HomePOLDADit LantasKapolda Papua Hadiri Rakernis Fungsi Lalulintas Dit Lantas dan Sat Lantas Jajaran...

Kapolda Papua Hadiri Rakernis Fungsi Lalulintas Dit Lantas dan Sat Lantas Jajaran Polda Papua Tahun 2022 

Jayapura – Bertempat di hotel Aston Jayapura Kota Jayapura, telah berlangsung kegiatan Rakernis Fungsi Lalulintas Dit Lantas dan Sat Lantas Jajaran Polda Papua Tahun 2022, Rabu (12/01/2022).

Kegiatan Rakernis tersebut dilaksanakan dengan tema Melalui Giat Persuasif Edukatif, Digitalisasi Dengan Dukungan Penegakan Hukum Polantas Siap Mewujudkan Kamseltibcarlantas Yang Presisi Guna Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Mencegah Perkembangan Covid-19 di Provinsi Papua.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., Kasubdit STNK Korlantas Polri Kombes Pol Taslim kaerudin, S.I.K., Kadis Perhubungan Recky D. Ambrauw, Kepala Jasaraharja Tamrin Silalahi, Kepala Bappenda Yohanes Walilo, S.Sos., M.Si., Ketua Organda Iwan Setiawan, S.H., M.Si., PJU Polda Papua, dan Kasat Lantas Jajaran Polda Papua.

Dir Lantas Polda Papua Kombes Pol M. Nasihin, S.I.K dalam kesempatannya mengatakan bahwa di tahun 2022 Dit Lantas Polda Papua akan melaksanakan empat hal yakni pertama meningkatkan Kamseltibcarlantas, kedua mengurangi angka kasus Lakalantas, ketiga meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah serta keempat untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

“Terkait program ETLE dari jajaran Polda Papua ada banyak yang belum paham maka nnti akan di jelaskan bapak Kombes Pol Taslim yang mengerti betul tentang ETLE yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah,” ujarnya.

Sementara itu, dalam kesempatannya Kapolda Papua mengatakan saya selaku pimpinan Polda Papua menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada segenap personel jajaran direktorat lalu lintas Polda Papua yang telah melakukan berbagai upaya, kerja keras juga inovasi dalam melaksanakan tupoksi nya terutama dalam pelayanan masyarakat di bidang lalu lintas dan menjaga Kamseltibcarlantas di wilayah provinsi Papua.

“Kegiatan rapat teknis ini merupakan forum yang tepat bagi jajaran Ditlantas Polda Papua untuk menganalisa dan mengevaluasi pelaksanaan program kerja dan kegiatan pada tahun 2021, serta menyatukan persepsi seluruh jajaran dan stakeholder dalam meningkatkan kualitas kinerja ditlantas Polda Papua di tahun 2022 ini,” ucap Kapolda.

Lanjut dikatakan kapolda, Berbicara mengenai Kamsetibcarlantas, tentunya sangat berhubungan dengan fakta bahwa salah satu gangguan Kamseltibcarlantas adalah pelanggaran dan kecelakaan, di tahun 2021 walaupun jumlah kecelakaan dan korban kecelakaan sudah dapat di tekan bila dibandingkan dengan tahun 2020 yaitu 31,4% jumlah kejadian kecelakaan, turun 28,70% jumlah korban meninggal dunia, turun 22,9% jumlah korban luka berat dan turun 41,63% jumlah korban luka ringan. namun angkanya masih cukup tinggi yaitu sebanyak 1.028 dengan fatalitas korban meninggal 159 jiwa, 607 korban luka berat, 854 korban luka ringan.

Lebih lanjut Kata Kapolda, Hal ini tentunya menjadi tanggungjawab kita semua, khususnya para Polantas, yang seperti saya sebutkan sebelumnya, mempunyai andil yang cukup besar dalam menjaga Kamseltibcarlantas,

“Salah satu strategi dalam menghadapi kondisi ini adalah menciptakan sumber daya manusia yang unggul, yang harus menjadi perhatian kita bersama. Polri telah membangun tagline transformasi menuju Polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan (Presisi) sebagai spirit pelaksanaan tugasnya,” imbuhnya.

Lanjutnya, Permasalahan-permasalahan yang mengakibatkan timbulnya potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata khususnya dalam bidang lalu lintas ini tentunya harus dapat kita atasi bersama, dengan kerjasama yang baik dari seluruh jajaran Ditlantas Polda Papua dan para stake holder, sehingga masyarakat khususnya para pengguna jalan dapat merasakan dan ikut berperan serta menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Sehingga dalam menyikapi perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat, saya mendorong agar seluruh jajaran Ditlantas Polda Papua senantiasa meningkatkan kemampuan penguasaan dan penggunaan teknologi informasi ketika menjalankan tugas-tugasnya, juga menggunakan pendekatan yang persuasif edukatif kepada masyarakat dalam melaksanakan tugas. hal ini merupakan salah satu upaya kita untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan pelayanan prima, serba cepat, transparan dan berkeadilan.

Usai memberikan sambutan pukul 10.15 WIT Kapolda Papua secara resmi membuka kegiatan rapat kerja teknis lalu lintas tahun 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments