Dialog Interaktif RRI Dengan Tema Pengamanan Obyek Vital Jelang PON XX Papua

7

Jayapura – Bertempat di Ruang Media Center Bidhumas Polda Papua telah dilaksanakan Dialog Interaktif bersama RRI yang dilakukan secara Virtual atau Live by Phone  dengan tema Pengamanan Obyek Vital Jelang PON XX Papua, Kamis (12/08).

Hadir sebagai Narasumber yakni Dir Pam Obvit Polda Papua Kombes Pol. Nicolas Ari Lilipaly S.I.K M.H M.Si.

Dalam kesempatan tersebut, Dir Pam Obvit Polda Papua menyampaikan terkait dengan Pon XX 2021 yang akan dilaksanakan 20 September 2021 sampai tanggal 16 Oktober 2021 nanti. Objek Vital akan kita terapkan, baik terhadap semua tempat seperti pengamanan Bank, obyek wisata dan sebagainya. untuk Pengamanan Pon juga kita lakukan pengamanan terhadap pengamanan kedatangan dan kepulangan Kontingen, Venue, pengamanan upacara pembukaan atau penutupan, pengamanan api kirap serta pengaman jalur lalu lintas itu obyek yang harus kita amankan.

“Untuk personel pengamanan kita bukan dilibatkan dari anggota Polri Polda Papua tapi juga Melibatkan Polri secara keseluruhan dengan kita mendatangkan personil dari Mabes Polri yaitu dari Brimob, Satuan Samapta Polri dan kita juga bekerjasama dengan Instansi terkait lainnya seperti TNI,” ujar Dir Pam Obvit Polda Papua.

Dir Pam Obvit Polda Papua juga mengatakan bahwa keseluruhan personel yang dilibatkan pengamanan dalam pelaksanaan Pon Peparnas ini adalah hampir 9.000 Personel, sedangkan kita akan amankan kurang lebih 20.000 orang yang akan datang diwilayah hukum Polda Papua yang terdiri dari Atlit 6.000 sekian, official 3.000 sekian dan juga panitia pertandingan 9.000 sekian.

“Sementara itu, langkah langkah yang kita ambil dalam pengamanan nantinya, kita akan mendata terlebih dahulu tempat-tempat Obyek Vital dan kemudian kami berkodinasi dengan pelaksana dari Obyek Vital untuk kita lakukan komunikasi, kordinasi dan kolaborasi,” ucap Kombes Pol. Nicolas Ari Lilipaly S.I.K M.H M.Si.

Dir Pam Obvit Polda Papua juga menegaskan bahwa untuk didalam tempat-tempat penginapan yang di gunakan para atlet dari 33 provinsi di Indonesia kami dari Kepolisian akan mendampingi yang mana untuk Keamanan terhadap masing-masing kontingen.

“Serta Kebanggaan khusus buat orang-orang Provinsi Papua yang mana kami dipercaya oleh pemerintah untuk menyelenggarakan pelaksaan PON. Oleh karena itu, mari kita sama-sama sadar akan hal ini, karena kesempatan ini kita saling menjaga Keamanan. Karena bila hanya Pihak Keamanan yang menjaga, semua akan sia sia tanpa di dukung oleh seluruh masyarakat,” tutur Dir Pam Obvit Polda Papua.

Oleh karena itu, dengan kerendahan hati kami dari pihak Kepolisian berharap ada kerjasama dan kolaborasi pihak masyarakat, untuk bersama-sama menjaga keamanan dan penyelenggara PON. Mari mensukseskan pelaksanaan PON ini dan jangan lupa juga berikan selalu informasi pada pihak Kepolisian agar pelaksanaan pengamanan ini berjalan dengan aman tertib lancar nyaman dan damai serta membawa berkah untuk kita semua di tanah Papua ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.