HomePOLDAWakapolda Papua Hadiri Pembukaan Kegiatan Training Politik Nasional Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa...

Wakapolda Papua Hadiri Pembukaan Kegiatan Training Politik Nasional Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI-MPO)   

Jayapura – Bertempat di Ballroom 2 Hotel Horizon Kotaraja telah dilaksanakan pembukaan kegiatan Training Politik Nasional Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam dengan tema “Ikhtiar dan konsolidasi politik HMI menuju Indonesia Berkeadilan” yang dihadiri oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si., Senin (13/12/2021).

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Asisten II Walikota Jayapura Drs. Nur Jainudin Konu, Kepala Bapenda Provinsi Papua MB Setiyo Wahyudi, S.E., M.M., Rektor Universitas Yapis Papua Dr. Muhdi Ibrahim, S.E., M.M., Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag., M.Si., Ketua Umum PB HMI MPO Ahmad Latupono, Ketua Umum HMI Cabang Jayapura Surajuddin Rewul dan Ketua BADKO MPR Riski Ibrahim.

Dalam kesempatannya ketua umum HMI Cabang Jayapura menyampaikan apresiasi sebesar besarnya kepada Ketua Umum PB HMI MPO Ahmad latupzono yang telah mempercayai kita sehingga training politik nasional ini dapat dilaksanakan di Jayapura.

“Harapan kami pada kegiatan ini yang hadir setelah keluar dari training dapat memberikan edukasi politik yang baik kepada masyarakat skala lokal maupun nasional. Kepada rekan-rekan yang akan mengikuti training politik naisonal agar dapat fokus dan sampaikan nilai-nilai positif dari Himpunan Mahasiswa Islam,” ucapnya.

Disisi lain ketua umum PB HMI MPO mengatakan kondisi arus globalisasi ditengah hirukpikuk kepolitikan kita sehingga tema yang diambil dalam kegiatan traning kali ini adalah “Ikhtiar dan konsolidasi politik HMI menuju Indonesia Berkeadilan”.

“Bicara soal kemanusiaan dan HAM tentu HMI akan menerima itu sebagai aspirasi masyarakat karena mereka bersosialisasi dan konsolidasi yang membangun ikatan yang tidak terlepas dari merah putih. Izinkanlah saya meminta untuk perwakilan pemerintah provinsi, walikota dan Kepolisian untuk mengisi materi terkait politik khususnya menjelang natal dan tahun baru 2022 pada kegiatan ini,” jelas Ketua Umum PB HMI MPO.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Wakapolda Papua menyampaikan 3 konsep kehidupan yaitu habitus, arena dan kapital. Konsep habitus yaitu jadikanlah habitus kita sebagai habitus pelajar andaikan kita sebagai gelas yang kosong agar semua ilmu dapat masuk dan kita dapat siap menghadapi apapun.

“Saya setuju jika kita semua harus tau politik, di semua intruktur pasti ada politiknya contoh yang paling sederhana adalah terdapat politik di keluarga,” pungkas Wakapolda Papua.

Wakapolda menambahkan, Konsep arena, HMI bukan sembarang organisasi dan termasuk struktur besar yang terdapat pengurus HMI yang disebut struktur kecil serta struktur paling kecil adalah agen-agen sekalian yaitu rekan-rekan yang hadir sekarang.

Lanjut dikatakan Wakapolda, yang terakhir yaitu konsep kapital, saya selalu percaya diri walaupun salah tapi itu tanggung jawab saya, kalau kita bisa mempertahankan argumen maka kita dapat benar.

“Konsep Kapital Ekonomi adalah suatu materil yang terlihat, konsep kapital sosial adalah jaringan atau teman, kapital simbolik adalah sesuatu yang dapat ditampilkan seperti jabatan, logo dan lain sebagainya ada yang dapat dikejar ada pula yang datang sendiri serta konsep kapital yang paling saya sarankan untuk dikejar adalah kapital budaya yang berisi tentang pengetahuan dan skill,” jelas Wakapolda Papua.

Setelah melakukan sambutan, kemudian dilanjutkan dengan Wakapolda Papua bersama para tamu hadirin secara resmi membuka kegiatan Training Politik Nasional yang ditandai dengan pemukulan tifa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments