Home FEATURED Wakapolda Papua Pimpin Upacara Wisuda Purnabakti Anggota Polri Dan PNS Polri Polda...

Wakapolda Papua Pimpin Upacara Wisuda Purnabakti Anggota Polri Dan PNS Polri Polda Papua

Jayapura – Bertempat di Mapolda Papua telah dilaksanakan Upacara Wisuda Purnabakti anggota Polri dan PNS Polri Polda Papua tahun 2020, Rabu (30/12).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Mathius D. Fakhiri didampingi Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua Ny. Eva D. Fakhiri, Pejabat Utama Polda Papua dan dihadiri oleh personil Polda Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakapolda Papua mengatakan, “Pada kesempatan yang berbahagia ini saya selaku Kapolda Papua mengucapkan terima kasih kepada para purnawirawan yang hadir pada kegiatan pagi hari ini meskipun dilaksanakan ditengah-tengah pandemi covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan tentunya kita berdoa mudah-mudahan wabah covid-19 segera berakhir dan kita semua dapat menjalankan kehidupan dalam keadaan normal.”

Kapolda dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakapolda mengatakan bahwa ia sangat bersyukur bisa melihat rekan-rekan yang memasuki masa pensiun dalam keadaan sehat wal’afiat, suatu apresiasi dari Polri yang telah melepas dengan hormat kepada Anggota Polri dan PNS Polri yang memasuki masa purnawirawan yang mana telah memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara khususnya Institusi Polri.

Kegiatan Wisuda Purnabakti yang telah dilakukan adalah merupakan wujud penghargaan yang tulus dan ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari segenap kesatuan dan rasa kecintaan bagi anggota yang memasuki masa pensiun atas pengabdian selama dinas aktif sampai mengakhiri masa purna tugas di Kepolisian Negara Republik Indonesia. Selain itu juga dimaksudkan sebagai pengikat tali persaudaraan serta ikatan batin para purnawirawan beserta keluarga terhadap anggota yang masih aktif sebagai generasi penerusnya.

Acara seperti ini akan ditradisikan secara rutin setiap tahun kepada para anggota yang akan memasuki purna tugas, baik di Mapolda Papua dan Polres Jajaran. Untuk diketahui bahwa tahun 2020 anggota dan PNS Polri Polda Papua yang pensiun sebanyak 86 orang terdiri dari Pamen 29 orang, Pama 31 orang, Bintara 17 orang dan PNS 9 orang.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pelaksanaan Tugas Polri sebagai Pemelihara Kamtibmas, Penegak Hukum, Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat merupakan suatu tugas mulia dalam rangka pengabdian sebagai Insan Bhayangkara. Pengabdian tersebut membutuhkan kerja keras, disertai Dedikasi dan Loyalitas yang tinggi dalam pelaksanaannya,” ucap Wakapolda.

Purna tugas juga dapat dipandang sebagai babak kehidupan baru yang pasti akan dijalani oleh setiap Anggota Polri, hendaknya disambut dengan suka cita dengan tetap menjaga Etos Kerja, Nama Baik Pribadi dan Citra Polri, serta senantiasa menjadi teladan bagi lingkungan masyarakat. Jati Diri Insan Polri tidak terbatas pada waktu menjalani kedinasan sebagai Anggota Polri namun harus tetap ditunjukan dalam bentuk Dedikasi dan Integritas dalam lingkungan masyarakat saat purna tugas nanti.

“Sebelum mengakhiri amanat ini, atas nama pribadi dan selaku Pimpinan Polda Papua menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mendukung penyelenggaraan acara ini. Demikian amanat saya, semoga tuhan yang maha esa merestui dan memberikan kekuatan kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara,” ucap Kapolda dalam amanat yang dibacakan.

Setelah sambutan kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah dan Penyerahan Cinderamata kepada Para Wisudawan Purnabakti Anggota dan PNS Polri T.A. 2020 Polda Papua oleh Wakapolda Papua.

Kegiatan diakhiri dengan acara Tradisi Pedang Pora dalam rangka Pelepasan Para Wisudawan Purnabakti Anggota dan PNS Polri T.A. 2020 Polda Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments