Home POLDA Bid Humas Dialog Interaktif RRI Dengan Tema Pelaksanaan Operasi Lilin Matoa 2020 Jelang Natal...

Dialog Interaktif RRI Dengan Tema Pelaksanaan Operasi Lilin Matoa 2020 Jelang Natal Dan Tahun Baru

Jayapura – Bertempat di Studio RRI Pro 1 Jayapura telah dilaksanakan kegiatan Dialog Interaktif Polisi menyapa dengan tema Pelaksanaan Operasi Lilin Matoa 2020 Jelang Natal dan Tahun Baru. Kamis (17/12/2020).

Hadir sebagai Narasumber yakni Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal S.H, Pendeta Mathan Ayorbaba M.TH, anggota FKUB Provinsi Papua Ustadz Saifullah perwakilan MUI Provinsi Papua.

Dalam kesempatannya Kabid Humas Polda Papua mengatakan, situasi Kamtibmas di wilayah Papua hingga hari ini cukup kondusif beberapa waktu yang lalu bagaimana kita ketahui bersama bahwa pelaksanaan Pemilu di 11 kabupaten secara komulatif semua berjalan dengan lancar. Saat ini proses rekapitulasi terus berjalan namun ada beberapa Kabupaten yang terdapat sedikit permasalahan, untuk untuk mari kita bersama-sama mendoakan agar bisa ditangani sehingga semua berjalan dengan baik dan kondusif.

“Kemudian disetiap penghujung tahun dari pihak Kepolisian khususnya Polda Papua akan melaksanakan kegiatan Operasi Lilin Matoa 2020 dimana kegiatan ini nantinya akan mengawal dan menjaga aktivitas masyarakat dalam melaksanakan Natal dan Tahun baru sehingga semua bisa berjalan dengan baik tanpa ada gangguan sedikit pun,” ucap Kabid Humas Polda Papua.

Lanjutnya, Natal dan tahun baru ini khususnya di Papua baik yang beragama Muslim maupun Nasrani ini sama-sama melaksanakan libur, sehingga aktivitas masyarakat memang agak padat dan membutuhkan kehadiran anggota di lapangan terlebih saat ini kita masih berada dalam Pandemi Covid-19, tentunya kami dari Kepolisian akan gencar melaksanakan imbauan mengenai Protokol Kesehatan di setiap melaksanakan kegiatan. Hal ini sebagai upaya kita bersama dalam menangkal penyebaran Covid-19 di Papua.

“Selain itu, Rangkaian kegiatan Preventif dan Preemtif yang dilaksanakan oleh Kepolisian, muda-mudahan bisa memberikan warna dan sebagai perhatian kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif baik di lingkungan masyarakat maupun di Media Sosial karna saat ini pengaruh media sosial begitu besar dan bisa berdampak jika kita tidak bijak dalam menggunakannya,” jelas Kabid Humas Polda Papua.

Kabid Humas Polda Papua menjelaskan bahwa Operasi lilin ini juga merupakan Operasi kemanusiaan yang kegiatannya nanti adalah bagaimana menjaga dan mengawasi aktivitas masyarakat sehingga semua bisa berjalan dengan baik dan penuh hikmat, terlebih teruntuk saudara kita yang merayakan hari Natal dan tahun baru 2021.

Dalam kesempatannya Pendeta Mathan Ayorbaba menyampaikan, menjelang Natal dan Tahun baru di tanah Papua saya mengajak kepada seluruh warga masyarakat khususnya di tanah Papua untuk selalu menjaga ketertiban umum di lingkungan masing-masing.

“Secara umum Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua pada dasarnya mendukung penuh kegiatan Operasi Lilin ini karena ini merupakan Operasi kemanusiaan yang nantinya membantu mengawasi dan menjaga kita semua di tanah Papua dalam beraktivitas terlebih untuk melaksanakan Perayaan ibadah Natal,” ujar Pendeta Mathan Ayorbaba.

Ustadz Saifullah dalam kesempatannya mengatakan, saat ini berbagai macam informasi yang ada di media sosial sangat banyak mempengaruhi masyarakat sebagaimana yang disampaikan tadi oleh kabid Humas bahwa saat ini kepolisian tidak hanya melakukan patroli di dunia nyata tapi juga di dunia maya di karenakan informasi yang ada pada media sosial ini sangat berpengaruh dan jika tidak di tangani dengan cepat bisa saja memberikam dampak negatif yang begitu besar kepada masyarakat. Saya sangat mengapresiasi atas kinerja polri dalam menajaga kamtibmas khususnya di Papua.

“Kemudian saya mengajak seluruh warga masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan kejadian yang ada di luar sana, apa yang terjadi di luar daerah kita cukup sampai di situ jangan kita yang ada di Papua ini juga terpengaruh. Kerukunan yang telah kita jaga selama ini di Papua jangan sampai ternodai hanya karna informasi yang salah,” imbau Ustadz Saifullah.

Ustadz Saifullah juga menambahkan Perlu juga kita ketahui bahwa di Papua ketika Perayaan Natal tiba yang melaksanakan pengaman tidak hanya Polisi tetapi juga dari kalangan pemuda muslim dan organisai yang berbasis muslim seperti pemuda Ansor, Senkom, dan lain-lain. Mereka dengan ikhlas menjaga saudara mereka yang bergama Nasrani untuk melaksanakan ibadah dan begitu pun sebaliknya. Ini adalah wujud toleransi antar umat beragama khususnya Papua yang harus kita jaga agar kita bisa tetap hidup aman damai dan Rukun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments