Home POLDA Dit Binmas Dir Binmas Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas Polisi Pi Ajar Polda Papua

Dir Binmas Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas Polisi Pi Ajar Polda Papua

Jayapura – Bertempat di Ballroom Lantai 3 Hotel Fox Jayapura telah dilaksanakan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas Polisi Pi Ajar Polda Papua dengan tema Melalui Pelatihan Peningkatan Bhabinkamtibmas Kita Bentuk Polri Yang Humanis, Mencerdaskan Serta Membangun Karakter Bangsa. Rabu (21/04/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol Gatot Aris Purbaya, SIK., AKBP Muh. Yamin, DR. Hanro Luekitoo M.Hum staf Dosen Antropologi Uncen, Meggy Merlin Mokay, S.Pd., M.Pd. selaku FKIP Uncen, AKP Nurjannah, serta personel Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Papua.

Dalam sambutan Kapolda Papua yang dibacakan oleh Dir Binmas Polda Papua mengatakan, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang maha esa karena pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk mengikuti upacara pembukaan latihan trainer of training (TOT) bhabinkamtibmas sebagai polisi pi ajar di Papua.

Para hadirin peserta latihan yang saya hormati, pendidikan yang berkualitas memerlukan proses pembelajaran yang tepat titik pengelolaan pembelajaran dan model pembelajaran yang sesuai dengan pertumbuhan perkembangan anak usia dini yang tepat dengan sarana dan prasarana yang memadai akan mampu mencetak anak dengan kesiapan kemampuan, mental, keterampilan dalam memasuki tingkat pendidikan yang lebih lanjut. Proses pembelajaran merupakan tahapan-tahapan yang dilalui dalam mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik seseorang.

“Salah satu peran yang dimiliki seorang guru untuk melalui tahap-tahap ini adalah sebagai fasilitator. Untuk menjadi fasilitator yang baik guru harus berupaya dengan optimal mempersiapkan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, demi mencapai tujuan pembelajaran. Mengingat akan pentingnya pembentukan karakter anak usia dini sebagai generasi masa depan yang berkualitas, maka penting pula untuk menyiapkan suatu formula pendidikan yang tepat bagi anak usia dini,” ujar Dir Binmas.

Para hadirin peserta sekalian, dalam pelaksanaan pembelajaran diperlukan adanya pengelolaan proses kegiatan pembelajaran meliputi penataan lingkungan bermain yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak, untuk mendukung perkembangan motorik, bahasa, sosial-emosi, kognitif, dan nilai agama serta moral. penataan ruangan KBM juga harus memenuhi standar keamanan, kesehatan dan perlindungan anak. Selain itu penataan lingkungan sedapat mungkin mengenalkan anak dengan lingkungan rumah dan kegiatan sehari-hari anak di dalam keluarga.

“Oleh karena itu berangkat dari semangat untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat Papua melalui pendidikan anak usia dini, Polda Papua melalui Direktorat Pembinaan Masyarakat bekerja sama dengan satuan tugas Satgas Nemangkawi Binmas Noken berencana mengadakan pelatihan training of trainer (TOT) kepada para bhabinkamtibmas dengan maksud dan tujuan guna meningkatkan perannya sebagai fasilitator dan pelayan masyarakat,” terang Dir Binmas dalam amanat Kapolda Papua.

Sebelum mengakhiri amanat ini ada beberapa arahan yang ingin saya sampaikan kepada para peserta sebagai berikut, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para bhabinkamtibmas yang telah menunjukkan dedikasi di tengah compressed tugas yang dijalankan.

“Terus gelorakan semangat dan motivasi dalam pelaksanaan tugas sebagai fasilitator dalam mencerdaskan generasi muda Papua melalui program polisi pi ajar. Kedepankan tindakan dan komunikasi secara persuasif, informatif dan edukatif guna menampilkan sosok anggota Polri yang humanis,” tandasnya.

Niatkan tugas yang diemban sebagai ladang amal dan ibadah kepada Tuhan Yang maha esa, senantiasa jaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan di tengah pandemi Covid-19. Dengan mengucap bismillah maka pada hari ini Rabu tanggal 21 April 2021 pukul 09.30 WIT pelatihan bagi bhabinkamtibmas sebagai Polisi Pi Ajar Polda papua tahun 2021 secara resmi saya nyatakan dibuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments