Home POLDA Dit Lantas Dialog Interaktif Dengan Tema Operasi Keselamatan Matoa 2021 Ditengah Pandemi Covid-19

Dialog Interaktif Dengan Tema Operasi Keselamatan Matoa 2021 Ditengah Pandemi Covid-19

Jayapura – Bertempat di Stasiun Pro I RRI Jayapura telah dilaksanakan kegiatan Dialog Interaktif dengan tema Operasi Keselamatan Matoa 2021 Ditengah Pandemi Covid-19, Kamis (15/04).

Hadir sebagai Narasumber yakni Dir Lantas Polda Papua Kombes Pol M. Nasihin, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Papua Tamrin Silalahi, ST., M.Si., AAAI-K, Kabid Perhubungan Darat Dishub Provinsi Papua Nasiupiat Itlay.

Dalam kesempatannya Dir Lantas Polda Papua mengatakan, Operasi saat ini yang dilaksanakan pihak Kepolisian cukup banyak namun tetap ditujukan demi keselamatan masyarakat dalam hal kriminalitas maupun keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Dir Lantas Polda Papua juga mengatakan saat ini pihaknya sedang melaksanakan Operasi Matoa 2021 yang berjalan kurang lebih 14 hari yakni mulai tanggal 12 April hingga 25 April.

“Operasi ini kita laksanakan untuk menciptakan situasi dan kondisi Kamseltibcerlantas di wilayah Papua dan ini juga berlaku serentak di seluruh Indonesia yang tidak lain bertujuan untuk menciptakan kondusifitas pada saat Idul Fitri nanti,” Ucap Kombes Pol. M. Nasihin.

Dalam operasi tersebut juga pihaknya tidak hanya mengimbau serta melaksanakan pengaturan lalu lintas, tetapi turut membagikan masker kepada masyarakat yang kedapatan tidak mengenakan masker saat berkendara maupun diluar rumah. Adapun yang menjadi sasaran yakni tempat peribadatan, tempat hiburan, tempat wisata, tempat transportasi umum maupun tempat yang memungkinkan terdapat keramaian.

Kombes Pol. M. Nasihin menyatakan bahwa situasi arus Lalu Lintas saat ini sudah cukup baik tentunya tidak ada kemacetan maupun kecelakaan yang berakibat fatal sehingga menimbulkan korban jiwa, ini juga bertujuan untuk menghindari adanya kerumunan terkait dengan situasi Covid-19 kini yang masih signifikan jumlahnya.

“Kini adanya larangan yang dikeluarkan oleh Pemerintah terkait mudik jelang hari raya, hal ini semata-mata untuk kebaikan seluruh masyarakat agar terhindar dari adanya penyebaran Covid-19 maupun kerumunan yang membludak pada saat pelaksanaan tersebut,” Tegas Dir Lantas.

Dalam kesempatannya Kepala PT Jasa Raharja Cabang Papua mengatakan, peran Jasa Raharja tidak hanya berperan dalam pasca kecelakaan tetapi Jasa Raharja juga merupakan salah satu bagian dari pilar keselamatan berlalu lintas dalam peranan pasca kecelakaan, bagaimana meminimalisir sumber kecelakaan yang ada termasuk frekuensi maupun fatalitasnya.

Jasa Raharja juga akan selalu mendukung kegiatan yang dilakukan Direktorat Lalu Lintas.

“Kita selalu berkolaborasi karena memang kami tidak bisa menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) jika tidak dibantu oleh instansi terkait, dalam hal ini Direktorat Lalu Lintas,” Ujar Tamrin Silalahi.

Dalam Operasi tersebut pihaknya akan berperan aktif mendukung penuh Direktorat Lalu Lintas misalnya sarana dan pra sarana, himbauan-himbauan keselamatan berlalu lintas, dan lain sebagainya.

Kabid Perhubungan Darat Dishub Provinsi Papua juga mengatakan, menjelang hari raya Idul Fitri, persiapan yang dilakukan Dinas Perhubungan yakni terkait sarana dan prasarana.

Sarana terdiri dari kelengkapan-kelengkapan yang ada di jalan menyangkut dengan keselamatan berlalu lintas seperti rambu-rambu dan lampu traffic light.

“Adapun langkah yang kami ambil kini terhadap masyarakat yang menggunakan kendaraan umum maupun pribadi terutama motor tetapi tidak menggunakan helm yang berstandar SNI. Hal ini sering terjadi di jalan sehingga kami mengimbau agar masyarakat wajib menggunakan helm standar,” Terang Kabid Perhubungan Darat.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengingatkan kepada masyarakat yang sedang memakai kendaraan agar selalu dilengkapi dengan perlengkapan kendaraan dari surat-surat maupun aksesoris keselamatan berkendara lainnya. Hal ini tidak lain demi menghindari adanya pelanggaran lalu lintas atau mempercepat proses identitas korban jika terjadi kecelakaan.

Diakhir kegiatannya, Dirlantas Polda Papua mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mentaati peraturan keselamatan berlalu lintas maupun hindari kerumunan dan terus mengutamakan protokol kesehatan demi terwujudnya masyarakat yang damai serta terbebas dari kecelakaan maupun penyebaran Virus Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments