Home POLDA Dit Binmas Dir Binmas Polda Papua Hadiri Acara Syukuran Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-40...

Dir Binmas Polda Papua Hadiri Acara Syukuran Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-40 Satuan Pengamanan

Jayapura – Bertempat di Hotel Horison Entrop telah dilaksanakan Acara Syukuran Peringatan Hari Ulang Tahun ke – 40 Satuan Pengamanan, dengan tema “Meningkatkan Profesionalme dan Kompetensi Satuan Pengamanan Menjadi Profesi yang Membanggakan”, Selasa (02/02).

Hadir dalam kegiatan terebut, Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol. Gatot Aris Purbaya, S.Ik, Dir Intelkam Polda Papua Kombes Pol. Guntur Agung Supono, S.Ik, Ketua Panitia Hut Satpam, Ketua umum BPD Abujapi Papua dan tamu undangan.

Acara Syukuran HUT Satpam yang ke 40 diawal dengan sambutan dari Kabaharkam Polri yang dibacakan oleh Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan SIK, MH mengatakan, pada momen hari perayaan HUT Satuan Pengamanan ke 40 ini saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Satpam dan pengurus jasa pengamanan serta segenap stakeholder terkait untuk segenap pengamanan.

Eksistensi Satpam saat ini tidak lepas dari sejarah terbentuknya oleh Jenderal Polisi (Purn) Prof. DR. Awaloedin Djamin sebagai bapak pendiri Satuan Pengamanan yang telah berjasa besar dalam membentuk Satpam sebagai sebuah profesi yang luhur dan mulia.

Dalam pelaksanaan tugas dilapangan, Satpam sebagai Mitra Polri bertugas untuk memelihara Kamtibmas karenanya Profesionalisme Satpam harus terus ditingkatkan dengan memiliki kompetensi profesi sehingga kualitas dari setiap personil Satpam diharapkan mampu mengatasi setiap gangguan keamanan dilingkungan kerjanya.

Selain itu dengan kualitas yang dimiliki kontribusi satpam sebagai pendukung pemerintah khususnya untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dilingkungan kerjanya akan mengundang terciptanya iklim investasi yang bagus secara nasional.

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam sambutanya yang dibacakan oleh Dir Binmas Polda Papua menyampaikan pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur Kehadirat Tuhan yang maha kuasa karena atas rahmat dan karunianya kita bisa hadir di sini untuk mengikuti Upacara HUT Satpam Ke-40 secara Virtual oleh mabes Polri dengan Tema “Tingkatkan Profesionalisme dan Kopetensi Satuan Pengaman Menjadi Profesi Yang Membanggakan dan Bermartabat”.

Sebagaimana kita ketahui bersama sejak tanggal 5 Agustus tahun 2020 Peraturan Kepolisian Nomor 4 tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa pengganti Perkap 24 tahun 2007 telah di sahkan. Dimana Peraturan Kepolisian Nomor 4 ini selain mengatur Pengamanan Swakarsa juga mengatur tentang seragam dan atribut Satpam yang baru kita saksikan bersama.

Untuk itu diwajibkan kepada seluruh pimpinan BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan) untuk segera menyesuaikan seragam yang baru maksimal 1 tahun sejak tanggal di keluarkan Perpol ini atau paling lambat tanggal 5 agustus 2021 seluruh satpam sudah menggunakan seragam dan atribut yang terbaru dan tentunya melalui mekanisme yang sesuai dengan Perpol 4 tahun 2020.

Adapun empat filosofi kemiripan seragam Satpam dan Polri yaitu terjalin kedekatan emosional Polri dan Satpam, menumbuhkan kebanggaan Satpam sebagai pengemban fungsi Kepolisian terbatas, mewakilkan profesi satpam dan menambah pengelaran fungsi Kepolisian di tengah-tengah Masyarakat.

Oleh karena itu, saya berpesan kepada seluruh anggota Satpam di wilayah Polda Papua dapat melaksanakan tugas sesuai yang di harapkan oleh Pengguna Jasa Kalian. Laksanakan tugas sesuai ketentuan. Pupuk rasa kebersamaan dan disiplin, loyal dalam melaksanaan tugas serta mampu menunjukan kinerja yang baik dan selalu jaga martabat harga diri kalian sebagai anggota Satpam melalui sikap, perilaku dan perbuatan kalian.

Sambutan Gubernur Papua yang di wakili oleh Staf ahli Gubernur Papua Bid Kemasyarakatan dan SDM Elsye Pe Rumbekwan S.Pi,M.Si dalam kesempatanya menyampaikan bahwa dalam berbagai aspek kehidupan manusia kita semua membutuhkan rasa aman, nyaman dan tertib supaya kita semua dapat bekerja, anak sekolah dapat belajar dan kita masing masing dapat melakukan aktivitas kita sesuai tanggung jawab kita dengan enjoy sehingga kita bisa menghasilkan sesuatu yang produktif.

Soal menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan tertib bukan hanya menjadi tanggung jawab Polisi namun tanggung jawab dari berbagai pihak oleh sebab itu perlu dukungan masyarakat yang tergabung dalam institusi yang dibentuk oleh negara salah satunya Satuan Pengamanan. Dan juga ada beberapa usaha pengamanan yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dilingkungan masing masing

Tujuan Satuan Pengaman yaitu membantu tugas Kepolisian menyelenggarakan keamanan dan ketertiban dilingkungan atau tempat kerja masing masing lingkungan aktivitas sosial, baik itu dalam aspek pengamanan fisik, bangunan dan fasilitas negara. Oleh sebab itu Anggota Satuan Pengamanan dalam melaksanakan tugasnya dituntut mampu dan tulus ikhlas melindungi serta mengayomi lingkungannya dan tempat kerjanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan pemukulan tifa oleh Dir Binmas Polda Papua, di dampingi Dir Intel Polda Papua, Ketua panitia Hut Satpam dan Ketua umum BPD Abujapi Papua.

(HMS:ARP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments