Home POLDA Dit Lantas Dialog Interaktif Dengan Tema Operasi Lilin Matoa Tahun 2020 Di Tengah Pandemi...

Dialog Interaktif Dengan Tema Operasi Lilin Matoa Tahun 2020 Di Tengah Pandemi Covid-19

Jayapura – Bertempat di Stasiun TVRI Papua telah dilaksanakan Dialog Interaktif dengan Operasi Lilin Matoa tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19, Selasa (29/12/2020).

Hadir sebagai Narasumber yaitu Dirlantas Polda Papua yang diwakili oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Papua Kompol Damianus Dedy Susanto, S. IK, Kepala Jasa Raharja Provinsi Papua yang diwakili oleh Kabag Opsnal Jasa Raharja bapak Yoga C. Mambrasar serta Kabid Perhubungan Darat provinsi Papua bapak Nasiaput Itlay, SE., MM dan moderator saudari Rima Demensah. S. Kom.

Dalam kesempatannya Kabag Opsnal PT. Jasa Raharja mengatakan, PT. Jasa Raharja akan berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat pasca kecelakaan. Dimana kami juga mendukung program dari pemerintah terkait dengan asuransi kecelakaan.

Lanjut kabag Opsnal PT. Jasa Raharja, bahwa ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh PT. Jasa Raharja dalam mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Matoa-2020 diantaranya kami telah membagikan masker kepada masyarakat, memberikan Sosialisasi dan penyuluhan kepada Masyarakat terkait dengan prokes dan bahaya penyebaran Covid-19.

Ditahun 2021 kami akan tetap selalu memberikan sosialisasi kpd Masy terkait dengan pengurusan klaim kecelakaan lalu lintas, kami akan kerjasama dengan instansi terkait seperti kepolisian dan pihak kesehatan serta perhubungan. Kami juga meminta kapada Masyarakat untuk dapat selalu mentaati Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah seperti 3M (Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menggunakan Masker).

“Kami meminta kepada Masyarakat apabila melihat adanya kecelakaan di jalan raya agar segera melaporkan kepada pihak Kepolisian dan kami juga pasti akan menindaklanjuti laporan tersebut. Dari hasil data kami untk santunan uang yang kami berikan dari tahun 2019 hingga tahun 2020 turun sekitar 4, 01 persen atau sekitar 1, 2 milliar,” ucap Kabag Opsnal PT. Jasa Raharja.

Kabag Opsnal PT. Jasa Raharja dalam kesempatannya mengatakan untuk santunan akan diberikan langsung dari PT. Jasa Raharja kepada pihak korban namun ada beberapa persentase pemberian santunan sesuai dengan Undang undang 33 dan 34 tahun 1964 dan itu juga sesuai dengan hasil yang dikeluarkan oleh pihak kedokteran dalam hal ini rumah sakit serta didukung dengan adanya Laporan Polisi terkait dengan kecelakaan lalu-lintas.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Papua dalam kesempatannya mengatakan, Operasi Lilin Matoa-2020 ini merupakan operasi kemanusiaan yang mana tergabung oleh beberapa instansi dan masyarakat untuk membantu agar terselenggaranya perayaan Natal dan Tahun Baru aman dan kondusif serta terbebas dari wabah Covid-19.

Dalam pelaksanaan Operasi Lilin Matoa-2020 ini, kita tetap mensosialisasikan kepada Masyarakat terkait dengan Protokol Kesehatan yang telah dianjurkan oleh Pemerintah seperti 3M (Menjaga Jarak, Mencuci Tangan menggunakan sabun di air yang mengalir dan selalu Memakai Masker).

“Operasi Lilin Matoa-2020 juga berusaha untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Karena kita tahu bersama setiap tahun akan terjadi peningkatan baik itu jumlah manusia nya dan juga jumlah kendaraan di jalan raya. Dimana telah terjadi penurunan angka kecelakaan lalu-lintas di tahun 2020. Jika dibandingkan dengan tahun 2019 sebanyak 19 kecelakaan lalu lintas sedangkan ditahun 2020 sebanyak 16 kecelakaan lalu lintas,” ucap Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Papua.

Lanjut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Papua, saat ini kami lebih mengedepankan tindakan preventif dan preemtif dengan memberikan masker kepada masyarakat, kami juga mensosialisasikan Maklumat Kapolri tentang Kepatuhan terhadap protokol Kesehatan dalam pelaksanaan Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Dimana dalam Maklumat tersebut disebutkan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru untuk tidak menyelenggarakan pertemuan/kegiatan yang mengundang kerumunan.

Selain itu saya berharap melalui kegiatan ini masyarakat terutama para pengendara bermotor bisa terus mengenakan masker dan mematuhi Protokol Kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Wilayah Kota Jayapura.

Disamping itu, kami mengimbau kepada para orang tua untuk selalu mengendalikan anaknya dalam mengemudikan kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat. Dimana untuk anak di bawah umur 17 Tahun senidir belum bisa membawa kendaraan sebab belum mendapatkan SIM.

Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Provinsi Papua dalam kesempatannya mengatakan, Operasi Lilin Matoa tahun 2020 ini meliputi unsur Kepolisian, Jasa Raharja dan Dinas Perhubungan yang mana kita harus bersinergi sehingga dapat mensukseskannya.

“Untuk di tahun 2021, kami sangat mengharapkan kepada Masyarakat agar dapat mentaati peraturan lalulintas, seperti selalu membawa kelengkapan kendaraan, memakai helm standar serta mentaati rambu rambu lalulintas yang ada,” tutup Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Provinsi Papua.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan 3M disetiap beraktivitas guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments