Home POLDA Dit Polrairud Wakapolda Papua di Dampingi Irwasda Mengikuti Upacara Virtual dan Syukuran HUT Polairud...

Wakapolda Papua di Dampingi Irwasda Mengikuti Upacara Virtual dan Syukuran HUT Polairud Ke-71 Tahun 2021

Jayapura – bertempat di bertempat di Dermaga Polair Polda Papua telah dilaksanakan Upacara Virtual HUT ke-71 Airud Tahun 2021 yang dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., selaku Inspektur Upacara, Rabu (2/12/2021).

Kegiatan dihadiri oleh Wakapolda Papua, Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si, Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare, S.I.K. dan seluruh pejabat utama Polda Papua.

Adapun amanat yang di sampaikan Inspektur Upacara adalah Pada tanggal 1 Desember 1950 dibentuk sebagai pemberantas kejahatan diperairan, “Saya harapkan rekan-rekan sekalian dapat terus memberikan kebanggan dan penghargaan kepada Airud,” ucap Kapolri.

“Kita sadari bersama tantangan tugas kedepan akan semakin kompleks, penanganan Covid-19 sangat dinamis dan muncul varian baru b119 yang memiliki kecepatan dalam penularan maka tentunya ini menjadi ancaman bagi kita”, tutur Kapolri.

Kapolri menambahkan, terima kasih kepada rekan-rekan Polair yang telah membantu menekan laju Covid-19 diwilayah perairan baik berupa pendistribusian vaksin hingga dapat diantar ke pulau-pulau terpencil.

“Harapan saya kedepannya setiap tugas-tugas Kepolisian untuk ditingkatkan lagi menjadi semakin baik dalam menciptakan keamana ditengah masyarakat sehingga akan semakin dicintai oleh masyarakat karena merasakan keamanan”, tutup Kapolri

Seusai melaksanakan Upacara kemudian acara dilanjutkan dengan acara syukuran yang di awali dengan sambutan Dir Polairud Polda Papua yang mengatakan pada kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku Dirpolairud Polda Papua menghaturkan ucapan terimakasih atas kehadiran bapak Kapolda, bapak Wakapolda, bapak Irwasda beserta pejabat utama Polda Papua, serta para undangan yang hadir dalam acara syukuran hari ulang tahun ke-71 Kepolisian Perairan dan Udara, ucap Dir Polairud Polda Papua.

“Dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-71 kepolisian perairan dan udara telah melaksanakan beberapa kegiatan kemasyarkatan antara lain kegiatan sosial bersih-bersih pantai dan sungai yang di laksanakan di depan kantor Gubernur, vaksinasi Covid-19 secara serentak yang dilaksanakan di Korpolairud Baharkam Polri dan Ditpolairud Polda Papua, Anjangsana kepada sesepuh dan anggota Polairud yang sakit baik dirumah sakit maupun di rumah, kegiatan donor darah secara serentak di Korpolairud baharkam Polri dan Dit Polairud Polda, ziarah tabur bunga di laut yang dilaksanakan secara serentak di Korpolairud Baharkam Polri dan Ditpolairud Polda, serta acara puncak perayaan Upacara dan syukuran hut  ke-71 di Mako Ditpolairud Polda Papua,” lebih jelas dikatakan Dir Polairud

Sementara itu, dalam sambutannya  Kapolda Papua yang di wakili oleh Irwasda Polda Papua mengatakan hadirin dan tamu undangan yang saya hormati, peserta upacara yang saya cintai dan saya banggakan, keberadaan dan eksistensi Kepolisian perairan dan Kepolisian udara hingga saat ini merupakan buah dari kerja keras para senior pendahulu kita yang sudah merintis pembentukan organisasi, pengembangan alut, infrastruktur serta sumber daya manusia Polairud sejak tahun 1950.

“Ucapan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada sesepuh pendahulu kita serta para senior yang telah mengorbankan tenaga, pikiran, jiwa dan raga, sehingga mampu meletakkan pondasi yang kokoh sebagai pijakan generasi penerus kepolisian perairan dan udara dalam pengembangan dan penguatan institusi hingga mencapai kemajuan yang signifikan seperti saat ini,” ucap Irwasda yang mewakili Kapolda Papua.

Lebih lanjut dikatakan Irwasda, Selain hal tersebut konfigurasi Kamtibmas dan Kamdagri saat ini telah diwarnai oleh berbagai bentuk gangguan dan ancaman kriminalitas maupun pelanggaran dan kejahatan lainnya, serta konflik sosial baik vertikal maupun horizontal, yang bersifat konvensional, kejahatan transnasional, yang merugikan kekayaan negara maupun yang berimplikasi kontinjensi akan menjadi eskalasi ambang gangguan sehingga perlu pendekatan  tugas secara profesional, prediktif, responsif, transparan dan berkeadilan oleh jajaran kepolisian perairan dan udara.

“Jajaran Kepolisian perairan dan udara saat ini memiliki personel sejumlah 8.179 personel dengan memiliki kemampuan yang melekat dalam pelaksanaan tugas yang berlaku umum di Kepolisian Negara Republik Indonesia (investigation skill), serta kemampuan dalam bidang kematraan Polair dan Poludara (special skill) meliputi kemampuan teknika, nautika, komlek/marconis kapal, pilot, mekanik, rancang bangun kapal, teknisi pesawat, selam, sar laut dan yang akan dikembangkan ke depan adalah kemampuan anti teror perairan,” jelas Irwasda.

Tema pada peringatan hari ulang tahun ini, yaitu “Polri yang Presisi, Airud siap mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan Ekonomi nasional tumbuh menuju Indonesia tangguh”.

“dengan Tema  kali ini dalam pemulihan ekonomi nasional serta sesuai dengan program Prioritas Kapolri yaitu Polri Presisi, kepolisian perairan dan udara diharapkan untuk memantapkan kinerja pemeliharaan Kamtibmas, dukungan Polri dalam penanganan Covid-19 dan menjamin keamanan program Prioritas Nasional,” tutup Irwasda.

Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada personel yang tertua dan termuda di Ditpolair Polda Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments