Home POLDA Bid Humas Dir Lantas Polda Papua Jadi Narasumber Pada Dialog Interaktif Dengan Tema "Operasi...

Dir Lantas Polda Papua Jadi Narasumber Pada Dialog Interaktif Dengan Tema “Operasi Zebra Matoa 2020 di Tengah Pandemi Covid-19”

Jayapura – Bertempat di Stasiun TVRI Papua, telah dilaksanakan kegiatan dilalog interaktif dalam program Dialog Khusus dengan tema “Operasi Zebra Matoa – 2020 di Tengah Pandemi Covid-19”, Senin (02/11/2020).

Hadir selaku narasumber Dir Lantas Polda Papua Kombes Pol. M. Nasihin, Kepala Dinas Perhubungan Prov. Papua Recky D. Ambrauw, S.Sos., M.Si,. dan Ketua Harian Gugus Tugas Covid 19 Welliam R. Manderi., S.IP., M.Si dengan pemandu acara Saudara R. Awantanu.

Dalam kesempatannya Dir Lantas Polda Papua mengatakan, Operasi Zebra 2020 ini bertujuan untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas, pelanggaran lalu lintas dan menekan berkembangnya masalah Covid-19, kemudian sasaranya kepada masyarakat atau pengendara yang berada di jalan protokol baik roda 2 dan roda 4 serta dimana masyarakat berada seperti tempat wisata.

“Adapun cara bertindak dilapangan saat ini berbeda dengan Operasi Zebra tahun lalu, tahun lalu kami lebih dengan penegakan hukum akan tetapi kali ini 100% kami lebin kedepankan simpatik seperti Preemtif, Preventif, Edukatif dan Humanis, dimana langkah-langkah yang  kami lakukan seperti sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat terkait disiplin berlalu lintas maupun taat protokol kesehatan, sehingga diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucap Dir Lantas Polda Papua.

Sebagimana perlunya diketahui bahwa Operasi Zebra ini dilaksanakan selam 14 hari yang dimulai dari tanggal 26 Oktober 2020 sampai dengan berakhir pada tanggal 8 November 2020, disini kami juga harapkan kepada masyarakat tertib berlalu lintas bukan hanya pada saat operasi saja melainkan tertib dalam kesehariannya. Namun perlunya kami sampaikan, apabila sesudah masa operasi selama 14 hari nantinya, kami akan tetap melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan, baik itu melakukan pengawasan-pengawasan kepada masyarakat yang melaksanakan aktivitas berkendara.

Tentnunya hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan pembangunan untuk bisa terlaksana dengan baik, dan  salah satu faktor penunjangnya adalah Kamseltibcarlantas yang aman, Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas di tengah pandemi Covid-19 yang kini mewabah.

Ketua Gugus Covid 19 dalam kesempatannya mengatakan, dapat kami sampaikan bahwa sesuai dengan angka terkonfirmasi Covid-19 di papua sampai saat ini 9755 orang, sementara dirawat 3077 orang, sedangkan yang sembuh 6527 orang dan yang meninggal 151 orang, disini kami melihat bahwa ada peningkatan dibandingkan dengan beberapa wakrtu lalu dan kita juga bersyukur sampai dengan hari ini angka kesembuhan kita semakin meningkat, ini adalah salah satunya bahwa masyarakat sudah mulai meningkatkan kedisiplinan dengan menerapkan 3M yaitu Menjaga jarak, Mencuci tangan dan Menggunakan masker.

Untuk peningkatan disiplin masyarakat sendiri sebagian besar sudah memahami, ini yang kita tetap pertahankan melalui sosialisasi, edukasi, pemahaman, dan pengertian akan pentingnya protokol kesehatan. Tentunya apa yang sudah disampaikan dan dilaksanakan oleh Polda Papua seperti Operasi Zebra Matoa merupakan upaya yang sangat baik, bagaimana masyarakat bisa mendisiplinkan diri di jalan raya dan mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatannya Kepala Dinas Perhubungan juga mengatakan, kami selalu mendukung kegiatan dari Polda Papua, beberapa kegiatan bulan lalu kita bersama-sama melaksanakan kegiatan di lapangan seperti membuat marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas lainya, yang artinya guna menjaga jarak pengendara pada saat berhenti di Traffic Light dan terhindar dari kecelakaan lau lintas. Dalam pengamatan kami ada beberapa pengendara yang disiplin ada juga pengendar yang melanggar dan ini perlunya kami mensosialisasi kembali agar masyarakat atau pengendara ini paham dengan adanya rambu-rambu yang sudah disiapkan oleh pemerintah, hal ini salah satu upaya pencegahan agar terhindar dari kecelakaan lalulintas maupun penularan Covid-19.

Kami dari Dinas Perhubungan Provinsi Papua sangat mengharapkan kepada masyarakat pengguna jalan baik pengendara roda 2 maupun roda 4 untuk memperhatikan rambu-rambu yang sudah terpasang di jalan, karena dengan rambu-rambu anda akan diantar sampai dengan tempat tujuan dengan selamat.

Adapun kegiatan Dialog Interaktif dengan tema “Operasi Zebra Matoa–2020 di tengah Pandemi Covid-19” mendapatkan apresiasi dari masyarakat (Penelpon) dari beberapa Kabupaten/Kota Jayapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments