Home POLRES Mimika Kapolres Mimika Dan Dandim 1710 Mimika Pimpin Rapat Pengamanan PON XX Papua

Kapolres Mimika Dan Dandim 1710 Mimika Pimpin Rapat Pengamanan PON XX Papua

Mimika – Bertempat di ruang Vicon Polres Mimika Mile 32, telah dilaksanakan rapat pengamanan PON XX Papua Tahun 2021 yang dipimpin oleh Kapolres dan Dandim 1710 Mimika, Rabu (08/09/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Danyonif R 754/ENK/Kostrad Letkol Inf Doni Firmansyah, Wakapolres Mimika Kompol Sarraju, S.H, Dansubpom Lanud YKU Kapten Pom Kartika, Pasiops Kodim 1710/Mimika Kapten Inf Heli Sukmajaya, Kabagops Polres Mimika AKP Roberth Hitioeuw, Kasat Lantas Polres Mimika Iptu Devrizal, Pasiop Denkav-3/SC Lettu Kav Rizki, Kepala BPBD Mimika Yosias Lossu, Kasiop Satpol PP Tony Lesomar.

Kapolres Mimika dalam kesempatannya menyampaikan guna kelancaran pada pelaksanaan PON nanti, kita menyatukan pengamanan TNI-POLRI dan Pemda karena di Mimika tingkat pengamanan tiap Venue berbeda, selain satgas PON juga masih ada yang akan membantu pengamanan.

“Rapat terakhir akan kita libatkan dari KONI dan Sub PB PON agar kegiatan pengamanan sesuai dengan jadwal pertandingan tiap cabor, karena kita tidak inginkan sesuatu yang diluar dugaan kita. Kita saling melengkapi dari segi personil dan perlengkapan agar selama kegiatan PON dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ucap Kapolres.

Dandim 1710/Mimika menyampaikan dalam rapat Pasiop Kodim sudah berkoordinasi dengan pihak Polres tentang pengamanan kegiatan PON, untuk jumlah personil TNI disiapkan sebanyak 485 orang, ini juga diluar pengamanan VIP dan rencana pada tanggal 4 – 6 Oktober Pak Luhut Panjaitan akan tiba di Timika dan rencananya akan melaksanakan istirahat di Hotel Horison Ultima.

“Pelaksanaan pengamanan PON harus kita siapkan bersama guna kelancaran PON XX Papua Klaster Kab. Mimika sehingga nantinya bisa berjalan dengan aman dan lancar tanpa gangguan dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Dandim 1701 Mimika.

Kabag Ops AKP Roberth Hitipeuw, SH.,MH mengatakan bahwa untuk peserta PON XX Papua Klaster Kab. Mimika sebanyak 3.524 orang yang terdiri dari Atlet 1.436 orang, official 798 orang, Panpel Cabor 828 orang dan wasit 462 orang.

“Upacara pembukaan PON XX Papua Klaster Kab. Mimika tanggal 02 Oktober dan penutupan 15 Oktober 2021. Pawai obor durasi 15 hari dan melintasi 7 Kabupaten (Mimika tanggal 28-29 September 2021) dan jadwal pertandingan PON XX Papua Klaster Kab. Mimika tanggal 23 September s.d 14 Oktober 2021 serta closing ceremony PON XX Papua tanggal 15 Oktober 2021,” kata Kabag Ops.

Lanjutnya, bahwa Polres Mimika didukung Mabes Polri, Polda Papua, Polres jajaran bersama unsur Satuan TNI dalam rangka PAM penyelenggaraan PON XX Papua dengan mengedepankan giat premtif dan preventif yang didukung giat deteksi/intelijen serta giat Gakkum guna ciptakan Kamtibmas yang kondusif selama kegiatan berlangsung.

Pasi Ops Kodim Kapten Inf Heli Sukmajaya menambahkan bahwa untuk Personil TNI akan melaksanakan PAM ring 2 maupun 3 dari organik Kodam XVII/Cenderawasih dengan menggunakan pakean bebas rapi (non pakean dinas).

Letkol Inf Doni Firmansyah Danyonif R 754/ENK/Kostrad menyampaikan, personil TNI tetap berada dalam pertandingan dengan berpakaian bebas rapi dan alkom tetap menggunakan satu jalur agar tetap terkoordinir dengan baik.

Kapolres Mimika diakhir kegiatan menyampaikan agar mencari Informasi yang harus kita cari tau yaitu orang, barang, tempat dan kegiatan dan harus dilaporkan tentang keamanannya dan pada tanggal 09 September 2021 SOP pengamanan sudah ada dan dishare tiap-tiap satuan yang terlibat dalam kegiatan pengamanan PON XX Papua Klaster Kab. Mimika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments