Home POLDA Dit Binmas Dialog Interaktif RRI Dengan Tema Operasi Bina Kusuma Matoa 2021

Dialog Interaktif RRI Dengan Tema Operasi Bina Kusuma Matoa 2021

Jayapura – Bertempat di Studio RRI Pro 1 Jayapura telah dilaksanakan kegiatan Dialog Interaktif dengan tema “Operasi Bina Kusuma Matoa 2021” dengan Narasumber Wadir Binmas Polda Papua AKBP Yamin Dian Priono S.IK. Kamis (18/03).

Dalam kesempatannya Wadir Binmas Polda Papua mengatakan, Operasi Bina Kusuma Polda Papua 2021 adalah Operasi Kepolisian yang bersifat mandiri kewilayahan yang artinya Operasi ini dilakukan oleh personil satuan wilayah yang ada di jajaran Polda Papua. Operasi ini berbeda dengan Operasi-operasi Kepolisian terpusat yang lainnya, seperti Operasi Ketupat maupun Operasi Lilin dimana Operasi kali ini bersifat mandiri wilayah dimana hanya dilakukan oleh satuan jajaran Polda Papua.

Adapun sasaran dari pelaksanan Operasi Bina kusuma ialah menekan angka premanisme maupun gangguan Kamtibmas lainnya, sehingga targetnya merupakan orang maupun kegiatan.

“Dasar dari pelaksanaan Operasi Bina Kusuma Matoa 2021 ini tentunya berdasarkan Perkap 1 tahun 2019 tentang sistem manajemen operasional Polri, dimana dijelaskan bahwa kegiatan Operasional Polri harus ada tenggang waktu atau bisa dibilang harus ditentukan waktunya berapa lama. Sehingga pelaksanaan teknis operasi ini dilaksanakan kurang lebih 15 hari bagaimana yang telah dijelaskan mulai dari tanggal 10-25 Maret 2021,” ungkap Wadir Binmas Polda Papua.

Sebelum dilaksanakannya kegiatan Operasi Bina Kusuma ini, telah dilaksanakan kegiatan Latihan Pra Operasi. Kegiatan latihan pra-operasi tersebut bertujuan agar seluruh personil yang terlibat dalam kegiatan pelaksanaan operasi dapat memahami betul kaitannya dengan masalah cara bertindak teknis maupun taknis sehingga tidak salah sasaran dan hasilnya pun lebih optimal.

Lanjut Wadir Binmas bahwa operasi Kepolisian Bina Kusuma ini sifatnya memelihara Kamtibmas, dimana pola penindakan cenderung lebih mengedepankan upaya Pre Emptif dan Preventif. Dimana Operasi ini melakukan pendekatan non justicial dengan melakukan tatap muka, penyuluhan, pembinaan kepada masyarakat yang saat ini belum memiliki identitas, tidak memiliki pekerjaan.

Dengan sistem Operasi yang dilakukan secara serentak di 23 kabupaten di wilayah Polda Papua ini diharapkan dapat memberikan perubahan ataupun outcome yang positif yang timbul di tengah-tengah masyarakat. Pelaskanaan kegiatan Operasi ini juga bertujuan untuk memberikan Kamtibmas yang kondusif menjelang pelaksanaan bulan suci ramadhan pada bulan depan.

“Operasi ini juga berkaitan dengan salah satu faktor timbulnya aksi premanisme. Pendekatan dengan masyarakat juga dilakukan dengan melakukan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak saat memberikan pemahaman kepada sasaran,” jelas Wadir Binmas Polda Papua.

Disamping melakukan pendekatan kepada masyarakat, kami juga memberikan sarana kontak karena kami paham betul sejak Covid-19 banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya sehingga beberapa orang dengan terpaksa melakukan aksi premanisme demi memenuhi kebutuhan hariannya. Sarana kontak diberikan juga diharapkan masyarakat bisa menerima dan cukup paham dengan imbauan yang personil berikan.

“Direktorat Binmas Polda Papua dalam hal ini Operasi bina kusuma juga menggandeng tokoh-tokoh masyarakat, adat maupun ondoafi dimana diharapkan dapat memberikan bantuan kepada personil Operasi Bina kusuma untuk memberikan informasi dan juga membantu membina masyarakat di wilayah tempat tinggal masing-masing,” ucap Wadir Binmas Polda Papua.

Sebelum dilakukan operasi ini, telah dilakukan pemetaan ataupun mapping dimana telah diselidiki tempat dimana saja yang akan menjadi sasaran untuk dilakukan penyuluhan dan pembinaan. Sasaran Operasi ini dialah di tempat–tempat yang dinilai ada aksi premanisme seperti pelabuhan, pasar, maupun di pusat perbelanjaan.

“Dengan dilaksanakannya Operasi Bina Kusuma Matoa Tahun 2021 ini, diharapkan dapat menekan jumlah angka kejahatan yang terjadi di Wilayah Hukum Polda Papua, sehingga dapat berdampak pada stabilitas kamtibmas terutama dimasa pandemi covid-19 yang melanda saat ini,” tutup Wadir Binmas Polda Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments