Dialog Interaktif Dengan Tema Pengamanan Objek Vital Ditengah Pandemi Covid-19

6

Jayapura – Bertempat di Media Center Bid Humas Polda Papua telah dilaksanakan kegiatan dialog interaktif dengan tema “Pengamanan Objek Vital Ditengah Pandemi Covid-19” yang dihadiri oleh Wadir Pam Obvit Polda Papua AKBP Ignatius Benny Ady Prabowo, SH., S.IK sebagai narasumber, Kamis (05/11/2020).

Dalam kesempatannya Wadir Pam Obvit Polda Papua mengatakan, Objek Vital yang ada di Papua adalah Objek Vital yang bepengaruh terhadap masyarakat banyak dan mempengaruhi stabilitas ekonomi dan Kamtibmas secara Nasional apabila terganggu secara keamanan.

“Perlu diketahui ada beberapa Objek Vital yang ada di Papua diantaranya, Bank Indonesia, Bandara Udara, Pertamina, PT. FI dan beberapa sentra-sentra perbelanjaan dan Bank-Bank Nasional dan Swasta, Objek Wisata yang dikunjungi Wisatawan Mancanegara dan Domestik,” ucap Wadir Pam Obvit Polda Papua.

AKBP Ignatius Benny Ady Prabowo, SH., S.IK menambahkan, tentu hal tersebut sangat rentan akan stabilitas keamanan maupun ekonomi secara Nasional, karena wilayah Papua ini terkoneksi dengan Pemerintah Pusat contohnya pendistribusian dari pertamina maupun penerbangan.

“Untuk fungsional penerbangan dan Pelabuhan, kami berkerja sama dengan Pemerintah dan Instansi Perhubungan Laut dan Udara, kami sering melakukan asistensi maupun membackup pengamanan melalui kegiatan patroli pada Objek Vital tersebut,” ujar AKBP Ignatius Benny Ady Prabowo, SH., S.IK.

Namun kini telah diterapkan pola khusus pengamanan Objek Vital melalui Protokol Kesehatan yang sudah diatur oleh Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten. Dengan membuat SOP untuk menegakkan Protokol Kesehatan, hal ini yang membuat kami berkerja sama dengan Satuan Tenaga Kesehatan dan Keamanan pada Objek Vital (security) untuk dapat bersinergi dalam mensosialisasikan penerapan Protokol Kesehatan 3M di masing-masing Objek Vital yang ada di Papua.

Ini merupakan upaya kami melalui Satuan Pengamanan Objek Vital (Sat Pam Obvit) dalam menanggulangi dan mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, kami secara umum membuat sekat untuk membatasi ruang gerak masyarakat agar penyebaran Covid-19 ini bisa ditekan. Kami juga selalu mengingatkan para pengunjung dan karyawan yang ada di Objek Vital tersebut untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan.

Selain itu kami yang terlibat dalam Satgas Aman Nusa Polda Papua dan terdiri beberapa Subsatgas, dimana di dalam Subsatgas tersebut Sat Pam Obvit Polda Papua masuk dalam Subsatgas pencegahan yang dipimpin langsung oleh Direktur Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit) dan Satgas Aman Nusa ini terpusat namun kami di Daerah selalu mengedepanan kearifan lokal.

Dimana dalam pelaksanaannya, kami selaku Satgas pencegahan bersama Gugus Tugas Dearah melaksakan sosialisasi terhadap Pengelola Objek Wisata untuk dapat mengimbau para wisatawan agar menerapkan Protokol Kesehatan seperti, menyiapkan tempat cuci tangan, memasang spanduk untuk mengajak masyarakat memakai masker dan menjaga jarak dan disitu kita juga memantau apabila terlihat ada kerumunan kita langsung turun memberi himbauan untuk menjaga jarak.

Tutup AKBP Ignatius Benny Ady Prabowo, SH., S.IK, kami dari Dit Pam Obvit Polda Papua mengimbau kepada seluruh masyarakat di Papua untuk bersama kita menerapkan Protokol Kesehatan guna memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan upaya 3M 1T yakni Mencuci tangan, Menggunakan masker, Menjaga jarak serta Tidak berkerumun. Tentunya ini bukan hanya tugas dari Pemerintah Daerah dan TNI-Polri, melainkan peran serta masyarakat juga penting dalam menjaga penyebaran/penularan Covid-19 itu sendiri, “Ayo sama-sama ciptakan Papua yang aman dan sehat”.

(HMS:ARP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.