Home POLDA Biro Rena Karo Rena Polda Papua Pimpin Kegiatan Penyerahan RKA-KL Satker T.a 2021, Sosialisasi...

Karo Rena Polda Papua Pimpin Kegiatan Penyerahan RKA-KL Satker T.a 2021, Sosialisasi Dipa Dan ABK Serta Evaluasi Usulan Pembentukan Polsubsektor

Jayapura – Bertempat di Aula Rastra Samara Polda Papua melaksanakan kegiatan RKA-KL (Rencana Kerja dan Anggaran Kementrian/Lembaga) Satker T.A. 2021, Sosilisasi Dipa dan ABK serta Evaluasi usulan pembentukan Polsubsektor yang dilaksanakan Satker Biro Rena Polda Papua. Senin (21/12/2020).

Kegiatan dipimpin oleh Karo Rena Polda Papua Kombes Pol Sugeng Harianto dan diikuti seluruh personel dan Polres jajaran. Dalam kesempatannya Karo Rena Polda Papua membacakan arahan Kapolda Papua yang mengatakan, saya selaku pimpinan Polda Papua mengucapkan terima kasih bagi kita semua dalam menjalankan tugas pelayanan Kepolisian kepada masyarakat di tahun 2020, secara khusus dalam melaksanakan pengamanan Pilkada tahun 2020 dengan kerja keras dan tidak mengenal lelah.

“Pelaksanaan tugas Polri saat ini masih dihadapkan dengan berbagai permasalahan di bidang keamanan yaitu dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian yang mempengaruhi kemanan dan ketertiban masyarakat, tahapan-tahapan Pilkada serentak tahun 2020 yang perlu perhatian serius agar tidak berdampak pada gangguan Kamtibmas serta adanya tuntutan dan harapan dari masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kinerja dan pelayanan dibidang Kepolisian yang dinilai masih belum seluruhnya terpenuhi,” ujar Karo Rena.

Karo Rena menambahkan tantangan dan harapan masyarakat terhadap Polri tersebut dalam rangka dapat memberikan rasa aman dan tentram, memberikan pelayanan dengan Cepat, tidak mempersulit dan tuntas dalam menyelesaikan masalah, mampu mengantisipasi dan mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas serta penegak hukum yang profesional, proporsional, tegas, jujur dan adil terutama terhadap kejahatan yang meresahkan masyarakat yang didukung dengan terjaminnya transparansi proses penyidikan perkara.

“Tugas kita ditahun 2021 nanti akan lebih menantang dibanding tahun-tahun sebelumnya secara khusus dalam menghadapi pelaksanaan Pam PON XX tahun 2021 di Provinsi Papua dan implementasi pelaksanaan Otsus Jilid II Provinsi Papua. Tentunya tantangan ini akan selalu kita jawab dengan kerja keras dan upaya yang sungguh-sungguh dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” imbuh Karo Rena.

Karo Rena menambhakan pada kesempatan yang baik ini, kita saksikan penyerahan RKA-K/L (Rencana Kerja dan Anggaran Kementrian/Lembaga) untuk seluruh satuan kerja dijajaran polda papua. Dengan diserahkannya dokumen yang sangat penting ini, maka secara langsung akan menandai dimulainya proses kinerja kita di tahun 2021.

“Sebagaimana kita ketahui Dipa dan RKA K/L merupakan amanat rakyat yang dipercayakan kepada kita untuk dikelola dengan penuh tanggung jawab dalam kerangka pelayanan kita kepada masyarakat, untuk ini saya minta agar Dipa dan RKA-KL yang diterima dapat ditelaah dan disimak betul-betul target-target sasaran yang telah ditetapkan didalamnya,” jelas Karo Rena.

Lanjutnya, tugas saudara-saudara sebagai kepala Satuan kerja untuk menterjemahkan target-target tersebut kedalam rencana capaian kinerja berupa output-ouput kegiatan dan outcome-outcome program yang nantinya akan dituangkan dalam perjanjian kinerja Ta. 2021 satker masing-masing. Perjanjian kinerja tesebut pada akhirnya akan menjadi semacam kontrak kerja antara saudara-saudara selaku penerima amanah dan saya selaku pemberi amanah.

“RKA-KL yang saudara terima adalah produk rencana kerja dan anggaran yang telah dihitung pembiayaanya dengan cermat untuk mencapai target yang terukur selama tahun anggaran 2021, target-target tersebut telah dituangkan dalam dokumen dan tertera sebagai indikator kinerja utama maupun indikator kinerja kegiatan yang harus saudara capai. Artinya saudara-saudara tidak perlu mencari-cari lagi apa yang mesti dikerjakan, tidak usah mengakal-akali lagi anggaran yang sudah dialokasikan. Tugas saudara adalah mengerjakan dan memastikan bahwa seluruh kinerja yang tertuang dalam dipa dapat direalisasikan,” jelas Karo Rena.

Karo Rena juga menambahkan Mari kita berdisiplin dengan melaksanakan seluruh rencana dalam Dipa dan RKA-KL dengan sungguh-sungguh. Pada tahun anggaran 2021 ini, telah dilakukan redesign program anggaran Polri yang berdampak pada terjadinya perubahan struktur program dan kegiatan Polri yang semula 13 program menjadi 5 program. Untuk Polda Papua semula 12 program dan 57 kegiatan menjadi 5 program dan 54 kegiatan.

Jika kita cermati program-program tersebut merupakan cerminan dari fungsi-fungsi utama Kepolisian maupun fungsi penyelenggaraan kegiatan perkantoran yang mendukung fungsi utama kepolisian yang diselaraskan dengan program prioritas kapolri antara lain, Mewujudkan sdm yang unggul, Pemantapan Harkamtibmas, Penguatan Gakkum yang profesional & berkeadilan, Pemantapan manajemen media, Penguatan sinergi Polisional, Penataan kelembagaan, Penguatan pengawasan.

Mari kita dukung dan sambut program dan kebijakan Kapolri ini dengan kinerja yang sungguh-sungguh ditahun 2021. Dalam sistem penganggaran Polri menganut apa yang disebut sistem anggaran berbasis kinerja, yang artinya bahwa setiap rupiah yang diterima harus menghasilkan suatu keluaran (output) yang terukur dan selanjutnya keluaran ini juga harus mendatangkan manfaat (outcome) dalam pelayanan masyarakat.

Untuk pelaksanaan anggaran tahun 2021, ada beberapa hal yang betul-betul ingin saya tekankan antara lain, Penuhi dukungan anggaran yang merupakan hak kesejahteraan personil berupa gaji dan tunjangan yang semestinya diterima tepat waktu, Penuhi seluruh hak-hak anggaran yang semestinya diterima oleh ujung tombak pelayanan masyarakat, yakni dukungan anggaran yang dialokasikan untuk Polsek dan Polsubsektor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments