Apel Gabungan Dalam Rangka Memelihara Kamtibmas di Nabire

3

Nabire – Dalam rangka antisipasi Kalender Kamtibmas menjelang Bulan Desember 2021, Telah dilaksanakan apel gabungan Pemda Kab. Nabire, TNI – Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Komunitas Cinta Nabire bertempat di lapangan apel Polres Nabire, Selasa (30/11/2021).

Apel gabungan dipimpin oleh Bupati Nabire dlm hal ini di wakili Wakil Bupati Nabire Ismail Jamaluddin, Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya, S.I.K., S.H., Kasdim 1705 Nabire Mayor Inf. Prihatin, SE.. sebagai Perwira apel Kabag Ops Polres Nabire AKP Jeffri P. Tambunan, S.I.K., S.H., Komandan Apel Ipda Edwin Rose Mangallo, S.H., serta dihadiri oleh Dandenzipur 12/OHH Mayor Czi. Coko Sasongko, Danlanal Nabire Mayor Laut (KH) Dominikus T, Danpos Paskas Nabire Kapten Pas Sutrisno, Danyon Brimob C Pelopor Nabire Kompol Jhon Samonsabra, S.H., M.H., Dankiban RK 753 / Avt Nabire Kapten Inf. Rido Indrayosa, Dansubdenpom XVII / 1-1 Nabire Lettu Cpm. Aswan, Kepala Suku D3N Yopi Murib, Kepala Suku Yeresiam Gua Ayub Kowoi, Kasat Pol PP Alexander Pekei, LMA Sokrates Sayori, Ketua FKUB Pdt. Junus Mbuabedari, S.Th., Anggota FKUB H. Nuryadi, Anggota FKUB I Gede Putra Wijaya, Anggota FKUB Pdt. Merdekai Olla, Anggota FKUB Pdt. Alman Macuk, Anggota FKUB Suirianto, Hakim Gerson Hukubun, Kepala Suku Wate Otis Money, Paroki KSK Bukit Meriam P. Vinsen Budi, Pr., Ketua Gerakan Cinta Indonesia (Gercin) Oya Pigome, ST.

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Nabire Ismail Jamaluddin menyampaikan bahwa bulan Desember merupakan bulan yang Suci bagi umat Kristiani, maka merupakan kewajiban kita untuk menghadirkan rasa aman ditengah tengah masyarakat Nabire.

“Pada kesempatan ini saya menghimbau agar seluruh elemen masyarakat yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan, kepemudaan dan keagamaan untuk membantu pemerintah, TNI dan Polri untuk bergotong-royong kita jaga stabilitas keamanan di Kabupaten Nabire ini, segala bentuk kegiatan yang bersifat mengganggu stabilitas keamanan di Kabupaten Nabire ini harus dihentikan,” ucap Wakil Bupati.

“Rekan – rekan dari TNI – Polri apabila dalam bertugas, ditemukan hal – hal yang kurang berkenan yang dapat mengusik Kondusifitas Kamtibmas Kabupaten Nabire maka silahkan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku, dengan berpedoman pada standar operasional prosedur yang telah ditetapkan dan selalu membangun komunikasi dgn masyarakat sehingga tercipta kerjasama yang baik dalam memelihara keamanan dan ketertiban di Kabupaten Nabire” harap Wakil Bupati Nabire.

Amanat Kasdim 1705 Nabire Mayor Inf. Prihatin SE, yang menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan tugas perlunya didasari dengan iman dan taqwa kita semua.

“Terima kasih kepada Kapolres Nabire karena telah menyelenggarakan apel gabungan sebagai bentuk antisipasi perkembangan Kamtibmas di wilayah kita ini dan mari kita laksanakan tugas dengan bersama dan penuh rasa tanggung jawab yang telah dipercayakan oleh masyarakat dan negara kepada kita,” kata Kasdim Nabire

Selanjutnya penyampaian Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya, S.I.K., S.H.,

“Kita ketahui bersama bahwa pada bulan Desember banyak agenda Kamtibmas yang menjadi perhatian kita bersama sehingga jika kita bersinergi/bekerjasama niscaya dapat tercipta Sitkamtibmas yang aman dan kondusif. Kegiatan ini merupakan bentuk konsolidasi kita dalam bekerja sama untuk menjaga Sitkamtibmas yang aman dan kondusif di Kab. Nabire, maka kita yang merupakan perwakilan negara disini meliputi Pemda, TNI/Polri bersama seluruh komponen bangsa yg ada di Nabire spt para tokoh masy, tokoh agama, tokoh adat dan komunitas cinta damai Kab. Nabire hrs berkomitmen bersama dan bekerjasama dlm menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Nabire. Diharapkan dengan upaya dan langkah-langkah yang telah kita lakukan mudah-mudahan dapat menciptakan Situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” ucap Kapolres Nabire.

dalam pelaksanaan tugas agar tetap mengedepankan tindakan Persuasif/komunikatif dan Humanis namun apabila ada peningkatan situasi/eskalasi maka berikan tindakan tegas yg terukur/proporsional sesuai bersadarkan SOP dengan tujuan kondusifitas Kamtibmas tetap terjaga,” tegas Kapolres Nabire.

Setelah apel gabungan dilanjutkan dengan kegiatan Patroli gabungan oleh seluruh komponen apel dengan Rute : Jl. Sisingamangaraja – Yos Sudarso – Frans Kaisepo – Smoker – RSUD Nabire – Sanoba – Kimi – Samabusa – balik kanan Kimi – Sanoba – RSUD Nabire – Kaliharapan – Girimulyo – Bumi Wonorejo – DPRD Nabire – Kalibobo – Pantai Nabire – Sisingamangaraja – Polres Nabire.

Leave A Reply

Your email address will not be published.