Home Kapolda Kapolda Papua: Keamanan Penyelenggaraan PON di Papua Diharapkan Berjalan Dengan Aman

Kapolda Papua: Keamanan Penyelenggaraan PON di Papua Diharapkan Berjalan Dengan Aman

Jayapura – Pengamanan pelaksanaan PON XX dan PEPARNAS XVI tahun 2021, Polda Papua akan melakukan pagar betis dengan menambah kekuatan dari Satgas Nemangkawi, Mabes Polri dan 16 Kompi dari Brimob Nusantara, Kamis (09/09).

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K, mengatakan bahwa ada 3 isu utama di Papua, yang pertama adalah Keamanan, Relawan dan Pemalangan.

“Dari isu keamanan tersebut salah satunya adalah terkait Pemalangan yang mana kita beberapa hari lalu sudah menjembatani serta mendekati semua yang melakukan pemalangan masalah Tanah untuk bisa memberikan akses kepada semua aktifitas penyelenggaraan PON,” ucap Kapolda Papua.

Disini Polda Papua telah melakukan upaya agar pelaksanaan PON tidak terganggu dari masalah pemalangan dengan melakukan Komunikasi terkait penyelesaian hak tanahnya yang akan diberikan setelah penyelenggaraan PON dan PEPARNAS.

Selaku Kapolda saya akan menjadi orang terdepan untuk melakukan pendampingan dalam penyelesaiaan persoalan itu bersama dengan pemerintah.

“Sementara itu berkaitan dengan isu relawan ini, kami telah bekerjasama dengan teman-teman dari Bidang SDM baik yang ada di PB PON dan termasuk yang ada di Sub PB PON. Yang sementara ini sedang berlangsung verifikasi Screening terhadap semua Relawan PON,” ujar Kapolda Papua.

Selanjutnya, terkait dengan isu Keamanan, secara menyeluruh di Papua ini dalam tiga bulan terakhir sudah sangat tenang, walaupun beberapa Minggu lalu ada kejadian di Yahukimo yang sedikit mengganggu Kamtibmas. Namun hal ini sekarang sudah Kondusif. Dengan kita menangkap Senat Soll pelaku kekerasan bersenjata yang dilakukan terhadap staf KPU dan juga beberapa kekerasan bersenjata lainnya. Yang mana saat ini yang bersangkutan beserta rekan-rekannya sudah kita proses di Polda Papua.

“Sementara itu, secara keseluruhan seminggu terakhir ini setelah penangkapan pelaku, kita telah melakukan penguatan khususnya yang ada di klaster PON. Yang mana perkuatan yang ada di Polda Papua sudah bekerja sama dengan TNI, dimana kita akan melakukan Pagar Betis, disamping itu, kami juga sudah minta penambahan kekuatan Khususnya dari Satgas Nemangkawi, Tim Mabes Polri, dan juga kami masih menunggu 16 Kompi Brimob Nusantara yang akan tiba di Papua yang mana ini akan kita sebar di seluruh klaster yang melaksanakan PON XX tahun 2021,” pungkas Kapolda Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments