Home POLDA Pencanangan Perdana Vaksinasi Covid-19 Tingkat Provinsi Papua Di RSUD Dok II Jayapura

Pencanangan Perdana Vaksinasi Covid-19 Tingkat Provinsi Papua Di RSUD Dok II Jayapura

Jayapura – Bertempat di Depan Ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Dok II Jayapura Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura telah dilaksanakan pencanangan perdana Vaksinasi Covid-19 Tingkat Provinsi Papua, Jumat (15/10).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Kepala Pusat Pendidikan SDM Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Dr. Sugiyanto, S.Pd, M.App.Sc, PJS Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa, SH, Kabid Dokkes Polda Papua Kombes Pol. dr. Nariyana, M.Kes,  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Dr. Robby Kayame, SKM, M.Kes, Kepala Dinas Pendidikan dan Budaya Provinsi Papua L. Christian Sohilait, ST., M.Si, Kepala Satpol PP Provinsi Papua Welliam R. Manderi, Ketua IDI Wilayah Papua Dr. Donald Aronggear, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Aron Rumainum, Ketua Perhimpunan Patologi IDI Wilayah Papua Dr. Juliwati, Kasie Survival dan Imunisasi Dinkes Provinsi Papua Elianus Tabuni, Mgr., Msc dan Direktur RS. Provita Jayapura Dr. Stevanus Andi Pranata, MARS.

Pada laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Dr. Robby Kayame, SKM, M.Kes., mengatakan bahwa berdasarkan data terakhir penyebaran Covid-19 di Papua meningkat mencapai 14.000 kasus terkonfirmasi Covid-19, 8200 sembuh dan menjalani isolasi, namun terdapat 158 korban meninggal dunia.

Sebanyak 14.680 vaksin telah diterima oleh Pemerintah Provinsi Papua dan menurut petunjuk dari pusat diperuntukan ke tiga daerah dengan persentase penyebaran tertinggi yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mimika, yang mana pendistribusian vaksin saat ini terpusat di Kota Jayapura.

“Kami telah lakukan kordinasi dengan pemerintah di Kabupaten dan Kota untuk saat ini sudah terdaftar sebanyak 14 orang untuk melakukan vaksinasi perdana, dengan sukarela di vaksinasi terlebih dahulu, dengan dilakukan vaksinasi perdana ini diharapkan akan memberikan keberanian kepada masyarat Papua untuk bersedia melakukan vaksinasi,” Ucap Dr. Robby Kayame, SKM, M.Kes.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua menyatakan Pemerintah Provinsi Papua sudah mempersiapkan dan memberikan pelatihan kepada tenaga medis yang akan mengoperasikan vaksinasi pada tingkat pelaksanaan vaksinasi Kabupaten dan Kota.

Penyampaian Gubernur Provinsi Papua oleh PJS Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa, SH., memohon maaf atas ketidak hadiran bapak Gubernur yang tidak dapat mengikuti acara Pencanangan Perdana Vaksinasi Covid-19 tersebut.

Doren Wakerkwa, SH menyampaikan dengan jumlah angka sudah mencapai 14.000 kasus terkonfirmasi, Pemerintah Provinsi Papua terus mengencangkan dan mensosialisasi penerapan protokol kesehatan yaitu dengan 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak sehingga dapat menekan peningkatan terkonfirmasi covid-19 bagi penduduk yang ada di Papua.

Menurutnya, saat ini yang dapat dilakukan adalah mempercepat vaksinasi pada sasaran yang ada di seluruh Indonesia, Presiden Republik Indonesia telah memerintahkan agar vaksinasi Covid-19 sekarang di mulai dan dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air termasuk Papua.

“Kita perlu berbagi dan kita perlu berbahagia karena saat ini vaksin covid-19 tahap pertama jenis Sinovac sudah diterima oleh Provinsi Papua, untuk selanjutnya diberikan kepada tenaga kesehatan yang menjadi prioritas dengan jumlah vaksin yang sudah diterima pada tahap pertama adalah sebanyak 14.680 dosis dan akan diberikan mulai pada bulan Januari hingga bulan Maret 2021 serta telah didistribusikan ke Kabupaten dan Kota prioritas dengan jumlah terkonfirmasi/terdampak tertinggi,” Jelas PJS Sekda Provinsi Papua.

Diketahui untuk sasaran pertama di kota Jayapura sebanyak 3.454, Kabupaten Jayapura sebanyak 1.343 dan Kabupaten Mimika sebanyak 2.449 orang, masing-masing tenaga kesehatan akan mendapatkan dua kali penyuntikan pada 14 hari dari penyuntikan pertama.

“Kita harus meyakini bahwa vaksin Covid-19 Ini aman dan akan bermanfaat bagi kita semua, dimana vaksin Sinovac ini sudah mendapatkan izin penggunaan dan penyaluran dari Badan POM Indonesia dengan persentase keberhasilan sebesar 63,5% dari standar sebesar 50% dan telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia sehingga sangat layak untuk digunakan,” Ujar Doren Wakerkwa, SH.

 

PJS Sekda Provinsi Papua mewakili Pemerintah Provinsi Papua dan mayarakat Papua mengucapkan terimakasih kepada para relawan atas partisipasi yang telah bersedia dengan suka rela untuk melakukan vaksinasi perdana.

Diketahui Pemerintah Provinsi Papua telah melakukan segala daya upaya dan mensosialisasikan pentingnya imunisasi/vaksinasi ini dalam melindungi masyarakat Papua dari Covid-19 sehingga diharapkan kepada seluruh pihak membantu mensosialisasikan dan menyampaikan berita yang baik tentang pelaksanaan vaksinasi.

“Perlu kita ketahui bahwa imunisasi atau vaksinasi saja tidak akan cukup untuk melindungi diri dari Covid-19 tetapi akan membantu menurunkan resiko tertular, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Jika kesehatan terjaga kuat maka perekonomian juga akan menguat untuk itu Patuhi Protokol kesehatan yang sangat penting bagi seluruh umat manusia termasuk di provinsi Papua,” Pungkas Doren Wakerkwa, SH.

PJS Sekda Provinsi Papua tersebut mengungkapkan satu perwujudan pembangunan seluruh kerjasama masyarakat di Provinsi Papua dengan suksesnya pelaksanaan vaksinasi ini karena seluruh komponen yang ada di Papua bekerja sama dengan baik untuk menyampaikan kepada masyarakat.

“Sebagai perwakilan Pemerintah Provinsi Papua, sebagai Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan masyarakat Papua menyampaikan terima kasih kepada para relawan yang bersedia dilakukan vaksinasi terlebih dahulu, orang yang sudah pernah terkena virus maka akan kebal dan vaksinasi ini hanya untuk orang yang belum terkena virus sehingga kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat dan kebal dengan virus Covid-19, dengan vaksinasi ini diharapkan dapat menyelamatkan masyarakat Papua,” Tutup PJS Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa, SH.

Selanjutnya dilakukan Vaksinasi Virus Covid-19 (Sinovac) terhadap para relawan dimulai Pangdam XVII/Cenderawasih, Kepala Dinas Pendidikan dan Budaya Provinsi Papua, Kabid Humas Polda Papua, dan para relawan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments