Home POLDA Dit Lantas Dir Lantas Polda Papua Pimpin Pelaksanaan Road Safety Coaching

Dir Lantas Polda Papua Pimpin Pelaksanaan Road Safety Coaching

Jayapura – Bertempat di Aula Rastra Samara dilaksanakan kegiatan Road Safety Coaching Seleksi Calon Training of Trainer sebagai Tenaga Trainer pada Safety Driving Center (SDC) di Jajaran Polda Papua yang dipimpin langsung oleh DirLantas Polda Papua Kombes Pol Muhammad Nasihin, SH, Senin (23/08/2021).

Turut hadir dalam kegiatan Wadir Lantas Polda Papua AKBP I Made Budi Darma, didampingi Ka Tim Tot SDC Korlantas Mabes Polri AKBP Petrus Aldo Meisto Siahaan, S.I.K, M.M dan personel Sat Lantas Polres Jajaran Polda Papua.

Dir Lantas Polda Papua dalam kesempatannya menyampaikan, pada hari ini kita melaksanakan kegiatan road safety coaching yakni latihan berkaitan dengan keselamatan dijalan dimana ini penting dilaksanakan. Pelatihan ini diharapakan agar mampu menjadi pelatih dan mampu mengajarkan materi pelatihan kepada orang lain dan rekan-rekan, kegiatan ini merupakan implementasi tugas Kepolisian sebagai institusi atau stakeholder yang berwenang menangani bidang lalulintas.

“Tugas pertama yakni mewujudkan keamanan dan keselamatan ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas, kedua mampu meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan fatalitas korban, membangun budaya tertib berlalulintas dan meningkatkan kualitas pelayanan dibidang lalu lintas. Selesai training of trainer kepada personel lalulintas Jajaran Polda Papua dalam hal ini dilaksanakan oleh Ditlantas Polda Papua. Oleh karena itu kita mengapresiasi upaya Koorlantas Mabes Polri untuk meningkatkan kualitas personel Lantas dijajaran Polda Papua,” ucap Dir Lantas Polda Papua.

Dir Lantas Polda Papua berkata diharapkan kepada peserta seleksi yang mengikuti kegiatan ini agar mengikuti dengan baik dan serius sehingga dapat menghasilkan kualitas personil dibidang lalulintas sebagai trainer.

Ka Tim Tot SDC Korlantas Mabes Polri dalam kesempatannya mengatakan, pada pelatihan ini di masing-masing Polda Jajaran sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja bidang keamanan, keselamatan, juga sebagai bentuk kerjasama dengan para pelaku kepentingan lalulintas.

“Road safety merupakan hal yang sangat penting dan hal ini perlu diperhatikan mengingat semakin banyaknya jumlah korban kecelakaan lalu lintas yang hampir sebagian besar diakibatkan oleh faktor manusia sehingga diperlukan langkah peningkatan kemampuan manusia dalam lalulintas, selain itu dengan perkembangan teknologi yang mendukung keselamatan Jalan dan merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh segenap masyarakat demi mengurangi tingkat kecelakaan lalulintas

Umumnya pengemudi kendaraan bermotor di Indonesia mengemudikan kendaraan bermotor tanpa dibekali pengetahuan dan keterampilan mengemudi serta etika berlalu lintas yang benar,” ucap Ka Tim Tot SDC Korlantas Mabes Polri.

Ka Tim Tot SDC Korlantas Mabes Polri menambahkan bahwa Ini saatnya kita memikirkan cara untuk menyelamatkan pengemudi agar tidak menjadi korban sia-sia, keselamatan lalu lintas harus bisa diwujudkan dengan langkah nyata melalui proses pendidikan dan pelatihan mengemudi atau Sekolah mengemudi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments