibcarlantas,” ucap PS Kabag Bin Ops Dit Lantas Polda Papua.

PS Kabag Bin Ops Dit Lantas Polda Papua Kompol Abd. Rahman juga menyampaikan kepada personil yang mana saat ini masih dalam situasi pandemi, dimana tetap harus terapkan protokol kesehatan, antara lain gunakan masker, jaga jarak saat berinteraksi dengan pengendara, hindari berkerumunan serta anggota saat dilapangan dapat menegur secara humanis kepada pengendara yang tidak menggunakan masker dan tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes).

“Bahwa Operasi Zebra Tahun 2020 ini memang berbeda dengan Operasi Zebra Tahun 2019 kami tetap mengedepankan protokol kesehatan, kami juga menghimbau agar tetap berhati-hati saat mengendarai kendaraan dan selalu melengkapi kelengkapan pribadi baik surat surat kendaraan maupun kelengkapan saat berkendara, serta harus memastikan saat mengenderai kendaraan dalam keadaan sehat dan tidak terpengaruh minuman keras seperti alkohol yang bisa merugikan diri sendiri saat berkendara maupum merugikan orang lain” ujar PS Kabag Bin Ops Dit Lantas Polda Papua Kompol Abd. Rahman.

Kabag Ops Jasa Raharja Papua Yoga C Mambrasar dalam kesempatanya mengatakan bahwa untuk Operasi Zebra kali ini jasa raharja juga ikut serta dalam kegiatan kali ini, dalam rangka menekan angka kecelakaan, kami bekerja sama dengan Polda Papua, serta ikut juga memberikan bantuan, dalam memberikan rasa atau menjaga keamanan di jalan.

“Kami juga turut melibatkan seluruh personil jasa raharja yang ada di Kota Jayapura juga diikut sertakan dalam kegiatan operasi zebra tahun ini,” ucap Kabag Ops Jasa Raharja Papua Yoga C Mambrasar

Dirinya juga menambahkan bahwa untuk penyelesaian proses santunan Jasa Raharja apabila berkas lengkap, dasarnya dari laporan Polisi, selanjutnya di ajukan kepada petugas di Jasa Raharja, setelah dilihat berkas lengkap dan sesuai dengan ketentuan bisa langsung mengurus jaminan korban dalam waktu paling cepat 1 jam dan paling lama 1 hari.

“Kami himbau kepada orang tua bahwa jangan asal memberi kendaraan kepada anak-anaknya, karena kami lihat banyak orang tua yang memberikan kendaraan kepada anaknya yang masih dibawah umur, nyatanya ketentuan berkendara itu harus berumur diatas 17 Tahun dan harus dilakukan tes,” ujar  Kabag Ops Jasa Raharja Papua Yoga C Mambrasar.

Semua harus senantiasa menaati peraturan lalu lintas, memakai helm, serta berhubung karena saat ini tengah mengahadapi masa pandemi Covid – 19 harus senantiasa memkai masker dimanapun berada “Ko Jaga Sa, Sa Jaga Ko, Kitong Sama-Sama Jaga Tanah Papua”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments