Home Kapolda Kapolda Papua Hadiri Apel Pelepasan Kontingen PON XX Papua Tahun 2021

Kapolda Papua Hadiri Apel Pelepasan Kontingen PON XX Papua Tahun 2021

Jayapura – Bertempat di Stadion Mandala Kota Jayapura, telah dilaksanakan Apel Pelepasan Kontingen PON XX Papua tahun 2021, yang dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, S.IP., MH., Kamis (09/09).

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Kapolda Papua selaku Ketua Kontingen Provinsi Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.IK., Danlanud Silas Papare Marsma TNI Dr. Budi Achmadi, M.Sc., Ketua Harian PB PON XX Papua Dr. Yunus Wonda, S.H, M.H., Ketua Harian PEPARNAS XVI Papua Doren Wakerkwa, SH., Kasdam XVII/Cenderawasih selaku Ketua Pusat Latihan KONI Papua Brigjen TNI Bambang Trisnohadi., Walikota Jayapura Dr. Drs Benhur Tomi Mano, MM., beserta para tamu undangan yang hadir.

Kegiatan tersbut diawali dengan Laporan Ketua Pusat Latihan KONI Provinsi Papua oleh Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, yang dalam kesempatannya mengatakan Atlet Papua sebesar 90% sudah kembali ke Papua dan 10% masih diluar Papua.

Dan berikut beberapa Cabor yang sudah kembali ke Papua yakni, Cluster Kota Jayapura yakni Karate, Taekwondo, Tinju, Tenis, Sepak Takraw, Sepatu Roda dan Renang Terbuka. Cluster Kabupaten Jayapura yakni Baseball, Softball, Cricket, Polo Air, Muathai, Pencak Silat, Selam, Panahan, Loncat Indah, Renang Artistik, Sepak Bola Putra. Cluster Kabupaten Mimika yakni Terjun Payung, Bilyard, Panjat Tebing, Bola Tangan, Futsal, Judo. Dan Cluster Kabupaten Merauke yakni Anggar, Gulat, Wushu dan Sepak Bola Putri.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan Bapak Gubernur Papua sehingga seluruh kegiatan Puslat KONI Papua berjalan lancar. Kami juga berterima kasih kepada KONI Papua beserta jajaran atas kordinasi dan Kerjasama,” ucap Brigjen TNI Bambang Trisnohadi.

Selanjutnya Laporan Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya, S.P. M.Si. mengatakan dengan terbentuknya dan berjalannya Puslatprov Papua, diharapkan agar bisa mencetak Atlet, Pelatih, Asisten Pelatih, dan Official unggulan.

“Dari seluruh rangkaian pelatihan agar dapat menimbang progress latihan dan melihat output-nya, kami juga melakukan tes fisik, kesehatan dan psikologi kepada seluruh Atlet di PUSLATPROV agar nantinya dapat mengukur sejauh mana perkembangan fisik dari Atlet yang disiapkan untuk bertanding di arena PON XX 2021 Papua. Dalam mendukung Atlet beserta Pelatih juga kami memberikan dukungan dari sisi kesejahteraannya dan KONI Papua agar dapat meningkatkan semangat dan motivasi dari seluruh Atlet Papua,” ujar Kenius Kogoya, S.P. M.Si.

Dari keseluruhan langkah-langkah program tersebut yang telah diramu dan dilaksanakan, tahap terakhir sebelum kita bertanding di PON YX 2021 Papua yaitu melakukan Aklimatisasi dari setiap Atlet yang akan bertanding.

“Sehingga hari ini, KONI Provinsi Papua dan Komandan Puslatpron menyerahkan seluruh Kontingen Papua PON XX 2021 kepada Komandan Kontingen, selanjutnya dimohon kepada Bapak Gubernur melantik dan melepaskan Kontingen Provinsi Papua PON XX 2021, dan sekaligus menjadi tanggung jawab Komandan Kontingen dan jajarannya, untuk memimpin Kontingen Papua dalam meraih 5 besar pada PON XX Papua 2021,” ucap sekretaris umum KONI Papua.

Kemudian pembacaan Surat Keputusan Gubernur Papua Nomor 188.4/324/2021 tentang Pembentukan Kontingen Papua Peserta PON XX Papua tahun 2021 oleh Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Papua dan Pernyataan Pengukuhan oleh Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, S.IP., M.H.

Diamana dalam sambutannya Gubernur mengatakan saya cukup bahagia, kita di Timur Indonesia bisa diberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah PON ke XX. Ini menjadi bukti bahwa kita Papua siap dan sanggup untuk mensukseskan PON.

“Tahun ini memang menjadi tahun yang istimewa bagi Penyelenggaraan PON. Sebab kita juga masih berhadapan dengan Pandemi Covid-19. Merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang yang perlu kita lalui bersama. Hal tersebut karena keberhasilan penyelenggaraan PON XX Papua nanti menjadi simbol kemenangan untuk mengalahkan Pandemi Covid-19,” ungkap Lukas Enembe, S.IP., M.H.

Sementara itu ada 4 Sukses harus kita junjung tinggi yakni Sukses penyelenggara, sukses prestasi, sukses adminitrasi dan sukses pemberdayaan ekonomi pembangunan.

“Kesuksesan PON XX Papua 2021 akan menjadi pembuktian harga diri Orang Papua sebagai bagian dari Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, persiapan harus terus kita kejar dan matangkan. Tidak boleh ada kelengahan sedikitpun. Ini adalah kesempatan kita untuk menunjukan bahwa Papua bisa menjadi garda terdepan Bangsa Indonesia dalam urusan Olahraga,” pungkas gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP., M.H.

Selanjutnya Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan SK dan Panji Kontingen dari Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, S.IP., M.H. kepada Ketua Kontingen Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K. Dan Apel pelepasan Kontingen PON XX Papua tahun 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments