Home Humanis Dialog Interaktif RRI Dengan Tema Situasi Kamtibmas Di Kota Jayapura Pada Bulan...

Dialog Interaktif RRI Dengan Tema Situasi Kamtibmas Di Kota Jayapura Pada Bulan Suci Ramadhan Tahun 2021

Jayapura – Bertempat di Stasiun Pro I RRI Jayapura telah dilaksanakan kegiatan Dialog Interaktif dengan tema Situasi Kamtibmas di Kota Jayapura Pada Bulan Suci Ramadhan Tahun 2021, Kamis (29/04).

Hadir sebagai Narasumber yakni Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Supraptono S.Sos., M.Si., dan Wakil Wali Kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM.

Dalam kesempatannya Wakapolresta Jayapura Kota mengatakan, terkait situasi di bulan suci Ramadhan Tahun 2021 hingga saat ini masih terpantau aman dan kondusif, situasi cukup terkendali, tingkat kejadian krminalitas tidak terlalu signifikan dimana kasus konvensional memang masih ada tatapi masih bisa terkendali.

“Dalam hal menjaga situasi Kamtibmas, kita memfokuskan kepada pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan, dalam hal ini yakni pelaksanaan sholat taraweh dan ibadah di waktu subuh, khusus untuk Kota Jayapura kita sudah mengantisipasi pelaksaaannya sebanyak 45 tempat ibadah yang tersebar di seluruh Kota Jayapura demi kelancaran ibadah dan kenyamanan kita bersama,” ujar Wakapolresta.

Kegiatan anak-anak muda di bulan suci Ramadhan terutama setelah ibadah sahur di pagi hari biasanya mereka memanfaatkan waktu untuk melaksanakan aktivitas di Rumah menuju Jalan raya untuk melakukan kegiatan track motor di Jalan raya, antisipasi dari Kepolisian yaitu selalu melaksanakan patroli di wilayah yang disinyalir dilaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut oleh para pemuda di Kota Jayapura.

Wakpolresta menambahkan sebagai bentuk antisipasi, kami telah memberikan perintah langsung kepada para Kapolsek jajaran Polresta Kota Jayapura untuk mengantisipasi adanya peningkatan aktivitas pada bulan suci Ramadhan agar bisa selalu bersinergi untuk memantau dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas khsusunya di bulan suci Ramadhan.

“Tindakan Kepolisian yang sudah dilakukan pada bulan suci Ramadhan yaitu kami telah melaksanakan patroli secara rutin pada waktu-waktu tertentu, bahkan dalam waktu dekat dengan dukungan Pemerintah Kota Jayapura untuk membangun pos terpadu di Jembatan Youtefa guna pemantauan arus lalu lintas dan penyalahgunaan fungsi di Jembatan Youtefa sehingga kegiatan dan arus lalu lintas bisa berjalan aman dan lancer,” pungkas Wakapolresta.

Wakapolresta juga menegaskan antisipasi agar tidak tejadi ledakan pada saat libur lebaran, Pemerintah Kota Jayapura sudah tegas menyampaikan tidak boleh melaksankan mudik demi keselamatan kita semua dalam masa Pandemi Covid-19. Memang di sisi lain masih sering terjadi kerumunaan di tempat rekreasi dan pusat perbelanjaan, maka dari itu selalu kami himbau terkait protokol kesehatan dan yang terpenting sebenarnya ialah kesadaran dari diri masing-masing demi kemanan kita bersama.

Dalam kesempatannya Wakil Wali Kota Jayapura mengatakan, Pemerintah Kota Jayapura sudah melakukan beberapa kegiata di masa Pandemi Covid-19, hari ini kita bersyukur karena data Covid-19 di Jayapura sudah menurun drastis berdasarkan data dari bulan Januari 2021 hingga April 2021, semua itu berkat sinergitas kita semua dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 di Kota Jayapura.

“Berkaitan dengan bulan suci Ramadhan Tahun 2021 berbeda dengan Tahun 2020, karena update kasus Covid-19 mulai menurun dan tim Satgas Covid-19 Kota Jayapura telah melaksankaan pertemuan di awal bulan Ramadhan dengan keputusan bahwa batas waktu aktivitas di naikan hingga pukul 22.00 WIT mulai dari Pukul 06:00 WIT, selain itu Masjid boleh melaksanakan ibadah sholat taraweh dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan dan kapasitas maksimal yaitu 50% kapasitas tempat ibadah tersebut,” pungkas Wakil Walikota.

Wakil Walikota jugfa menambahkan Untuk itu kita selalu mengawasi dan memantau protokol kesehatan bersama dengan Polresta Jayapura Kota, kita tidak segan-segan memberikan teguran, imbauan bahkan tindakan karena itu semua demi kebaikan kita bersama.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa fakta di lapangan masih sering terjadi pelangggaran protokol kesehtan, maka dari itu kami bersama Polresta Jayapura Kota sering melaksanakan patroli agar bisa memantau langsung penerapan protokol kesehatan, namun kami juga mempunyai keterbatasan seingga kami mengharapkan timbulnya kesadaran dari masyarkaat sendiri,” pungkas Wakil Walikota.

Wakil Walikota juga mengimbau kepada seluruh masyarakat serta warga Kota Jayapura untuk memperhatikan keselamatan di rumah agar tidak tejadi kebakaran, karena berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari BMKG saat ini sedang memasuki musim kemarau yang mana mudah terjadi kebakaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments