Home POLDA Biro SDM Dialog Interaktif Dengan Tema Wujudkan Bintara Noken Papua Yang Profesional, Modern Dan...

Dialog Interaktif Dengan Tema Wujudkan Bintara Noken Papua Yang Profesional, Modern Dan Terpercaya (Promoter)

Jayapura – Bertempat di Media Center Bid Humas Polda Papua telah dilaksanakan dialog interaktif Wujudkan Bintara Noken Papua yang Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter). Kamis (12/11/2020).

Hadir sebagai narasumber yakni Karo SDM Polda Papua Kombes Pol Ade Djadja Subagdja, S.I.K dan Kasubbag Diapers Biro SDM Polda Papua AKP Banu Maulidina Isya, S.I.K.

Karo SDM Polda Papua dalam kesempatannya menyampaikan kiat-kiat kami melakukan upaya pendidikan berkaitan masalah Bintara Noken adalah mendidik mereka harus mempunyai rasa cinta juga punya jiwa yang berkaitan dengan NKRI, untuk itu mereka dibina di pupuk mentalnya juga punya rasa jiwa NKRI.

“Pola pendidikan yang sekarang Bintara Noken dengan Bintara umum yakni yang pertama banyak pelajaran yang di berikan oleh Bintara Noken yang kaitan masalah pendidikan perjuangan bangsa, yang kedua kaitan masalah etika yang ketiga berkaitan dengan mental kepribadian jadi nilai ini kita bangun untuk mendidik mereka. Beda dengan pendidikan yang dulu hampir sebagian besar kaitan masalah tugas tugas Kepolisian masalah disiplin, jadi ini ada beda karena di Papua khusunya masyarakat Papua yang kita didik yang utama adalah kaitan masalah perasaan,” ujar Karo SDM.

Karo SDM menambahkan jadi walaupun misalnya disiplinnya bagus etikanya bagus tapi rasa cinta kepada Indonesia tidak memiliki jiwa NKRI, mereka dalam bertugas tidak akan maksimal karena mereka salah satu kepanjangan pemerintah Indonesia juga salah satu pihak yang mewakili Polisi Indonesia yaitu Polisi Noken.

“Sistem penerimaan atau rekrutmen Bintara Noken sama seperti yang terdahulu melalui tes akademik, jasmani, psikologi dan lain -lain namun mereka juga ada yang diluar dari penerimaan secara normal atau secara aturan yaitu dengan dinamakan cara proaktif, yaitu diambil direkrut dari anak-anak yang mempunyai talenta dan penghargaan serta mempunyai kontribusi seperti orang tuanya Kepala Suku atau tokoh- tokoh besar,” jelas Karo SDM.

Lanjutnya, untuk penghargaan berlaku khusus keluarga Polri salah satunya misalnya bapaknya pernah berjasa telah berjuang ibaratnya nyawa pun dia pertaruhkan waktu bertugas, itu mereka punya anak bila memenuhi syarat itu bisa menjadi Polisi.

“Untuk Binlat Bintara Noken, pada hari Selasa tanggal 10 November 2020 telah dilaksanakan upacara penutupan, para siswa Bintara Noken melaksanakan pelatihan selama kurang lebih 2 bulan dan akan bergabung dengan pendidikan para siswa Bintara Umum yang direncanakan akan dibuka pada tanggal 17 November 2020,” Imbuhnya.

Karo SDM juga menjelaskan bahwa untuk pendidikan pembentukan kita masih sama kecuali hanya pelatihan saja, jadi untuk Bintara Noken ada pelatihan dulu sebelum masuk pendidikan Bintara Umum yaitu kurang lebih 2 bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments