Unjuk Rasa 7 Marga Di DPRD Kab. Mimika Dijaga Ketat Aparat Kepolisian

1

Mimika – Ratusan warga dari 7 marga yang mengaku sebagai pemilik hak ulayat Galian C, kali iwaka diantaranya Beanal, Bukaleng, Dimpau, Jangkup, Janampa, Omaleng dan Abugau, mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika, yang diterima langsung ketua DPRD Kab. Mimika Roby Kamaniel Omaleng, Senin (25/01).

Masyarakat yang mendatangi kantor DPRD menyampaikan tuntutan berdasarkan rekomendasi lemasa no 032/rek/BPS/Lemasa/V/2016 Pemda Mimika bertanggung jawab atas galian C di kali iwaka segera mencabut izin usaha.

“Hari Jumat kita sudah pertemukan, kita tdk mau perang, semua merupakan keluarga. Pemerintah Kabupaten Mimika segera cabut izin usaha kali iiwaka dan bekukan surat izin beroprasi,” ujar koordinator aksi Meki Dimpau.

Lanjutnya kami mendesak, pemerintah dalam hal ini Bupati dan DPRD dengan melibatkan dua suku besar Amungme dan Kamoro untuk duduk bersama dengan pemilik tanah segera membuat patok batas wilayah.

“Pemerintah daerah pengusaha kontraktor yang masuk harus ada rekomendasi dari pemilik adat segera melakukan Perda atas kali iwaka,” jelasnya.

“Apabila 7 poin ini tidak diakomodir maka semua pihak akan bertanggung jawab apabila terjadi konflik horisontal. Kami tidak mau ada pertumbuhan darah,” terangnya.

Sebelum melakukan aksinya masa berkumpul di Kompleks Jayanti Kuala Kencana kemudian bertolak ke jalan Cendrawasih dan melakukan jalan kaki hingga ke Kantor DPRD Mimika. Maka langsung disambut ketua DPRD Mimika Robby Kamaniel Omaleng bersama staf dan anggota DPRD lainya dibawah pengawalan Kepolisian Resort Mimika.

Ketua DPRD Mimika Robby Omaleng, mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan sehingga akan dijadwalkan Selasa 26 Januari 2021 pukul 10.00 WIT akan digelar rapat jejak pendapat antara DPRD Mimika dihadiri Lembaga adat Lamasa dan lemasko bersama perwakilan masyarakat.

“Kami siap untuk menindak lanjuti apa  yang disampaikan oleh koordinator dan ini menjadi atensi karena situasi, maka kita hindari kerumunan masa,” ujar Robby.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK menyampaikan terima kasih kepada masa yang melakukan aksi damai dengan mengunakan masker maka diminta untuk kembali dengan tertib tidak menggangu penguna jalan lainya.

Hempy.

(HMS:ARP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.