Home POLDA Biro Rena Video Conference Refocussing Dan Realokasi Anggaran Belanja Barang Serta Belanja Modal Polda...

Video Conference Refocussing Dan Realokasi Anggaran Belanja Barang Serta Belanja Modal Polda Papua Tahun Anggaran 2021

Jayapura – Bertempat di Aula Rastra Samara telah dilaksanakan Video Conference Refocussing dan Realokasi Anggaran Belanja Barang serta Belanja Modal Polda Papua T.A 2021 yang dipimpin oleh Karo Rena Polda Papua Kombes Pol Novi Irawan S.I.K., M.H, Senin (01/02/2021).

Dalam kesempatannya Karo Rena Polda Papua mengatakan, Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita sekalian masih di berikan kesempatan dan kekuatan untuk mengikuti kegiatan Vicon. Dalam rangka Refocusing dan Realokasi Belanja Barang serta  Modal Polri T.A. 2021.

“Polri telah menindaklanjuti Refocussing dan Realokasi belanja melalui penghematan Anggaran Dipa Polri T.A. 2021 untuk mendukung pengadaan vaksin dan program vaksinasi Nasional Tahun 2021 guna penanganan pandemi Covid-19 dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi Nasional,” ucap Karo Rena.

Karo Rena mangatakan penghematan belanja dalam Refocussing dan Realokasi Belanja Polri T.A. 2021 difokuskan pada belanja yang bersumber dari rupiah murni seperti beberapa kegiatan operasional kepolisian dari kegiatan yang belum dikontrakkan atau kegiatan yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan, serta kegiatan yang tidak mendesak/dapat ditunda/dibatalkan.

Dalam kesempatannya Kabag Renprogar Edison Markus Kawer S.E mengatakan, Kita akan melaksanakan penghematan belanja yang bersumber dari rupiah murni pada jenis belanja barang dan belanja modal.

“Sosialisasi program dan kegiatan yang telah dilakukan penghematan kepada Satker/Subsatker di jajaran tingkat Polda/Polres serta  memastikan tidak terjadinya pagu minus belanja barang/modal setelah dilaksanakan penghematan,” Kabag Renprogar.

Lanjut Kabag Renprogar bahwa “Mengindentifikasi pagu penghematan belanja barang dan modal serta melaksanakan exercise penghematan pagu alokasi anggaran T.A. 2021 di tingkat Satker serta menginput hasil exercise ke dalam Aplikasi Sakti.”

Membuat Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) oleh Kasatker Sebagai kelengkapan dokumen pendukung usulan revisi.

Pelaksanaan Refocussing dan Realokasi anggaran belanja diinput menggunakan Aplikasi Sakti, untuk itu masing-masing Satuan Kerja sementara waktu menunda semua usulan Revisi Rka-K/L Dipa Satker T.A. 2021 sampai dengan selesainya proses revisi di Ditjen Anggaran Kemenkeu.

Alokasi pagu penghematan dan pemotongan yang telah dijabarkan dalam aplikasi sakti tidak diperkenankan untuk dicairkan atau digunakan, hal ini guna menghindari terjadinya pagu minus.

“Para Pejabat Fungsi Perencanaan Satker (Kasubbagrenmin/Kabaren), segera berkoordinasi dengan staf rorena tentang besaran alokasi anggaran masing-masing Satker yang akan mengalami pemotongan anggaran perprogram sebagaimana yang telah ditetapkan Mabes Polri,” tutup Kabag Renprogar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments