Home Kapolda Kapolda Papua Hadiri Rakor Pengamanan Dalam Rangka Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia...

Kapolda Papua Hadiri Rakor Pengamanan Dalam Rangka Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia di Wilayah Provinsi Papua

Jayapura – Bertempat di Aula Tony Rompys Makodam XVII/Cenderawasih, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) pengamanan jalur dan pemantapan lokasi dalam rangka kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia di Wilayah Provinsi Papua, Rabu (25/08).

Hadir dalam kegiatan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., didampingi Kabinda Papua/Staf Ahli Kepala BIN Bidang Ideologi Politik Mayjen TNI Abd Haris Napoleon, SH, M.Si., Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi , Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Wachid Aprlilianto dan para peserta kurang lebih 50 orang.

Pangdam XVII/Cenderawasih dalam kesempatannya menyampaikan pada hari ini kita melaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI Ir. H. Joko Widodo ke wilayah Papua.

“Sebagaimana diketahui bersama bahwa Presiden RI Ir. H. Joko Widodo akan melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Papua pada tanggal 26 Agustus 2021 dengan tujuan untuk meninjau Vaksinasi masal Covid-19, Meninjau sarana Prasarana PON XX khusus nya di wilayah Kota Jayapura dan Kabupaten Merauke,” pungkas Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., juga mengatakan, dalam rangka kunjungan tersebut kita akan melakukan pengamanan dari kedatangan hingga kepulangan dengan lancar dan aman. Agar Personel TNI-POLRI dapat  berkordinasi dengan baik sehingga pelaksanaan tugas menjadi lebih mudah dengan tidak adanya gangguan dan situasi dalam keadaan aman dan lancar.

“Apabila terdapat hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan sehingga nanti dalam pelaksanaan tidak ditemukan hambatan yang kita temui. Atensi kita bagi Unsur Pimpinan TNI-Polri agar dapat memberikan arahan kepada anggota di lapangan terkait pelaksanaan Pengamanan, semua unsur TNI-Polri harus menguasai tugas dan tanggungjawabnya,” ucap Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Laksanakan komunikasi dan Koordinasi sehingga pelaksanaan Pengamanan dapat berjalan lancar, dalam PAM VVIP kita harus memiliki konsep untuk tidak mengambil resiko sehingga dapat meminimalisir Kerawanan pada saat melaksanakan operasi dan laksanakan apel pada tanggal 26 Agustus 2021 di wilayah masing-masing dilanjutkan Gladi rangkaian Pengamanan.

Kapolda Papua dalam kesempatannya menyampaikan jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak patut yang dapat dilihat oleh Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo serta agar kita semua dapat memastikan hal tersebut.

“Dengan pelaksanaan kunjungan nanti diharapkan dapat menjadi cerminan bagi kita semua dalam kunjungan berikutnya karena diketahui bahwa nanti pada saat Pembukaan dan Penutupan Pelaksanaan PON XX Papua tahun 2021 Bapak Presiden RI juga akan kembali berkunjung ke Papua sehingga kita harus benar-benar menyiapkan dukungan sarana dan prasarana ditambah dengan Pengamanan VVIP,” ucap Kapolda Papua.

Kabinda Papua/Staf Ahli Kepala BIN Bidang Ideologi dalam kesempatannya menyampaikan kami sarankan kepada Danrem 172/PWY untuk kembali mempertimbangkan Unsur Subsatgas dimana yang kiranya melibatkan banyak masyarakat dapat menggunakan peran Kepolisian dalam hal ini Polresta Jayapura Kota untuk melakukan kontrol dalam pengamanan.

“Dari Subsatgas Bandara perlu mengantisipasi dimana arah pendaratan pesawat hal tersebut sangat penting karena terdapat 2 (dua) jalur pendaratan di Bandara Sentani yaitu melalui Yonif 751 dan Danau Sentani sehingga kami sarankan agar memperkuat ring III di Subsatgas Bandara dengan melibatkan personel Yonif 751,” ujar Kabinda.

Agar benar-benar di Gladikan dalam pelaksanaan nanti dengan pertimbangan dilihat dari kedatangan Presiden RI yaitu pada malam hari dengan mengantisipasi adanya para Penjual Miras, Bensin Eceran agar yang bertanggungjawab dalam PAM Route disepanjang jalan dari Bandara hingga ke Swiss-Belhotel bisa mengantisipasi hal tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments