Home Kapolda Audiensi Tim Ombudsman RI Dengan Kapolda Papua Dalam Rangka Kordinasi dan Kerjasama...

Audiensi Tim Ombudsman RI Dengan Kapolda Papua Dalam Rangka Kordinasi dan Kerjasama Pengawasan Pelayanan Publik

Jayapura – Bertempat di Ruang Kerja Kapolda Papua, telah dilakukan kegiatan Audiensi Tim Ombudsman RI dengan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K, dalam rangka koordinasi dan kerjasama pengawasan pelayanan publik khususnya di Provinsi Papua, Rabu (27/10).

Hadir dalam kegiatan yakni Irwasda Polda Papua, Kombes Pol Alfred Papare, S.I.K., Anggota Ombudsman RI, Jemsly Hutabarat, Anggota Ombudsman RI, Indraza Marzuki Rais, Asisten Ombudsman RI Perwakilan Papua, Melania Pasifika Kirihio, Asisten Ombudsman RI Perwakilan Papua, Ismail Saleh Marsuki, dan Asisten Ombudsman RI Perwakilan Papua, Veronika Pankratia Maturbongs.

Dalam kesempatannya Tim Ombudsman RI dipimpin Jemsly Hutabarat menyampaikan maksud dan tujuan audiensi dengan Bapak Kapolda yang mana tujuan kedatangan audiensi dengan Bapak Kapolda Papua adalah untuk silaturahmi sekaligus membangun komunikasi dalam rangka koordinasi dan kerjasama pengawasan pelayanan publik khususnya di Provinsi Papua.

“Setiap Provinsi di Indonesia, kami Ombudsman RI memiliki wilayah Ampuan dimana segala sesuatu yang wilayah kami kerjakan selalu berkonsultasi dengan Ombudsman Pusat. Kami mengucapkan selamat atas suskesnya penyelenggaraan PON XX Papua yang berjalan aman dan lancar khususnya tanpa adanya cluster baru Covid-19,” ucap Jemsly Hutabarat.

Sementara itu, Wilayah ampuan di Provinsi Papua salah satu yang ditonjolkan adalah pelayanan terkait masalah hukum, pendidikan, kesehatan. Mungkin kedepan jika ada pengaduan masyarakat, kita Ombudsman Provinsi Papua bersama Polda Papua melakukan kordinasi dan diskusi untuk percepatan dalam penyelesaian masalah dan kita sama sama mendapat informasi yang akurat.

Kemarin kami sudah melakukan kunjungan kunjungan ke 29 Kabupaten dan 1 Kota, dan kami mendapatkan banyak laporan baik dari masyarakat termasuk laporan terkait pelayanan pelayanan yang dilakukan oleh Polres Polres.

Sementara itu, Kapolda Papua dalam kesempatannya mengatakan Prinsip kami yakni ingin memperbaiki kinerja salah satunya adalah pelayanan publik. Sehingga Kita perlu menjawab secara bertahap apa yang diminta masyarakat, apalagi di Papua banyak masyarakat yang melakukan protes.

Saya juga sudah tekankan kepada seluruh anggota agar melakukan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat.  Dimana dengan harapan agar komunikasi antar kita selalu dijalin. Dalam melakukan penyelesaian masalah kita harus utamakan pendekatan kebudayaan (restorasi justice).

Sementara itu, semua suksesnya penanganan Covid-19 di Papua berkat kerjasama semua pihak baik TNI, Polri maupun Instansi terkait. Dan saya akan ambil batasan nanti ditanggal 29 Oktober 2021 jika tidak ada lonjakan Covid-19, maka penanganan Covid-19 di Papua bisa dikatakan berhasil dan tidak ada cluster baru pasca penyelenggaraan PON XX Papua.

Selain itu juga, Kedepan kami sudah merencanakan untuk 2000 Bintara Noken yang akan kami tempatkan khusus didaerah daerah pedalaman yang notabene saat ini kekurangan personel seperti yang tadi ibu Melania sampaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments