Home POLRES Mimika Kakor Binmas Baharkam Polri Pimpin Rapat Percepatan Vaksinasi Massal di Kab. Mimika

Kakor Binmas Baharkam Polri Pimpin Rapat Percepatan Vaksinasi Massal di Kab. Mimika

Mimika – Bertempat di Hotel Grand Mozza jalan Cenderawasih Timika telah dilaksanakan rapat terkait upaya percepatan Vaksinasi massal di Kabupaten Mimika, yang dipimpin oleh Kakor Binmas Baharkam Polri Irjen Pol. Suwondo Nainggolan, S.I.K, M.H., Rabu (15/09).

Hadir dalam pertemuan tersebut Karobinops Sops Polri Brigjen Pol. Roma Hutajulu, S.I.K, M.Si, Kasubdit Bintibsos Korbinmas Polri Kombes Pol. Hari Purnomo, S.I.K, M.H., Kabid Yankes Mabes Polri Kombes Pol. dr. Farid Amansyah, Kasubbagrenopswil Bagrenops Sops Polri AKBP Tri Suhartanto, S.I.K, Kapolres Mimika AKBP I Gde Era Adhinata, S.I.K, Kadinkes Kab. Mimika Rizal R. Ubra, Dokkes Polres Mimika dr. Audio, Danyon Brimob Mimika Kompol Ramadhona, S.I.K, Wakapolres Mimika Kompol Sarraju, S.H., Kepala Dinas Kesehatan Kab. Mimika Raynol Ubra dan para perwira Polres Mimika.

Kakorbimas Baharkam Polri menyampaikan bahwa kami dari Mabes Polri ingin berkoordiasi terkait upaya percepatan Vaksinasi di Papua khususnya Kabupaten Mimika dalam rangka penyelenggaraan PON XX tahun 2021. Kita ingin mendengarkan penjelasan dari Kapolres dan Kadinkes terkait kondisi Vaksin saat ini, baik tentang kendala maupun opsi yang telah diterapkan.

“Hari ini kita di sini akan berdiskusi tentang ide-ide serta masukkan usul. Rapat ini kita laksanakan untuk kebaikan serta kesehatan kita semua,” ucap Irjen Pol. Suwondo Nainggolan, S.I.K, M.H.

Kapolres Mimika dalam kesempatannya mengucapkan terima kasih kepada bapak Kakor Binmas Mabes Polri dan rombongan yang telah bersedia datang ke Wilkum Polres Mimika terkait kegiatan vaksinasi.

“Untuk Tim Vaksinasi dari pihak Polri terbatas jadi kita dibantu oleh Tim Relawan. Target kita adalah orang orang yang masih ragu, takut dan juga ada yang tidak mau divaksin. Kita sudah mulai merubah pola yang semula hanya gerai statis kemudian kita tambah dengan Tim mobile sehingga bisa memenuhi target dan memudahkan yang ingin vaksin jika ada kesibukannya dan enggan meninggalkan tempat usahanya,” ucap Kapolres Mimika.

Kapolres menambahkan, rencana pada hari Sabtu kita akan menyasar vaksin massal ke Paguyuban. Kelompok yang paling berat adalah yang menolak vaksin karena mereka berseberangan dengan pemerintah dan ada unsur untuk menolak PON.

Pada kesempatannya Kadinkes Kab. Mimika mengatakan dari bulan Mei hingga sekarang kita bersyukur mulai mengalami penurunan untuk pasien Covid-19. Puncak penularan Covid-19 adalah menjelang HUT Polri dan kita mengadakan Vaksinasi massal.

“Dosis pertama sudah mencapai 93.575, dosis kedua 61.563 dan dosis ketiga 473. Distrik yang ada di Kab. Mimika menyasar ke Distrik Kota dan pinggiran sementara distrik yang jauh belum terjangkau. Sasaran vaksin kita menargetkan 70% dari jumlah penduduk,” jelas Kadinkes Kab. Mimika.

Kombes Pol. dr. Farid turut menyampaikan strategi dari Mabes Polri yaitu memperbanyak titik-titik gerai serta mobile dan melalui paguyuban. Untuk Tim Medis di setiap gerai tidak usah terlalu banyak cukup diregistrasi, screning dan penyuntikan. Kita bisa buat 1 Tim berjumlah 5 orang (3 Tenaga medis dan 2 Non medis) jadi kita bisa memperbanyak gerai vaksin dan vaksin mobile.

Diakhir penyampaian Kapolres, upaya percepatan Vaksinasi terhadap warga masyarakat yang mau divaksin harus dilakukan dengan cara yang luar biasa dengan mencari dan memfasilitasi warga untuk bisa divaksin.

“Bagi warga yang masih ragu ragu perlu terus disentuh untuk diyakinkan bahwa vaksin itu bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh menghadapi Covid-19 dan mau untuk divaksin. Pemberdayaan tokoh berpengaruh perlu dilakukan agar dapat berperan aktif menyampaikan kepada warga komunitas masing masing untuk mau divaksin dan kita layani melalui layanan Vaksin mobile,” pungkas Kapolres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments