Home POLDA Biro SDM Dialog Interaktif Polisi Menyapa Dengan Tema Persiapan Psikologi Calon Siswa Bintara Noken...

Dialog Interaktif Polisi Menyapa Dengan Tema Persiapan Psikologi Calon Siswa Bintara Noken Polri 2021

Jayapura – Bertempat di Studio RRI Pro 1 Jayapura Biro SDM Polda Papua melaksanakan kegiatan Dialog Interaktif Polisi Menyapa dengan tema “Persiapan Psikologi Calon Siswa Bintara Noken Polri 2021”. Kamis (04/02/2021).

Hadir sebagai Narasumber yakni Kabag Psi Biro SDM Polda Papua AKBP Penri Erison S,pd, M.M., Paur Psipers Biro SDM Polda Papua Iptu Rini Dian Pratiwi, M.Psi., Psikolog, Kasubbag Psipers Bag Psi Ro SDM Polda Papua Pembina Nurlaily Ismahati, S.Psi.

Kabag Psi Biro SDM Polda Papua dalam kesempatanya menyampaikan kepada seluruh warga masyarakat Papua yang memiliki Putra dan Putri yang berminat mendaftarkan diri menjadi anggota Polri dalam Rekrutmen Bintara Noken Polri 2021, silahkan mempersiapkan diri dengan baik dari jauh-jauh hari agar ketika melaksanakan Tes, sudah siap sehingga bisa mendapat hasil yang baik dan hal yang perlu di persiapkan adalah seperti Kesehatan, Jasmani, Latihan Psikologi.

“Selain itu dalam proses Rekrutmen Bintara Noken ini juga nantinya banyak kebijakan kebijakan yang di berikan oleh Pimpinan kita yaitu Bapak Kapolda Papua kepada adek adek kita yang yang tergolong OAP (Orang Asli Papua) sehingga ini menjadi peluang yang sangat baik tentunya, Kebijakan ini juga dilakukan untuk mengakomodir anak-anak asli Papua untuk bisa di terima menjadi anggota Polri,”  ujar Kabag Psi.

Paur Psipers Biro SDM Polda Papua dalam kesempatanya menyampaikan bahwa Tes Psikologi sendiri itu nantinya ada tiga tahap yang akan di ujikan dan ini adalah inti dari Tes Psikologi yaitu pertama adalah Kecerdasan, Kepribadian, dan Sikap Kerja ini adalah Indikator yang mampu mengukur kepribadian seseorang untuk siap atau tidak menjadi anggota Polri.

“Itu menjadi Standar Utama karena setiap orang pasti memiliki kecerdasan yang berbeda beda tergantung dengan karakter masing masing karena di Polri memiliki standar tertentu yang sudah di tetapkan dari Mabes Polri dari situlah tolak ukur apakah anak tersebut mampu untuk menjadi anggota Polri,” terang Paur Psipers.

Paur Psipers menambahkan tiga hal inilah yang menjadi dasar untuk menjadi anggota Polri dari segi Psikologi namun perlu kami perjelas bahwa kecerdasan itu bisa di latih dengan cara belajar dengan giat dan rutin sehingga kembali lagi kepada individu masing masing apakah dia mau berlatih atau tidak untuk itu kepada adek adek agar mempersiapkan diri dengan baik.

Kasubbag Psipers Bag Psi Ro SDM Polda Papua menjelaskan, mengenai standar Proses Rekrutmen Bintara ini memang dari Mabes Polri sudah memberikan standar berdasarkan karakter di wilayah tertentu seperti di Papua, Papua Barat, dan Maluku, itu memiliki standar nilai yang berbeda dari Provinsi lain yang ada di Indonesia.

“Hal ini di bedakan dengan melihat kondisi Psikologis masyarakat di daerah itu sendiri artinya bahwa Norma yang di berikan itu sudah di sesuaikan dengan karakter daerah tersebut. Kemarin Bapak Karo SDM bersama tim dari sekertariat sudah mensosialisasikan bahwa yang lebih di utamakan adalah Aspek Kepribadian di antaranya adalah Kesetiaan, Kejujuran dan Loyalitas,” jelas Kasubbag Psipers Bag Psi Ro SDM.

Untuk itu kepada adek-adek yang bercita cita menjadi anggota Polri sudah bisa di latihkan Kepribadian diri dari jauh jauh hari karena ketika tes itu akan terlihat dari proses tes yang di jalani. Saya tegaskan juga bahwa pada saat melaksanakan Tes Psikologi dan tidak memenuhi syarat itu bukan berarti tidak pintar tapi Profil orang tersebut tidak cocok menjadi anggota Polri mungkin lebih cocok dan baik di instansi lain di luar Kepolisian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments