Home POLDA Bid Humas Dialog Interaktif TVRI Dengan Tema “Mari Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif Jelang Gerbang...

Dialog Interaktif TVRI Dengan Tema “Mari Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif Jelang Gerbang Natal Dan Tahun Baru

Jayapura Kota – Bertempat di stasiun TVRI Jayapura telah dilaksanakan kegiatan dialog Interaktif dengan topik “Mari Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif Jelang Gerbang Natal dan Tahun Baru”, Senin (29/11/2021).

Hadir sebagai Narasumber Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H., ketua MUI provinsi Papua Ustad Islam Al Payage dan ketua API provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewa, S.Th.

Dalam kesempatannya Kabid Humas Polda Papua menyampaikan untuk situasi Kamtibmas secara umum di tahun 2021 cukup kondusif. Memang kita semua masih dalam suasana Covid-19 dan kita tetap melaksanakan Prokes selalu.

Lanjut Kabid, Kita himbau kepada warga masyarakat di tanah Papua agar selalu menjaga kesehatan agar kita semua selalu tetap sehat dalam melaksanakan ibadah dan melaksanakan aktivitas sediakala meskipun tetap di batasi dengan protokol kesehatan.

“ Kita ketahui bersama bahawa pada bulan depan akan diadakan rangkaian kegiatan saudara-saudara kita khususnya kaum kristiana-kristiani untuk melaksanakan rangkaian ibadah nanti akan bertemu di perayaan natal dan tahun baru,” ucapnya.

Tentunya rangkaian ini akan memakan energi yang luar biasa, maka dari itu kami dari Kepolisian selalu menghimbau kepada kita semua untuk menjaga situasi Kamtibmas kepada seluruh umat beragama sehingga kita semua yang ada di tanah Papua betul-betul menikmati rahmat dan karunia yang diberikan oleh tuhan.

“Kita juga tetap melaksanakan vaksinasi untuk mengantisipasi kegiatan kemasyarakatan dalam menyongsong natal dan tahun baru, kita semua dari kepolsisian sudah menyiapkan kekuatan untuk bagaimana tetap memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh warga masyarakat sehingga kegiatan masyarakat bisa berjalan dengan baik meskipun dalam suasana Covid-19 menjelang natal dan tahun baru”, Pungkas Kabid Humas.

Dalam kesempatan yang sama, ketua MUI provinsi Papua mengatakan perlu saya tegaskan bahwa sesungguhnya tentang keamanan ini sesuatu yang sangat amat penting dan perlu kita sadari.

Terkadang kita tidak menyadari tentang keamanan dan keselamatan itu adalah nomor 1, coba saja kita berfikir bahwa kita bisa ke kantor karena aman, kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari karena aman jadi keamanan itu adalah sesuatu yang sangat vital sehingga kemanan itu tidak tiba-tiba muncul ini yang perlu kita sadari.

“Keamanan itu harus dirancang dan harus diusahakan oleh kita, tugas ini bukan hanya dilakukan oleh TNI-Polri saja, jadi mari menjelang natal ini mari kita jauhi minuman keras, hidup berperilaku yang sehat,” Ungkapnya.

Dirinya menambahkan bahwa dengan momentum natal ini mudah-mudahan tidak ada orang memiliki niat tidak bagus di tanah Papua ini, sehingga mari kita dukung pemerintah dan TNI-Polri agar keamanan di Papua ini betul-betul terjaga.

Sementara itu, Ketua API Provinsi Papua juga menyampaikan, Natal ini adalah perayaan yang dilakukan di Papua dari tahun ke tahun dan selama ini Kemanan dalam perayaan natal itu selalu aman dan kondusif. Karena tingkat toleransi antara umat beragama itu sangat tinggi dan mungkin bisa menjadi salah satu contoh oleh provinsi atau daerah-daerah lain, karena toleransi beragama di Papua ini bukan sebuah program tapi sebuah gaya hidup.

“Saya mengajak kepada umat kristiani, dalam merayakan Natal ini bersama-sama menjaga kekudusan hidup didalam natal ini jangan mudah terpancing dengan godaan ajakan seperti Miras, saya sampaikan juga didalam Natal ini mari kita semua yang akan merayakan Natal menjauhkan diri dari minumana keras,” ujarnya.

“Karena minuman keras itu bisa menajadi konflik dan saya minta penjualan minuman keras itu ditertibkan sehingga pada saat peryaan Natal dan tahun baru bisa berjalan dengan aman. Bukan juga di kota tapi juga di daerah terpencil Miras itu menjadi sumber masalah, jadi kalau ini bisa ditertibkan oleh pemerintah saya pikir perayaan natal ini dapat berlangsung dengan baik,” lebih jelas Ketua API Papua.

Dirinya menambahkan masyarakat tidak boleh mudah terprofokasi dengan hal-hal yang muncul di media sosial, apabila ada hal-hal profokasi saya harap tidak perlu di sebar luaskan cukup sampai disitu saja, karena sumbernya tidak jelas.

“Pada saat di momen seperti inilah ada sekelompok orang yang ingin menimbulkan gesekan yang membuat pecah satu sama lain, kita harus bisa menjaga hal ini dengan kecerdasan dan kita juga harus bisa menangani dengan bijaksana, jadilah masyarakat yang cerdas dan tidak mudah terprofokasi dengan berita yang belum tentu benar keberadaannya,” jelasnya.

Akhirnya dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat, mari kita jaga keamanan menjelang Natal dan tahun baru ini agar tetap aman, nyaman dan damai. Jangan mudah terprofokasi, jangan mengkonsumsi Miras dan jadilah masyarakat yang bijak serta cerdas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments