Dialog Interaktif TVRI Dengan Tema Penyelenggaraan Multi Event Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Papua

4

Jayapura – Bertempat di Stasiun Lpp TVRI Papua telah dilaksanakan kegiatan Dialog Interaktif dengan tema “Penyelenggaraan Multi Event pada Masa Pandemi Covid-19 di Papua”. Kamis (18/03).

Hadir sebagai narasumber yakni, Karo Ops Polda Papua Kombes. Pol. Jeremias Rontini S.IK., M.Si, Wakil Sekretaris II PB PON XX Papua Longginus Sangu S.Sos dan Wakil Sekretaris I PB PEPARNAS XVI Papua Timotius Matuan.

Dalam kesempatannya Karo Ops Polda Papua mengatakan, seluruh petugas keamanan terutama Polri akan di posisikan dekat dengan venue pertandingan, sehingga apabila dalam pertandingan satu cluster ada 5 cabang maka 5 cabang itu akan kita akan berikan pengamanan dengan maksimal sesuai dengan prosedur pengamanan.

“Jumlah personil yang kami turunkan sebanyak 9059, diharapkan dapat memaksimalkan pengamanan saat terselenggaranya PON XX Papua dan di masa pandemi saat ini, saya berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Karo Ops.

Lanjut Karo Ops bahwa dari hasil pelaksanaan yang ini, kami berhasil mengamankan sebanyak 40 (empat puluh) pelanggar yang dimana kebanyakan pelanggaran berupa tidak memiliki surat-surat berkendara seperti SIM maupun STNK, dan untuk sementara kendaraan bermotor tersebut kita amankan di Mako Polres Puncak Jaya.

Wakil Sekretaris II PB PON XX Papua dalam kesempatannya mengatakan, penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional ke 20 (PON) seyogyanya dilaksanakan pada tahun 2020 tetapi dikarenakan adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan penyelenggaraan PON mengalami penundaan hingga oktober 2021 sesuai dengan ratas (rapat terbatas) di Jakarta.

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo telah memutuskan bahwa  di Papua akan tetap dilaksanakan pada bulan Oktober tanggal 2 s.d 15 Oktober 2021.

Dari segi infrastruktur pendukung PON, pemerintah telah mengeluarkan 2 kali Inpres (intruksi presiden) no 10 tahun 2017 kemudian Inpres no 1 tahun 2020 tentang upaya perpercepatan persiapan penyelenggaraan Pon tahun 2021.

Kami telah menyiapkan Infrastruktur untuk 30 Cabor secara keseluruhan sebanyak 43 venue yang tersebar di 4 cluster yakni 6 venue Kota Jayapura,13 venue di Kabupaten Jayapura, 9 venue di Kabupaten Mimika, 5 venue di Kabupaten Merauke dan beberapa venue lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.