Home POLDA Wakapolda Papua Pimpin Pembukaan Rakernis Bid Humas Polda Papua T.A. 2021 Dan...

Wakapolda Papua Pimpin Pembukaan Rakernis Bid Humas Polda Papua T.A. 2021 Dan Berikan Penghargaan Kepada Polres Jajaran

Jayapura – Bertempat di Aula Rastra Samara Polda Papua, telah dilaksanakan kegiatan Rakernis Bid Humas Polda Papua T.A. 2021 dengan tema “Peran Humas Polri dalam pemantapan komunikasi publik guna mendukung pelaksanaan PON XX Tahun 2021 dan Sitkamtibmas yang aman dan kondusif”, Kamis (18/03).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto S.IK., M.Si, didampingi Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Alfred Papare, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal SH, PJU Polda Papua dan para peserta Rakernis sebanyak 30 orang.

Dalam sambutannya Wakapolda Papua mengatakan, kegiatan yang kita selenggarakan ini sangatlah penting, mengingat sekarang ini tuntutan masyarakat kepada Kepolisian menjadi semakin meningkat, khususnya jajaran Humas Polri. Karena saat ini, bisa dikatakan jajaran Humas Polri adalah satu-satunya Polisi berseragam yang hadir di dunia maya.

“Tugas Humas saat ini sudah bukan lagi sekedar menjadi juru bicara, bukan hanya sekedar menjaga citra Polri, melainkan juga dibebani tugas tambahan untuk menjaga situasi kamtibmas didunia maya tetap terjaga. Kita harus bangga dan mempunyai komitmen penuh dengan amanah ini. Rekan-rekan Humas harus menyadari bahwa ada tugas berat yang sedang menanti kita dan juga memberikan keyakinan serta kebanggaan bahwa pada dasarnya rekan-rekan yang ada disini adalah orang – orang pilihan yang diharapkan mampu mengatasi keadaan didunia maya. Karena sudah tidak dapat dipungkiri lagi situasi yang terjadi didunia maya, berdampak kepada situasi didunia nyata,” ucap Wakapolda Papua.

Lanjut Wakapolda bahwa sebagaimana kebijakan organisasi Polri bahwa Humas Polri tidak lagi menjadi fungsi pendukung namun menjadi fungsi utama. Sesuai dengan kebijakan utama Presisi Kapolri yang menempatkan pemantapan komunikasi publik sebagai program prioritas. Hal ini sama dengan apa yang pernah disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, bahwa peran Humas dewasa ini sangat penting. Pemerintah sendiri memerlukan peranan humas untuk menyukseskan program – program yang dijalankan, baik membangun citra positif dan mensosialisasikan prestasi kepada publik menjadi tugas utama humas agar terbangun kepercayaan dan reputasi suatu lembaga.

Oleh karena itu, Bidhumas sebagai pengembang tugas untuk menyelenggarakan fungsi hubungan masyarakat dilingkungan Polri harus menyesuaikan kebijakan tersebut dengan melakukan berbagai strategi Humas Polri, terutama untuk menghadapi perkembangan teknologi informasi baik di dunia maya maupun kecepatan pemberitaan melalui dunia mainstream. Hal ini pasti berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan Harkamtibmas.

Pada tahun 2021, di Provinsi Papua akan menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke- 20. Pelaksanaan PON tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana saat ini kita masih hidup berdampingan dengan covid-19. Namun, pandemi ini bukan menjadi penghalang masyarakat untuk ikut mensukseskan pelaksanaan PON XX di Papua. oleh karena itu, PON tetap dilaksanakan yang tentunya dengan disiplin protokol kesehatan. dengan kondisi seperti sekarang ini, Polri tentunya mengemban tugas ekstra. Ditengah pandemi saat ini kita harus melihat kerawanan kamtibmas yang terjadi baik dari dunia maya maupun dunia nyata, terlebih saat menjelang dan saat pelaksanaan PON XX Tahun 2021.

Kabid Humas Polda dan Jajaran adalah garda terdepan dalam menyampaikan situasi sebenarnya kepada masyarakat, mengklarifikasi fenomena dan peristiwa yang menyangkut keamanaan dan ketertiban, mengkonter isu, dan sebagai tonggak citra Kepolisian. Dalam situasi pandemi saat ini, Humas Polri memanfaatkan manajemen media sebagai wadah untuk mengajak, mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan.

Saat ini, seluruh elemen bangsa tengah berjuang memerangi pandemi Covid-19. Polri bersama kementerian dan lembaga tentunya sangat proaktif dalam menjalankan peran masing-masing. Ada begitu banyak tantangan yang kita hadapi, oleh karena itu kita dituntut untuk berinovasi tinggi dalam menghadapi segala tantangan. Polri sendiri terkhusus Humas Polri melalui manejemen media telah melakukan berbagai upaya salah satunya yaitu melakukan klarifikasi dan penerangan kepada masyarakat, pembuatan narasi rilis yang efektif dan informatif terkait situasi kamtibmas, dan menjalin kemitraan dengan kementerian dan lembaga, ini berada dalam bidang Penerangan Masyarakat (Penmas).

Kemudian dalam hal peliputan, Humas Polri dalam Bidang PID melakukan dokumentasi dan pengolahan data. Selanjutnya pada bidang multimedia, kami gencar melakukan diseminasi media digital dalam menjaga kondusifitas kamtibmas dengan membuat konten-konten kreatif, edukatif dan informatif serta melakukan pemantauan dan analisa sebagai bahan pencegahan kejahatan siber.

Sudah kita ketahui bersama bahwa media sosial dapat dijadikan sebagai media untuk melakukan kejahatan. Media sosial juga ternyata efektif digunakaan untuk melakukan propaganda ataupun menjatuhkan citra seseorang ataupun organisasi dengan menyebarkan berita atau informasi yang tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Banyak orang ataupun organisasi yang merasa dirugikan dengan adanya penyebaran berita atau informasi yang cenderung tendensius dan memojokan. Hal ini juga dirasakan oleh organisasi Polri yang bertugas sebagai penegak hukum, memelihara kamtibmas dan pelayan masyarakat.

Kondisi tantangan dan ancaman sebagaimana diuraikan di atas, saat ini semakin diperparah dengan perkembangan teknologi informasi yang menampilkan kecepatan, kebebasan dan keterbukaan informasi publik tanpa batas (borderless) dan tidak memperhatikan kaidah-kaidah serta norma-norma yang dijunjung tinggi oleh bangsa indonesia selama ini. pernyataan ataupun pendapat yang dituangkan secara bebas melalui media sosial telah menyasar kedalam berbagai aspek kehidupan tanpa mampu menyaring dan menelaah sejauh mana kebenaran dan keakuratan informasi tersebut.

Permasalahan ini menjadi semakin kompleks ketika regulasi dan aparat penegak hukum tidak dapat menampilkan kehadiran negara dalam melindungi bangsa dan warga negaranya. polri menyikapi kondisi tersebut dan dalam menghadapi perkembangan ke depan perlu dilakukan upaya pencegahan, yaitu dengan suatu pola penanganan dari tindakan reaktif menjadi proaktif (proactive policing), sehingga pada akhirnya dari aspek polri dapat tercipta situasi kamtibmas yang kondusif. Agenda kamtibmas tahun 2021, memerlukan sosok agen kehumasan yang mampu meredam adanya konflik yang akan terjadi di wilayahnya masing-masing.

Peran Humas Polri diharapkan mampu menjaga citra baik Polri melalui pengontrolan isu yang berkembang di tengah masyarakat. Dalam kesempatan ini, saya menegaskan kembali bahwa kita harus bersinergi dalam menciptakan pelaksanaan PON XX tahun 2021 dan situasi kamtibmas ditengah pandemi agar tetap berjalan dengan sehat, aman dan kondusif.

Dalam kesempatan ini juga saya mengucapkan selamat kepada Polres yang menerima penghargaan atas prestasi kinerja subbag humas yang aktif dalam viralisasi, pembuatan meme, video dan link berita di media online yaitu Polresta Jayapura Kota, Polres Merauke, Polres Tolikara, Polres Jayawijaya dan Polres Nabire.

Sebagaimana yang telah saya sampaikan diatas, dalam kesempatan Rakernis Bidhumas Polda Papua T.A. 2021 ini ada beberapa hal yang menjadi penekanan sebagai yakni Humas Polda dan Polres Jajaran harus aktif dalam pemberitaan, membuat video dan meme, viralisasi konten positif kegiatan Kepolisian. Terkait masa pandemi Covid-19, sosialisasi Protokol Kesehatan (prokes) untuk lebih ditingkatkan, sosialiasi 3 M 1 T dan siap di vaksin, agar masyarakat tetap sehat dalam kehidupan sehari-hari dan masyarakat siap untuk melaksanakan vaksin.

Humas Polri harus mampu mendorong kebijakan Presisi Kapolri yaitu pemantapan komunikasi publik agar tetap terjalin situasi kondusif di dunia maya maupun nyata dan perlu saya tegaskan kepada seluruh anggota untuk melaksanakan Program Prioritas Kapolri dengan sebaik-baiknya agar situasi kamtibmas tetap terjaga dengan baik.

Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik, sehingga nantinya kegiatan Rakernis Bidhumas ini bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana. Maka dengan mengucap bismillahirrahman-nirrahim, Rakernis Bidhumas Polda Papua T.A. 2021 dengan tema “peran Humas Polri dalam pemantapan komunikasi publik guna mendukung pelaksanaan Pon XX tahun 2021 dan Harkamtibmas yang aman dan kondusif” saya nyatakan di buka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments